cara memilih kualitas kertas fotocopy

Jangan Asal Pilih, Pilih Kualitas Kertas Fotocopy dengan 3 Cara Ini

Apabila kamu memiliki usaha fotocopy, kamu pasti berhubungan dengan kertas. Segala aktivitas yang dilakukan di dalam usaha percetakan pasti membutuhkan bantuan kertas cara memilih kualitas kertas fotocopy. Apabila kertas yang digunakan tidak pas, maka tentunya hasil yang didapatkan juga kurang maksimal.

 

Untuk mendapatkan hasil cetak yang bagus, perlu membutuhkan printer dan kertas yang sama bagusnya. Kertas yang berkualitas buruk dapat memberi banyak dampak buruk. Hasil cetak akan lambat kering sehingga tinta lebih mudah luntur. Hasil cetak yang seperti ini tentunya tidak akan memuaskan banyak pelanggan.

 

Oleh karena itu, media yang akan digunakan untuk mencetak juga sangat perlu diperhatikan. Jangan memilih kertas murah hanya untuk menghemat biaya, namun kualitasnya buruk dan banyak pelanggan yang akan protes. Apabila banyak pelanggan yang protes dengan hasil cetak, maka usaha fotocopy juga tidak akan berjalan lancar.

 

Sebenarnya, bagaimana cara untuk memilih kertas fotocopy yang berkualitas? Yuk, simak 3 cara di bawah ini.

 

Pelajari jenis bahan kertas

 

Kertas sebenarnya dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu kertas daur ulang, kertas dengan kualitas sedang, dan kertas dengan kualitas tinggi. Ketiganya berbeda karena memiliki mutu yang berbeda-beda pula.

 

Contohnya, kertas daur ulang, atau yang biasa disebut kertas HVS, memiliki harga yang lebih tinggi dari jenis kertas lainnya. Warna kertas daur ulang akan menjadi lebih putih dan ramah lingkungan. Selain itu, kertas daur ulang juga memiliki kualitas bagus dan mudah digunakan. Harga kertas daur ulang ini tidak bergitu mahal daripada kertas yang memang khusus untuk warna.

 

Ada 4 macam berat kertas yang dapat kamu temukan di luaran. Kertas yang paling ringan adalah 60 gsm, lalu diikuti dengan 70 gsm, 80 gsm, hingga 100 gsm. Semakin tinggi gsm-nya, maka kertas akan semakin tebal dan berat. Gsm yang dimaksud di sini adalah gram per square meter.

 

Biasanya usaha fotocopy menggunakan kertas dengan ukuran 70 gsm hingga 80 gsm. Berbeda dengan kertas untuk mencetak karya seni, membutuhkan art paper yang lebih tebal dengan berat sekitar 85 gsm hingga 150 gsm. Kertas karton yang paling berat dapat berukuran 190 gsm hingga 400 gsm.

 

Memperhatikan fungsi kertas

 

Kamu harus memperhatikan fungsi kertas yang digunakan untuk mencetak. Apakah digunakan untuk sekadar fotocopy? Ataukah digunakan untuk mencetak bolak-balik? Apabila digunakan untuk fotocopy, maka kamu dapat menggunakan kertas yang lebih tipis dengan harga yang relatif lebih murah pula. Hasil fotocopy biasanya hanya disimpan sebagai bentuk dokumen sehingga tidak memerlukan kertas yang tebal.

 

Apabila diperlukan untuk mencetak bolak-balik, maka tentunya membutuhkan kertas yang lebih tebal. Kertas yang tipis akan lebih tembus pandang dan terlihat jelek saat digunakan untuk mencetak dua sisi. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan kertas yang lebih tebal. Maka pemilihan kertas fotocopy harus disesuaikan dengan hasil cetak yang diinginkan.

 

Pilihlah kertas yang putih bersih

 

Jangan gunakan kertas yang berwarna buram untuk usaha fotocopy-mu. Akan ada banyak pelanggan yang protes dan tidak puas dengan hasil cetakan. Meskipun harga kertas ini pasti lebih mahal dari kertas buram, namun pelanggan akan terpuaskan dengan hasil cetakan dan pasti kembali lagi.

 

 

Demikianlah 3 cara untuk memilih kertas fotocopy yang berkualitas. Ada dua jenis kertas yang direkomendasikan untuk pengusaha fotocopy. Brand kertas ini sudah dipercaya dari tahun ke tahun sehingga sudah dipastikan kualitasnya bagus.

 

Brand kertas yang direkomendasikan adalah Gold dan Sidu dari Sinar Dunia. Dua jenis kertas dari Sinar Dunia ini sudah banyak digunakan oleh pengusaha-pengusaha fotocopy di Indonesia. Karena kualitasnya, produk ini dikenal oleh masyarakat luas sebagai kertas untuk perlengkapan sekolah dan kantor.

 

Oleh karena itu, kamu tidak boleh sembarangan menggunakan kertas untuk usaha fotocopy-mu. Pastikan usaha fotocopy-mu menggunakan kertas yang berkualitas baik dan disukai oleh para pelanggan. Pelanggan yang terpuaskan akan bercerita ke calon pelanggan lainnya, sehingga usaha fotocopy-mu akan semakin ramai. Semoga membantu!

WhatsApp chat