From Our Blog

cara mengoperasikan mesin fotocopy

Cara Mengoperasikan Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy merupakan alat yang bisa Anda jumpai di hampir semua ruang perkantoran, sekolah, atau institusi pemerintah. Sebagai pemula, Anda mungkin menganggap pengoperasian mesin ini cukup rumit. Padahal, jika sudah mengetahui fungsi-fungsi dasarnya, dalam waktu singkat Anda pasti terbiasa.

Di artikel kali ini, kami akan mengulas cara mengoperasikan mesin fotocopy standar, yaitu Canon MF3010. Mesin cetak bertipe laser jet ini adalah salah satu produk terlaris Canon yang pengoperasiannya mirip dengan beberapa tipe mesin fotocopy lainnya, seperti Canon IR 1024 dan Canon IR 3045.

Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan langkah penggunaan mesin fotocopy Canon MF3010 berdasarkan fungsi-fungsi utamanya:

  • Menyalin Dokumen

Menyalin dokumen adalah fungsi dasar mesin fotocopy. Terlepas dari fitur-fitur lainnya, fungsi ini adalah hal pertama yang harus Anda pelajari. Untuk melakukannya, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Nyalakan mesin fotocopy
  2. Buka bagian atas mesin, lalu letakkan kertas yang akan disalin di atas lapisan kaca dengan posisi menghadap ke bawah
  3. Sesuaikan posisi kertas dengan garis skala yang ada di kaca. Posisi kertas harus pas agar hasil fotokopi tidak miring dan rapi
  4. Pilih pengaturan paper select, lalu klik ukuran kertas yang hendak disalin
  5. Masukkan kuantitas hasil salinan Anda. Sebagai contoh, jika ingin menyalin selembar dokumen menjadi 100, ketik angka 100
  6. Tekan tombol Start dan mesin akan mulai menyalin dokumen Anda
  7. Selesai

 

  • Menyalin Dokumen dengan Fungsi Zoom

Jika ingin hasil cetakan memiliki ukuran yang berbeda dengan dokumen yang dicetak, Anda bisa menggunakan fitur Zoom In dan Zoom Out. Cara ini dapat membantu Anda menyesuaikan ukuran hasil cetak, terutama jika dokumen yang disalin terlalu besar atau terlalu kecil.

Untuk melakukannya, ikutilah langkah-langkah di bawah ini:

  1. Nyalakan mesin fotocopy
  2. Tekan tombol di ujung paling kiri, lalu pilih pengaturan Zoom In & Zoom Out
  3. Pastikan tombol di bawah ikon Zoom In & Zoom Out sudah menyala
  4. Klik tombol minus (-) untuk memperkecil gambar atau tombol plus (+) untuk memperbesar gambar
  5. Klik Ok dan mesin akan mulai menyalin dokumen sesuai ukuran yang Anda pilih
  6. Selesai

 

  • Menduplikasi Dokumen secara Berulang di Satu Kertas

Terkadang, Anda perlu menduplikasi satu gambar atau dokumen di satu kertas. Contohnya adalah ketika Anda perlu menyalin dokumen berukuran kecil, seperti KTP atau SIM lebih dari satu. Daripada menghabiskan selembar kertas A4 untuk menyalin selembar KTP, Anda bisa menyalin dua atau beberapa KTP sekaligus di satu kertas.

Caranya mudah, cukup ikuti cara mengoperasikan mesin fotocopy di bawah ini:

  1. Nyalakan mesin fotocopy
  2. Letakkan dokumen yang hendak disalin di sudut kiri atas kaca mesin fotocopy
  3. Pilih pengaturan spesial (special features), lalu klik Image Repeat
  4. Tentukan jumlah salinan yang hendak dibuat dengan mengisi angka Y dan X (Y merupakan jumlah gambar yang disalin ke samping, sementara X merupakan jumlah gambar yang disalin ke bawah), kemudian tekan Ok atau Done 
  5. Pilih sisi gambar yang akan disalin. Jika hendak menyalin kedua sisi KTP (depan dan belakang), pilihlah opsi 2 side dan klik OK
  6. Anda akan diminta memilih ukuran kertas yang hendak dipakai. Jika sudah, klik Ok atau Done
  7. Klik Start untuk memulai proses penyalinan
  8. Jika Anda menyalin kedua sisi gambar, baliklah kertas setelah proses sebelumnya selesai. Namun, geser sedikit posisinya ke kanan, sekitar 1 cm, lalu tekan Start lagi

Selesai

mesin fotocopy mini untuk usaha

Pilihan Mesin Fotocopy Mini untuk Usaha

Mengingat masih ada banyak orang yang membutuhkan jasa fotocopy untuk menggandakan berbagai dokumen, layanan fotocopy pun menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Wajar kalau Anda berpikir ikut terpikir untuk menggelutinya. Namun, bagaimana jika ruang usaha yang Anda punya cenderung terbatas? Tidak perlu khawatir, untungnya sekarang sudah ada mesin fotocopy mini yang performanya tidak kalah powerful dari mesin fotocopy biasa. Anda pun bisa menggunakan mesin fotocopy mini untuk usaha. Cek rekomendasinya berikut ini!

Canon IR 1643i

Salah satu rekomendasi mesin fotocopy mini untuk usaha yang memiliki performa powerful adalah Canon IR 1643i.  Sebagai mesin fotocopy mini, Canon IR 1643i memiliki penggunaan yang simpel dan tentunya mudah digunakan. Dimulai dari copy, print hingga scan, semuanya bisa dilakukan oleh Canon IR 1643i ini.

Canon IR 1643i memiliki kecepatan copy hingga 35 lembar per menit. Dengan kecepatan yang luar biasa untuk mesin fotocopy mini, tentunya sudah cukup digunakan dalam aktivitas sehari-hari, khususnya dalam bisnis.

Canon MF 515 X

Jika Anda mencari mesin fotocopy mini untuk usaha yang juga bisa dipakai untuk print dokumen, maka Canon MF 515 X adalah salah satu rekomendasi yang wajib dipertimbangkan. Bahkan Anda juga bisa melakukan direct print dengan menghubungkan USB pada mesin fotocopy. Fitur satu ini berlaku untuk file dengan format JPG, TIFF, dan PDF. Tidak hanya itu, Canon MF 515 X juga mampu melakukan scan dokumen dengan resolusi 300×300 dpi dan 200×200 dpi.

Sementara itu, untuk kemampuan fotocopy sendiri, Canon MF 515 X dapat menggandakan dokumen berukuran A4 dengan kecepatan 40 ppm. Idealnya, mesin fotocopy buatan Canon ini mampu melakukan fotocopy dokumen hingga 999 copies. Canon MF 515 X semakin powerful dengan adanya fitur-fitur pendukung seperti memory sort, frame erase, dan ID card copy.

Canon Image Class MF 237 W

Salah satu keunggulan Canon Image Class MF 237 W adalah kemudahan dalam pengoperasian. Hal ini karena adanya fitur 6 line monochrome LCD touch screen. Dari LCD touch screen inilah anda bisa mengoperasikan mesin fotocopy untuk mencetak, scan, bahkan hingga fax. Kualitas hasil cetaknya pun tidak main-main, dengan resolusi mencapai 1200×1200 dpi.

Selain itu, koneksi juga menjadi keunggulan lain dari mesin fotocopy mini untuk usaha ini. Canon Image Class MF 237 W dilengkapi dengan fitur Wired LAN, Wi-Fi 802.11 b/g/n dan WPS Push Button Mode. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan mesin fotocopy dengan koneksi Wi-Fi. Sedangkan, untuk kapasitas fotocopy-nya sendiri, setiap bulannya Canon Image Class MF 237 W mampu mencetak hingga 500 sampai 2.000 halaman.

 

Walaupun mungkin lahan untuk jasa fotocopy cenderung terbatas, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini telah hadir mesin fotocopy mini untuk usaha yang relatif lebih hemat tempat. Ketiga rekomendasi atas bisa Anda pertimbangkan. Apa pun mesin fotocopy mini yang Anda pilih, segera dapatkan produknya dengan penawaran harga terbaik di pusatfotokopi.com!

 

Tertarik untuk memulai usaha fotocopy? Kini kami menyediakan Paket Usaha Fotocopy untuk Anda!

Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy dengan Komputer Via Wi-Fi

Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy dengan Komputer Via Wi-Fi

Seiring dengan perkembangan teknologi, mesin fotocopy saat ini tidak hanya berfungsi untuk menggandakan dokumen. Anda juga bisa menggunakannya untuk mencetak (print) file tertentu. Sudah ada cukup banyak produk mesin fotocopy yang dilengkapi fitur print. Umumnya, mesin fotocopy tersebut dilengkapi pula dengan fitur Wi-Fi agar Anda bisa menghubungkannya ke komputer. Dengan begitu, Anda pun bisa mencetak file secara mudah dan praktis. Lalu, bagaimana cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via Wi-Fi? Berikut ini Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy dengan Komputer Via WiFi

Beberapa peralatan yang dibutuhkan

Sebelum mempelajari cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via WiFi, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan terlebih dulu. Pastikan pula mesin fotocopy Anda memang dilengkapi dengan fitur koneksi Wi-Fi, ya. Ini dia rincian peralatannya:

 

  • Router/Wi-Fi

 

Peralatan satu ini digunakan untuk menghubungkan beberapa network. Router inilah yang akan menerima IP address pada mesin fotocopy untuk kemudian disambungkan ke jaringan. Dengan begitu, komputer pun nantinya bisa mendeteksi IP address dari mesin fotocopy tersebut.

 

  • Kabel UTP

 

Kabel unshielded twisted pair (UTP) adalah media penghubung dalam jaringan local area network (LAN). Secara umum, ada dua jenis UTP yang paling sering digunakan, yaitu tipe straight dan cross. Untuk menerapkan cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via Wi-Fi, yang akan digunakan adalah kabel UTP bertipe straight.

 

  • Software fotocopy

 

Hal terakhir yang perlu Anda persiapkan adalah perangkat lunak atau software dari mesin fotocopy. Dengan melakukan install software, Anda pun bisa lebih mudah melakukan pengaturan cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via Wi-Fi.

Langkah menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via Wi-Fi

Setelah mempersiapkan berbagai hal penting di atas, kini saatnya Anda menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer melalui jaringan Wi-Fi. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan:

 

  • Hubungkan mesin fotocopy dan router dengan kabel UTP

 

Pada mesin fotocopy, carilah colokan RJ45. Masukkan salah satu ujung kabel UTP ke colokan tersebut. Lalu, sambungkan ujung lain dari kabel UTP ke colokan perangkat router Wi-Fi yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Baca juga: Perhitungan Sederhana Modal Usaha Fotocopy untuk Anda yang Ingin Mulai Bisnis Sendiri

 

  • Mencari IP address di komputer

 

Tujuan dari tahapan ini adalah mengetahui IP address pada komputer, sekaligus dengan subnet mask, gateway, dan DNS yang nantinya akan di-input ke mesin fotocopy. Caranya adalah dengan masuk ke menu Network and Sharing Center pada komputer, lalu pilih Wireless Network Connection. Kemudian, klik opsi Detail. Layar akan menampilkan subnet mask, gateway, dan DNS. Anda bisa mencatatnya pada kertas.

 

  • Input data ke mesin fotocopy

 

Pada mesin fotocopy, masuklah ke menu Additional Function > System Setting > Network Setting > IP Address. Lalu, input data subnet mask, DNS, dan gateway yang sebelumnya telah Anda catat. Pastikan Anda juga memasukkan IP address, tapi bedakan dari IP address yang ada pada komputer.

 

  • Ping IP address

 

Tujuan dari ping IP address adalah mencari tahu apakah IP address yang Anda masukkan dapat diterima oleh jaringan. Dari sini, Anda juga bisa tahu apakah gateway telah direspon oleh host atau belum. Caranya adalah masuk ke menu PING Command pada setting-an mesin fotocopy. Masukkan angka gateway, lalu klik Start.

Apabila muncul notifikasi “Respond from the host”, maka mesin fotocopy berhasil masuk ke jaringan. Baru setelah itu masukkan IP address mesin fotocopy pada kolom yang tersedia dan klik Start. Sama seperti sebelumnya, jika muncul notifikasi “Respond from the host”, artinya IP address telah sesuai.

Namun, apabila notifikasi yang muncul dari kedua ping adalah “Not respond from the host”, Anda bisa mencoba mengganti IP address dan input kembali hingga muncul notifikasi “Respond from the host”. Terakhir, restart mesin fotocopy Anda sebelum digunakan.

 

  • Setting pada komputer

 

Setelah melakukan setting pada mesin fotocopy, sekarang saatnya install software mesin fotocopy pada komputer Anda. Masuklah ke menu Device and Printer > Add Printer > Add a Network, Wireless, or Bluetooth Printer. Nantinya, sistem komputer Anda akan berusaha melacak IP address dari mesin fotocopy. Jika sudah terlacak, Anda bisa pilih lokasi untuk menyimpan software mesin fotocopy pada komputer dan lakukan install.

 

Begitulah cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via Wi-Fi. Dengan begini, aktivitas print dokumen dari komputer pun bisa dilakukan secara praktis. Sekarang Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan mesin fotocopy yang dilengkapi Wi-Fi. Apalagi sudah ada pusatfotokopi.com yang memungkinkan Anda untuk membeli mesin fotocopy secara online!

cara fotocopy bolak balik

4 Cara Fotocopy Bolak Balik

Sebagai pemilik usaha fotocopy, tentunya Anda sudah sering mendapat permintaan penggandaan dokumen bolak balik. Umumnya, dokumen yang minta digandakan bolak balik adalah KTP, SIM, STNK, dan lainnya. Bagi yang sudah terbiasa, cara fotocopy bolak balik akan terlihat mudah. Namun, untuk yang belum familiar dengan fitur mesin fotokopi, menggandakan dokumen dengan hasil bolak balik tentu bakal sedikit rumit. Untungnya, Pusat Fotokopi punya panduannya untuk Anda.

Satu dokumen posisi vertikal

Cara fotocopy bolak balik yang pertama adalah untuk satu dokumen seperti KTP, SIM, atau STNK. Panduannya bisa Anda lihat di bawah ini:

  1. Letakkan dokumen yang akan digandakan di atas kaca mesin fotokopi dengan posisi vertikal. Tutup ADF (bagian atas penutup mesin fotokopi).
  2. Lalu, klik menu Two Sided pada layar.
  3. Lanjutkan dengan memilih 2-2 Sided.
  4. Klik OK, lalu klik Start.
  5. Tunggu beberapa saat hingga tulisan keluar.
  6. Lalu, balik kertas pada kaca mesin fotokopi, searah dengan jarum jam. Perlu diingat, Anda harus benar-benar membaliknya searah dengan jarum jam agar hasil di sisi kedua tidak terbalik.
  7. Klik Start lagi dan klik OK.
  8. Proses fotocopy bolak balik sudah selesai.

Satu dokumen posisi horizontal

Cara kedua, Anda bisa fotocopy bolak balik dengan posisi kertas horizontal. Langkahnya seperti berikut ini:

  1. Letakkan dokumen yang akan digandakan di atas kaca mesin fotokopi dengan posisi horizontal. Jangan lupa tutup ADF-nya.
  2. Klik menu Two Sided, lalu lanjutkan dengan klik 2-2 Sided.
  3. Jika sudah, klik OK dan teruskan dengan klik Start.
  4. Tunggu sampai kertas keluar.
  5. Kalau sudah, balik kertas searah dengan jarum jam. Pastikan benar-benar mengikuti arah pergerakan jarum jam saat membalik agar hasil di sisi kedua kertas tidak terbalik.
  6. Klik Start dan klik OK lagi.

Fotocopy bolak balik berganda

Sering kali pula Anda temui pelanggan yang meminta fotokopi bolak balik berganda. Maksudnya, dalam satu kertas, ada lebih dari satu hasil fotokopi bolak balik. Anggap saja Anda pakai kertas ukuran A4, maka hasil fotokopi berganda ini adalah delapan sampai sepuluh KTP bolak-balik. Untuk bisa melakukannya, berikut cara fotocopy bolak balik berganda:

  1. Letakkan dokumen yang akan digandakan di sebelah kiri atas kaca mesin fotocopy.
  2. Pilih kertas A4 dan klik menu Two Sided Mode.
  3. Selanjutnya, klik 1-2 Sided.
  4. Tekan Image Repeat, maka akan muncul pilihan kolom Y dan X. Kalau Anda mau sepuluh hasil fotokopi dokumen, maka pada kolom Y isikan angka lima dan pada kolom X isikan angka dua. Kalau mau delapan copy, isikan angka empat pada kolom Y dan angka dua pada kolom X.
  5. Tutup ADF dan klik Start.
  6. Berikutnya, akan muncul dialog pilihan kertas dan Anda hanya perlu menekan Start lagi.
  7. Balik dokumen yang digandakan searah dengan jarum jam, lalu tekan Start lagi.
  8. Jika sudah selesai, klik Done dan potong hasil penggandaan dokumen.

Baca juga: Cara Print Bolak Balik Pdf Yang Wajib Anda Ketahui

Dua dokumen posisi vertikal atau horizontal

Selain hasilnya yang bisa berganda, sebenarnya Anda pun bisa mem-fotocopy dua dokumen bolak balik untuk hasil yang berada di kertas yang sama. Misalnya, ada pelanggan yang ingin fotokopi SIM dan KTP bolak balik dan hasilnya harus pada kertas yang sama. Maka, seperti ini cara melakukannya:

  1. Letakkan dokumen pertama yang akan digandakan pada posisi vertikal/horizontal sesuai dengan keinginan.
  2. Klik menu Two Sided dan klik 1-2 Sided.
  3. Klik OK dan klik Start.
  4. Tunggu sampai hasil penggandaan keluar.
  5. Lanjut, letakkan dokumen kedua dengan posisi yang sama seperti dokumen pertama.
  6. Klik Start dan klik OK lagi.
  7. Saat hasilnya sudah keluar, maka proses fotocopy bolak balik untuk dua dokumen ini selesai.

 

Demikian panduan tentang cara fotocopy bolak balik. Anda bisa langsung mencobanya untuk melayani pelanggan atau latihan dulu sampai hafal step by step-nya. Bila membutuhkan mesin fotocopy yang canggih agar bisa fotocopy bolak balik, bisa langsung ke website pusatfotokopi.com!

cara print di mesin fotocopy

4 Cara Print di Mesin Fotocopy

Keberadaan printer nyatanya tidak pernah menggeser posisi mesin fotocopy sebagai alat untuk menggandakan sekaligus mencetak dokumen. Mesin fotocopy masih dianggap lebih unggul daripada printer karena mampu mencetak dokumen dalam ukuran yang beragam. Tidak seperti printer, mesin fotocopy mampu mencetak dan menggandakan dokumen hingga ukuran A3 atau bahkan lebih. Jika ini adalah pertama kalinya Anda akan mencetak dokumen, berikut cara print di mesin fotocopy!

Siapkan perangkat yang diperlukan

Sebelum mulai membahas panduan cara print di mesin fotocopy, terlebih dahulu Anda siapkan perangkat yang akan diperlukan. Pertama, sudah pasti mesin fotocopy. Anda bisa pakai mesin dari merek Canon seri Image Runner yang kebanyakan sudah memiliki fitur print. Bila belum memilikinya, bisa beli di pusatfotokopi.com. Kedua, siapkan komputer atau laptop yang sudah terintegrasi dengan LAN.

Ketiga, kabel LAN type Cross jika Anda berencana untuk menghubungkan mesin fotocopy dengan satu komputer atau laptop, atau type Straight jika memakai modem. Keempat, driver fotocopy. Kalau semua perangkat ini sudah tersedia, mari mulai langkahnya dari setting IP address.

Setting IP Adress

Langkah-langkah untuk mengatur IP Adress di komputer atau laptop Windows 7 adalah sebagai berikut:

  1. Tekan menu Start, lalu masuk ke menu Control Panel.
  2. Pilih Network and Internet.
  3. Lalu pilih opsi Network and Sharing Center.
  4. Klik menu Change Adapter Settings, lalu klik dua kali pada pilihan Local Area Connection.
  5. Pada tab Networking, klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), kemudian lanjutkan dengan klik Properties.
  6. Setelah menu Properties terbuka, pada tab General pilih Use the following IP address dan isikan IP address, Subnet Mask, dan Default Gateway.
  7. Bila proses ini sudah selesai Anda lakukan, bisa lanjut ke proses berikutnya. 

Konfigurasikan IP Addres di mesin fotocopy

Pada tahap kedua cara print di mesin fotocopy, yang harus Anda lakukan adalah melakukan konfigurasi IP Address di mesin fotocopy. Seperti ini caranya:

  1. Tekan tombol dengan ikon bintang “*”(Additional Functions)
  2. Pilih menu System Setting
  3. Pilih opsi Network Setting
  4. Lanjutkan dengan klik pilihan TCP/IP Setting. 

Kalau langkah ini sudah berhasil Anda lakukan, selanjutnya silakan isi settingan-nya seperti berikut ini:

  1. IP: 192.168.1.5
  2. Subnet Mask: 255.255.255.0
  3. Gateway Address: 192.168.1.1
  4. Tekan Done beberapa kali sampai tampilan menu awalnya Ready to Copy.
  5. Kemudian, tekan tombol On/Off di panel. Tunggu beberapa saat, lalu matikan saklar Power.

Pasang kabel LAN

Selamat Anda sudah berhasil sampai di tahap terakhir cara melakukan setting komputer/laptop dengan mesin fotocopy. Pada tahap ini, yang harus dilakukan adalah memasang kabel LAN untuk menghubungkan komputer/laptop ke mesin fotocopy. Caranya adalah:

  1. Pasang kabel LAN yang tadi sudah disiapkan untuk menghubungkan PC dengan mesin.
  2. Setelah kabel terpasang, hidupkan mesin fotocopy yang awalnya sudah dimatikan tadi.
  3. Lakukan tes pada perangkat untuk melihat apakah keseluruhan proses sudah berhasil.
  4. Tes koneksi perangkat PC dengan mesin fotocopy dengan cara klik tombol Start.
  5. Berikutnya, ketikkan CMD pada kotak Search Program and Files, kemudian tekan Enter.
  6. Lanjutkan dengan mengetikkan alamat IP Address mesin fotocopy setelah diawali dengan kata ping. Ketikkan seperti ini, ping192.168.1.5.
  7. Jika pesan yang muncul adalah Reply from 192.168.1.5., itu tandanya proses setting mesin fotocopy dengan PC sudah berhasil.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Cara Print Hitam Putih yang Benar Agar Mesin Tetap Awet

Bila Anda sudah berhasil sampai tahap terakhir, itu artinya seluruh cara print di mesin fotocopy telah selesai. Kini, perangkat Anda sudah saling terhubung dan bisa langsung digunakan untuk mencetak dokumen. Saat akan mencetak dokumen, pilih nama mesin fotocopy Anda dan tekan Print seperti biasa. Selamat mencoba!

Recent Tweet

Loading...

Top Rating

  • mesin fotocopy canon ir 1643i

    Canon IR 1643i

    Rp14,500,000Rp24,500,000
  • Canon IR 2006N DADF

    Canon IR 2006N DADF

    Rp22,500,000Rp34,400,000
  • WhatsApp chat