From Our Blog

Apa Manfaat Menggunakan Mesin Fotokopi Di Dalam Perusahaan?

Apa Manfaat Menggunakan Mesin Fotokopi Di Dalam Perusahaan?

Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya-tanya apa manfaat menggunakan mesin fotokopi di dalam perusahaan. Aktivitas kantor pada umumnya selalu berhubungan dengan dokumen-dokumen perusahaan dalam bentuk fisik kertas. Maka dari itu, mesin fotocopy dapat menunjang kebutuhan mencetak atau menyalin dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan. Apalagi dengan fitur-fitur pada mesin fotocopy yang terus dikembangkan untuk memudahkan aktivitas di kantor seperti scan dokumen, menyimpan data scan pada fitur mailbox, hingga fitur koneksi jaringan internet yang dapat berfungsi untuk mengirimkan data dari mesin fotocopy ke komputer, tentunya semua fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat untuk kegiatan perkantoran. Mari kita lihat lebih lanjut apa manfaat menggunakan mesin fotokopi di bawah ini. 

Apa Manfaat Menggunakan Mesin Fotokopi yang Perlu Anda Ketahui

Dari perkembangan fitur-fitur pada mesin fotocopy, dengan memiliki mesin fotocopy sendiri di perusahaan maka Anda dapat merasakan beberapa manfaat seperti: 
  1. Cost Efficiency

Manfaat pertama yang Anda dapatkan dari memiliki mesin fotocopy adalah cost efficiency. Coba Anda hitung berapa banyak biaya copy dan print dokumen yang dikeluarkan oleh kantor Anda setiap tahunnya dan bandingkan dengan harga sebuah unit mesin fotocopy yang dapat digunakan bertahun-tahun. Sudah pasti biaya operasional yang dikeluarkan bisa lebih ditekan dan tentunya dapat dialokasikan untuk biaya operasional lainnya yang lebih dibutuhkan untuk kegiatan perkantoran Anda. Mesin fotocopy merupakan salah satu inventaris kantor yang sangat menguntungkan dari segi keuangan perusahaan. 
  1. Menghemat Waktu

Pekerjaan di perusahaan akan lebih efisien dan hemat waktu dengan mesin fotocopy. Hal ini dikarenakan fitur-fitur pada mesin fotocopy yang dapat memudahkan aktivitas perkantoran seperti scan, send, mailbox, hingga fitur untuk mengirimkan dokumen langsung ke mesin fax tanpa harus dicetak atau di-print terlebih dahulu. Selain itu, Anda dapat memindahkan hasil scan pada mesin fotocopy secara langsung dengan menghubungkannya dengan komputer perusahaan melalui koneksi internet. Mesin fotocopy saat ini sudah dikemas secara canggih untuk memenuhi kebutuhan konsumen, khususnya untuk kebutuhan dalam dunia perkantoran. 
  1. Kerahasiaan Dokumen Terjamin

Memiliki mesin fotocopy sebagai inventaris perusahaan tentunya juga lebih menguntungkan dari segi kerahasiaan dokumen. Apalagi dengan fitur scan pada mesin fotocopy saat ini yang dapat disimpan pada mesin fotocopy tersebut. Bukan tidak mungkin ada human error yang mengakibatkan dokumen penting Anda tersebar di luaran sana. Oleh karena itu, jika Anda memiliki mesin fotocopy sendiri di perusahaan, kerahasian dokumen tentunya akan lebih terjamin.Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Fotocopy

Apakah Perawatan Mesin Fotocopy Membutuhkan Treatment Khusus?

Ketika Anda sudah memiliki mesin fotocopy sendiri di dalam perusahaan, pastinya Anda berharap bahwa mesin tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa langkah perawatan pada mesin fotocopy untuk menjaga keawetannya dan juga agar hasil print dan scan dapat lebih jernih. Berikut ini beberapa cara perawatan pada mesin fotocopy yang perlu dilakukan:
  • Membersihkan bagian roll karet yang berfungsi untuk menarik kertas yang ingin dicetak masuk ke dalam mesin fotocopy
  • Membersihkan bagian drum roll dengan menggunakan brasso untuk membersihkan sisa toner yang digunakan untuk mencetak kertas
  • Membuang sisa toner pada bagian sistem pembuangan
  • Mengelap meja kaca atau bagian pada mesin fotocopy yang digunakan untuk scan dokumen dengan kain dan alkohol
  • Membersihkan keseluruhan bodi mesin fotocopy
  • Lakukan seluruh cara di atas secara berkala 
 

Dapatkan Pilihan Mesin Fotokopi Berkualitas Di PusatFotokopi

PusatFotokopi mempunyai beberapa rekomendasi mesin fotocopy berkualitas yang dapat Anda pilih seperti Canon IR Adv 4245i yang memiliki fitur paling canggih untuk mendukung kegiatan perkantoran atau Fuji Xerox DC SC2022 CPS yang merupakan mesin fotocopy warna. Silakan cek website PusatFotokopi untuk melihat rekomendasi produk lainnya dan dapatkan harga promo sekarang juga!banner sewa mesin fotocopy
Cara Menyimpan Hasil Scan Di Mesin Fotocopy

Cara Menyimpan Hasil Scan Di Mesin Fotocopy

Tahukah Anda bahwa ada cara menyimpan hasil scan di mesin fotocopy? Jika selama ini Anda hanya mengetahui sistem kerja mesin fotocopy adalah dengan scan lalu langsung dicetak, maka dalam artikel ini kami akan menyediakan informasi penting tentang bagaimana cara menyimpan hasil scan di mesin fotocopy yang dapat memudahkan pekerjaan Anda dan tentunya berguna bila Anda membutuhkan dokumen itu kembali di masa yang akan mendatang. 

Bagaimana Cara Menyimpan Hasil Scan Di Mesin Fotocopy?

Seiring berkembangnya dunia teknologi, demikian pula fitur-fitur pada mesin fotocopy terus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan pelanggan. Adapun fitur-fitur yang ada pada teknologi mesin fotocopy terkini adalah:
    • Duplex: Scan dua sisi tanpa harus membolak balik halaman depan belakang
    • Fax: Mengirimkan langsung hasil scan dokumen tanpa harus dicetak terlebih dahulu dan dimasukkan ke dalam mesin fax
    • Send: Mengirimkan langsung hasil scan dokumen ke komputer ataupun hardisk atau USB
  • Mailbox: Tempat penyimpanan data hasil scan
 Setelah Anda mengetahui fitur-fitur mesin fotocopy terkini, sekarang mari kita pelajari cara menggunakan fitur-fitur  untuk scan dokumen di mesin fotocopy untuk menyimpan hasil scan dokumen Anda. 
  1. Scan Dokumen yang Ingin Disimpan

Langkah pertama untuk menyimpan hasil scan di mesin fotocopy tentunya dengan menyiapkan dokumen yang ingin di-scan terlebih dahulu. Jika dokumen yang akan di-scan berupa kertas dengan halaman bolak balik, Anda bisa menggunakan fitur duplex yang dapat langsung melakukan scan dua sisi.  Pilih fitur scan pada mesin fotocopy lalu Anda tinggal melakukan scan seluruh dokumen, tanpa perlu melakukan scan dan save secara terpisah. Anda juga bisa melakukan penyetelan scan seperti warna dan ukuran sebelum melakukan scan.Baca juga:
  1. Gunakan Fitur Mailbox untuk Menyimpan Hasil Scan

Setelah semua dokumen di-scan, maka langkah selanjutnya adalah menyimpan hasil scan Anda pada fitur mailbox. Fitur ini mengandalkan hardisk yang terinstal pada mesin fotocopy Anda. Tentunya, Anda harus memperhatikan kapasitas penyimpanan pada mesin fotocopy tersebut.  Anda bisa menyimpan hasil scan ini selama apapun yang Anda inginkan dan bisa dicetak atau di-print kapanpun Anda membutuhkan hasil scan tersebut. Mudah sekali bukan cara menyimpannya? 
  1. Ubah Ke Dalam Bentuk Softcopy Sesuai Kebutuhan

Tidak hanya bisa disimpan ke dalam mesin fotocopy, Anda juga bisa mengubah hasil scan tersebut menjadi file pdf untuk kemudian disimpan di dalam komputer atau USB. Untuk memindahkan data dari mesin fotocopy ke komputer, Anda perlu menghubungkan internet pada mesin fotocopy dan juga komputer yang Anda tuju. Jangan lupa juga untuk melakukan install software mesin fotocopy yang Anda gunakan agar dapat terbaca pada komputer Anda.  

Dapatkan Mesin Fotocopy Berkualitas Di PusatFotokopi

Nah, mudah sekali bukan cara menyimpan hasil scan di mesin fotocopy? Anda hanya perlu untuk memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia untuk memudahkan pekerjaan Anda dan tentunya dengan hasil yang maksimal. Selain itu, teknologi mesin fotocopy terkini juga sudah dilengkapi dengan sistem internet yang dapat langsung terhubung ke komputer Anda sehingga data dokumen yang telah di-scan oleh mesin fotocopy ataupun data softcopy yang ingin Anda print dapat dilakukan secara praktis. Kami mempunyai beberapa pilihan rekomendasi mesin fotocopy yang sudah dilengkapi dengan koneksi WiFi seperti Canon Image Runner 2425 Platen, Fuji Xerox DC S2320, dan terakhir adalah mesin fotocopy untuk menghasilkan cetakan berwarna yaitu Canon IR C3020. Silakan mengunjungi website PusatFotokopi untuk melihat pilihan mesin fotocopy berkualitas dan dapatkan promo menarik sekarang juga!Sewa Rental Mesin Fotocopy
Cara Menghitamkan Hasil Fotocopy Canon IR 3045

Cara Menghitamkan Hasil Fotocopy Canon IR 3045

Kegiatan fotocopy adalah sebuah bentuk kegiatan yang sangat umum kita jumpai saat ini. Mulai dari pelajar hingga pekerja pasti sudah tidak asing juga dengan yang namanya fotocopy. Hasil copy yang jelas dan tajam, tentu menjadi keinginan kita, karena informasi yang coba kita sampaikan akan lengkap dan tidak kurang. Namun jika hasil fotocopy buram, kurang jelas, atau kurang hitam, maka informasi kita bisa saja tidak tersampaikan dengan baik. Jika masalah ini terjadi, kamu bisa ikuti cara menghitamkan hasil fotocopy Canon IR 3045 berikut ini. Cara ini akan cocok kamu lakukan jika kamu memiliki mesin Canon ini.

Mengenal Mesin Fotocopy Canon IR 3045

Canon IR 3045 yang merupakan mesin dengan teknologi Monochrome Digital Multifunction Imaging System ini memiliki kecepatan cetak hingga 45 ppm dan resolusi 600 x 600 dpi. Sangat cocok jika Anda menggunakan mesin ini untuk usaha fotocopy Anda. Dengan opsi tambahan fax dan send to email, mesin ini menjadi makin komplit untuk memenuhi segala kebutuhan all in one fotocopy di era teknologi.Dengan berbagai keunggulan di atas, jika mesin fotocopy Anda mendapatkan hasil yang buram atau tidak jelas, berarti ada sesuatu yang salah pada mesin milik Anda

Penyebab Hasil Fotocopy Kurang Hitam

Berikut ini adalah beberapa penyebab hasil fotocopy yang kurang hitam.
  1. Kondisi Drum yang Rusak
Salah satu alasan dari hasil fotocopy yang buram adalah drum pada mesin fotocopy Anda sedang mengalami masalah. Toner kotor atau benda asing akan bisa menggores drum ataupun drum yang berada dalam keadaan lembab akan membuat hasil yang tidak maksimal. 
  1. Kualitas Tinta yang Kurang Bagus
Kualitas tinta menjadi hal yang patut Anda jadikan perhatian Tinta yang memiliki kualitas yang buruk akan bisa mempengaruhi mesin atau hasil fotocopy Anda. Tinta yang tidak sesuai untuk mesin Anda adalah alasan lain mengapa hasil fotocopy milik Anda kurang maksimal
  1. Kondisi Cleaning Blade yang Tidak Baik
Cleaning blade akan berfungsi untuk membersihkan permukaan drum ketika proses pencetakan telah selesai. sisa-sisa toner hasil pencetakan akan tertinggal pada drum mesin fotocopy Anda. Untuk bisa menjaga kebersihan permukaan drum maka harus dipastikan bahwa kondisi cleaning blade selalu terjaga. Ketika bagian ini tidak berfungsi dengan benar, maka ada sisi di drum yang pastinya tidak bersih. Hal ini bisa menjadi penyebab hasil fotocopy kurang baik, buram, ataupun bergaris-garis.
  1. Pengaturan Pada Mesin
Selain masalah teknis di atas, hasil fotocopy yang kurang hitam juga bisa dikarenakan pengaturan yang masih belum tepat. Setiap mesin memiliki pengaturan yang bisa Anda ubah untuk mendapatkan hasil fotocopy yang lebih hitam.Baca Juga: 6 Penyebab Hasil Fotocopy Kurang Baik

Inilah Cara Menghitamkan Hasil Fotocopy Canon IR 3045

Pada mesin Canon IR 3045, Anda akan bisa mengatur tingkat kehitaman dari hasil fotocopy Anda. Jika Anda belum tahu akan hal ini, maka Anda bisa mengikuti berbagai langkah berikut ini:
  1. Tekan tombol additional function
  2. Masuk service mode dengan menekan angka 2 dan 8 secara bersamaan
  3. Setelah itu kembali tekan tombol additional function
  4. Pilih Copier
  5. Masuk ke menu Adjust
  6. Lalu pilih Dens
  7. Atur Dens-ADJ, semakin besar angka, semakin hitam hasil fotocopy Anda
  8. Klik OK
Setelah itu Anda bisa mencoba seberapa hitam hasil yang Anda inginkan pada mesin Canon IR 3045 milik Anda.Seperti itulah cara menghitamkan hasil fotocopy Canon IR 3045. Ikuti tips ini jika Anda mengalami hal seperti ini. Kunjungi PusatFotokopi untuk mengetahui berbagai produk mesin fotocopy terbaik dengan pilihan suku cadang terlengkap saat ini.
Harga Alat Pemotong Kertas Untuk Usaha Fotocopy

Harga Alat Pemotong Kertas untuk Usaha Fotocopy Anda

Apakah Anda sedang membuka bisnis jasa fotocopy dan sedang mencari informasi harga alat pemotong kertas untuk usaha fotocopy Anda? Biasanya, orang yang memiliki usaha fotocopy pastinya tidak hanya mempunyai inventaris mesin fotocopy saja. Tentunya usaha fotocopy harus dilengkapi dengan berbagai perlengkapan yang menunjang seperti alat pemotong kertas. Alat pemotong kertas ini sangat berguna untuk merapikan kertas-kertas yang akan dijadikan kliping ataupun buku. 

Harga Alat Pemotong Kertas untuk Usaha Fotocopy

Alat pemotong kertas sangatlah beragam, merek ataupun ukurannya. Harganya pun bervariasi. Mulai dari 50 ribuan untuk ukuran kecil yang biasa digunakan untuk personal. Hingga yang harganya 5 juta.Dari fungsinya pun, harga alat pemotong kertas yang mencapai angka jutaan biasanya dapat memotong kertas lebih banyak hingga 800 kertas sekali potong. Namun, untuk alat pemotong kertas skala usaha fotocopy, Anda bisa menggunakan alat pemotong kertas berikut ini:
  • Pemotong Kertas A3 Joyko 3864: Pemotong kertas ini dilengkapi skala ukuran kertas yang dapat membantu Anda untuk memotong dengan presisi ukuran yang tepat
  • Kenko paper cutter: Memiliki fitur yang mirip dengan Joyko 3864
  • Mesin Pemotong Kertas HARIZO ORIGIN 888: Anda dapat memotong kertas hingga 500 lembar sekaligus secara otomatis dengan mesin pemotong kertas ini
 

6 Rekomendasi Paket Usaha Fotocopy dari PusatFotokopi

Khusus untuk Anda yang sedang ingin membuka usaha fotocopy, PusatFotokopi mempunyai penawaran terbaik untuk Anda dalam bentuk paket usaha yang berisikan sebuah mesin fotocopy beserta perlengkapan usaha Anda. Berikut ini, kami berikan rincian paket usaha yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan usaha fotocopy Anda: 
  1. Paket Usaha A

Paket Usaha A terdiri dari sebuah mesin fotocopy rekondisi dan perlengkapan usaha fotocopy. Dengan rincian sebagai berikut:
  • Mesin Fotocopy Rekondisi Canon IR 1024 / 1022
  • Neon Box termasuk Lampu
  • Mesin Laminating
  • Pemotong Kertas / Paper Cutter
  • Staples Besar
  • Kabel LAN
  • CD Driver
  • Toner 2 Kg
  • Kertas A4 1 Rim
  • Gratis Biaya Kirim area Jakarta
  • Garansi Servis 6 Bulan area Jakarta
 
  1. Paket Usaha B

Paket Usaha B terdiri dari sebuah mesin fotocopy rekondisi dan perlengkapan usaha fotocopy. Dengan rincian sebagai berikut:
  • Mesin Fotocopy Rekondisi Canon IR 1730
  • Neon Box termasuk Lampu
  • Mesin Laminating
  • Pemotong Kertas / Paper Cutter
  • Staples Besar
  • Kabel LAN
  • CD Driver
  • Toner 2 Kg
  • Kertas A4 1 Rim
  • Gratis Biaya Kirim area Jakarta
  • Garansi Servis 6 Bulan area Jakarta
 
  1. Paket Usaha C

Paket Usaha C terdiri dari sebuah mesin fotocopy rekondisi dan perlengkapan usaha fotocopy. Dengan rincian sebagai berikut:
  • Mesin Fotocopy Rekondisi Canon IR 3045
  • Neon Box termasuk Lampu
  • Mesin Laminating
  • Pemotong Kertas / Paper Cutter
  • Staples Besar
  • Kabel LAN
  • CD Driver
  • Toner 2 Kg
  • Kertas A4 1 Rim
  • Gratis Biaya Kirim area Jakarta
  • Garansi Servis 6 Bulan area Jakarta
 
  1. Paket Usaha D

Paket Usaha D terdiri dari sebuah mesin fotocopy rekondisi dan perlengkapan usaha fotocopy. Dengan rincian sebagai berikut:
  • Mesin Fotocopy Rekondisi Canon IR 5075
  • Neon Box termasuk Lampu
  • Mesin Laminating
  • Pemotong Kertas / Paper Cutter
  • Staples Besar
  • Kabel LAN
  • CD Driver
  • Toner 2 Kg
  • Kertas A4 1 Rim
  • Gratis Biaya Kirim area Jakarta
  • Garansi Servis 6 Bulan area Jakarta
 
  1. Paket Usaha E

Paket Usaha E terdiri dari sebuah mesin fotocopy rekondisi dan perlengkapan usaha fotocopy. Dengan rincian sebagai berikut:
  • Mesin Fotocopy Rekondisi Canon iR 6055/6065/6075
  • Neon Box termasuk Lampu
  • Mesin Laminating
  • Pemotong Kertas / Paper Cutter
  • Staples Besar
  • Kabel LAN
  • CD Driver
  • Toner 2 Kg
  • Kertas A4 1 Rim
  • Gratis Biaya Kirim area Jakarta
  • Garansi Servis 6 Bulan area Jakarta
Baca Juga:  Ingin Buka Usaha Fotocopy? Manfaatkan Paket Usaha Fotocopy Praktis dan Tejangkau
  1. Paket Usaha F

Paket Usaha F terdiri dari sebuah mesin fotocopy kondisi baru dan perlengkapan usaha fotocopy. Dengan rincian sebagai berikut:
  • Mesin Fotocopy Canon IR 2006N DADF 
  • Neon Box termasuk Lampu
  • Mesin Laminating
  • Pemotong Kertas / Paper Cutter
  • Staples Besar
  • Kabel LAN
  • CD Driver
  • Toner 2 Kg
  • Kertas A4 1 Rim
  • Gratis Biaya Kirim area Jakarta
  • Garansi Servis 6 Bulan area Jakarta
 

Bisnis Jasa Fotocopy Adalah Bisnis yang Menguntungkan

Usaha fotocopy merupakan usaha yang dapat dilakukan bahkan di rumah Anda sendiri dan bisa menjadi usaha jangka panjang. Anda bisa menjadikan usaha fotocopy sebagai usaha sampingan atau bahkan usaha tetap Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi website PusatFotokopi untuk melihat rekomendasi produk lainnya dan dapatkan penawaran terbaik sekarang juga!banner memulai usaha fotocopy
Cara Membersihkan RAM Mesin Fotocopy

Cara Membersihkan RAM Mesin Fotocopy Agar Loading Cepat

Sebagai pemilik dari mesin fotocopy, penting bagi Anda untuk mengetahui cara membersihkan RAM mesin fotocopy. Hal ini dapat berfungsi untuk mengatasi loading lama pada mesin fotocopy Anda. Berikut ini cara membersihkan RAM mesin fotocopy yang mudah dan dapat Anda lakukan sendiri. 

Cara Membersihkan RAM Mesin Fotocopy Dalam 3 Langkah Praktis

RAM atau kepanjangannya ‘Random Access Memory’ ini berbentuk seperti lempengan kecil berwarna hijau tua dan terdapat beberapa komponen yang menempel padanya. RAM ini bisa Anda temukan di bagian dalam mesin fotocopy Anda. Nah, cara untuk membersihkan RAM sangatlah mudah. Anda bisa mengikuti 3 langkah praktis, yakni:
  • Keluarkan dan copot RAM mesin fotocopy
  • Bersihkan pinggiran pada lempengan RAM yang berwarna kuning dengan karet penghapus atau kain
  • Pasang kembali RAM pada mesin fotocopy
 

Penyebab Lain Mesin Fotocopy Mengalami Loading yang Lama

Masalah loading lama pada mesin fotocopy tidak hanya bersumber dari RAM saja. Ada beberapa komponen yang perlu Anda cek seperti DIMM ROM, bagian pemanas, thermistor, dan juga hardisk. Beberapa komponen tersebut dapat Anda atasi sendiri, namun ada juga komponen yang memerlukan teknisi ahli untuk melakukan pengecekan serta memperbaiki komponen yang bermasalah tersebut. Berikut ini penyebab lain mesin fotocopy mengalami loading lama yang perlu Anda ketahui:
  1. DIMM ROM yang Kotor

DIMM ROM mempunyai bentuk fisik yang mirip dengan RAM hanya saja perbedaannya terletak pada komponen berwarna hitamnya. Pada bodi RAM, komponen berwarna hitam yang menempel pada lempengan hijau lebih banyak dan kecil dibandingkan bodi ROM yang hanya mempunyai 2 komponen hitam di atasnya. Cara untuk membersihkan DIMM ROM juga sama seperti cara membersihkan RAM. Anda cukup membersihkannya dengan karet penghapus ataupun kain.
  1. Bagian Pemanas yang Rusak

Anda dapat melihat tanda kerusakan pada bagian pemanas ketika hasil fotocopy yang dihasilkan oleh mesin fotocopy Anda mengeluarkan garis-garis hitam kotor. Jika Anda sudah mengalami tanda tersebut, Anda bisa melakukan servis pada bagian pemanas yang biasanya akan dilakukan beberapa perbaikan atau penambalan. Namun, jika mesin fotocopy Anda sudah terlanjur mengalami loading lama, maka kemungkinan terbesarnya Anda harus mengganti pemanas mesin fotocopy tersebut. Oleh karena itu, jangan abaikan tanda-tanda ketika sudah terdapat garis-garis hitam kotor pada hasil cetakan Anda untuk mencegah penggantian total pada pemanas mesin fotocopy.
  1. Thermistor yang Kotor

Thermistor berada dekat dengan bagian pemanas pada mesin fotocopy. Anda cukup membersihkan bagian ini dengan menggunakan kain dan brasso atau alkohol, kemudian coba nyalakan kembali mesin fotocopy-nya.
  1. Memori Hardisk yang Penuh

Salah satu penyebab loading lama pada mesin fotocopy yang terakhir adalah memori hardisk yang penuh. Untuk membereskan masalah ini, Anda bisa melakukan backup secara berkala dengan memindahkan data pada mesin fotocopy ke komputer yang telah dihubungkan pada mesin fotocopy tersebut. Setelahnya Anda bisa melakukan reset hardisk agar mesin fotocopy dapat loading dengan lancar.Baca Juga: 2 Cara Membersihkan Drum Mesin Fotocopy dengan Benar

Lakukan Maintenance Berkala Agar Mesin Fotocopy Dapat Berfungsi dengan Baik

Itu dia cara membersihkan RAM mesin fotocopy agar loading cepat. Anda perlu melakukan perawatan dan maintenance secara berkala untuk mencegah kerusakan pada mesin fotocopy Anda. Anda dapat melakukan perawatan mesin fotocopy sendiri dengan membersihkan bagian spare part-nya atau Anda juga bisa memanggil teknisi dari PusatFotokopi untuk pengecekan menyeluruh agar mesin fotocopy Anda tetap awet. Ayo kunjungi website PusatFotokopi untuk pemanggilan jasa servis atau Anda juga dapat melihat promo penawaran mesin fotocopy terbaik di website kami.banner sewa mesin fotocopy
Inilah Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy Dengan Komputer Via USB

Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy dengan Komputer via USB

Mesin fotocopy sudah menjadi hal yang sangat penting dalam dunia kerja, bisnis, dan juga pendidikan. Maka tidak heran jika sudah banyak orang yang menggunakan mesin pengganda dokumen satu ini. Saat ini sudah banyak inovasi yang membuat penggunaan mesin ini semakin mudah, salah satunya adalah mesin fotocopy yang bisa dihubungkan dengan komputer melalui kabel USB. Apakah Anda sudah tahu caranya? Jika belum mari perhatikan cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via USB berikut ini.

Pahami Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy Dengan Komputer Via USB yang Satu Ini

Saat ini, mesin fotocopy sudah dilengkapi oleh banyak fitur yang membuatnya bisa terhubung dengan perangkat komputer secara gampang. Salah satunya melalui WiFi, hingga LAN. Namun, jika ada masalah dengan internet sehingga Anda tidak memiliki koneksi sama sekali, Anda juga bisa menghubungkan komputer dan juga mesin fotocopy melalui kabel USB.

Persiapkan hal berikut ini:

  • USB parallel printer cable
  • Driver mesin fotocopy
  • Mesin Fotocopy yang akan dihubungkan
  • Komputer/Laptop
Bila hal di atas sudah Anda persiapkan, selanjutnya Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via USB
  1. Hubungkan kabel USB parallel printer ke port yang ada di mesin fotocopy 
  2. Hubungkan juga kabel USB tersebut ke komputer Anda
  3. Lewati proses Setting IP address
  4. Buka menu setting/control panel
  5. Pilih printer and device
  6. Klik Add a Local Printer
  7. Klik USB001 (Virtual Port for USB) kemudian pilih next
  8. Klik Have a disk pada menu selanjutnya dana kemudian klik OK
  9. Klik Browse dan cari lokasi Anda menyimpan driver mesin fotocopy. Anda bisa mengunduh driver pada halaman website merek mesin fotocopy yang Anda gunakan, disesuaikan juga dengan tipe mesin fotocopy Anda.
  10. Pilih tipe mesin fotocopy Anda pada daftar tersebut dan temukan tipe mesin Anda kemudian ikuti petunjuk selanjutnya
  11. Mesin fotocopy Anda sudah berhasil terinstall, dan bisa dihubungkan melalui kabel USB.
Baca juga: Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy dengan Komputer via WiFi

Rekomendasi Mesin Fotocopy yang Bisa Terhubung dengan Kabel USB

  1. Canon Image Runner 2425 Platen

Canon Image Runner 2425 Platen dengan A3 monochrome yang memiliki kecepatan 25 lembar per menit, dan 7 inch layar panel. Ditambah kemampuan remote melalui komputer dan kontrol melalui Uni-flow. Komplit dengan wifi, mobile printing dan dilengkapi Stylus Pen. Menjadi pilihan bagi Anda yang membutuhkan mesin dengan kemampuan print, copy, scan, dan fax.
  1. Fuji Xerox Docucentre S2520 – 4 Tray

Mesin fotocopy dan scan Fuji Xerox DocuCentre S2520 dari Fuji Xerox ini adalah perangkat multifungsi yang dilengkapi dengan semua hal penting cocok untuk tugas kantor. Mesin ramah lingkungan dengan performa luar biasa seperti kecepatan cetak hingga 25 ppm serta resolusi scan hingga 600 x 600 dpi ini akan bisa meningkatkan kinerja Anda karena mesin yang satu ini bisa dihubungkan melalui kabel USB.
  1. Canon IR Adv 4525i

Mesin fotocopy Canon IR Adv 4245i yang multifungsi yang sudah dilengkapi dengan WiFi dan Control Panel 25.6 cm (10.1 inch) TFT LCD WSVGA Colour Touch panel. Canon imageRUNNER ADVANCE iR-ADV 4525i merupakan mesin yang dirancang untuk mendukung tujuan bisnis agar bisa beradaptasi dengan dunia yang cepat berubah setiap hari. Ditambah juga dengan Standard: USB 2.0 x2 (Host), USB 3.0 x1 (Host), USB 2.0 x1 (Device). Semakin memudahkan aktivitas Anda karena bisa dihubungkan dengan kabel USB.Itulah cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer via USB serta beberapa tipe mesin fotocopy yang bisa Anda gunakan. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy di atas. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi.banner sewa mesin fotocopy 
Cara Memasang Stabilizer Pada Mesin Fotocopy

Yuk, Cari Tahu Cara Memasang Stabilizer pada Mesin Fotocopy

Tahukah Anda bahwa ternyata cara memasang stabilizer pada mesin fotocopy tidaklah sulit. Mesin fotocopy membutuhkan daya listrik yang besar dan oleh karena itu stabilizer sangat dibutuhkan. Stabilizer berfungsi untuk menstabilkan arus tegangan listrik untuk mencegah terjadinya korsleting listrik ataupun kerusakan pada mesin fotocopyBiasanya di beberapa daerah ada yang memiliki sumber tegangan listrik yang tidak menentu. Oleh karena itu, memang sangat disarankan untuk setiap orang yang memiliki mesin fotocopy untuk mempunyai stabilizer untuk menjaga tegangan listrik yang Anda gunakan tetap stabil. Nah, pada artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai cara memasang stabilizer pada mesin fotocopy yang penting untuk Anda lakukan apabila Anda memiliki mesin fotocopy sendiri atau hendak membeli sebuah unit baru. 

2 Cara Memasang Stabilizer pada Mesin Fotocopy

Stabilizer mempunyai dua tipe produk yaitu stabilizer yang sudah dilengkapi colokan atau soket dan yang tidak ada colokan. Selain itu, ukuran tegangannya pun berbeda-beda tergantung daya listrik yang dibutuhkan oleh mesin fotocopy Anda. Ada stabilizer yang memiliki tegangan 1.500 watt dan 2.000 watt. Anda dapat memilih sesuai dengan ukuran arus listrik yang diperlukan oleh mesin fotocopy Anda. Berikut ini cara memasang stabilizer pada mesin fotocopy berdasarkan tipe produknya:
  1. Untuk Stabilizer Dengan Colokan

Stabilizer yang sudah dilengkapi dengan colokan akan lebih mudah dipasangkan pada mesin fotocopy. Anda dapat menemukan colokan tersebut pada bagian belakang stabilizer. Selanjutnya, tinggal sambungkan kabel mesin fotocopy pada stabilizer  tersebut. Mudah sekali, bukan?
  1. Untuk Stabilizer Tanpa Colokan

Selanjutnya untuk stabilizer yang tidak disertai dengan colokan untuk mesin fotocopy, maka yang perlu dilakukan adalah memotong bagian kepala kabel mesin fotocopyAnda dapat menggunakan serabut kabel mesin fotocopy yang dapat dihubungkan pada bagian trafo stabilizer. Jika Anda tidak ingin memotong kabel mesin fotocopy, Anda bisa membeli sambungan soket terlebih dahulu dan menggunakan serabut pada kabel sambungan tersebut. 

Rekomendasi Mesin Fotocopy Berdasarkan Stabilizer yang Dibutuhkan

Berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi pilihan mesin fotocopy terbaik sesuai dengan ukuran stabilizer yang dibutuhkan:
  1. Stabilizer Ukuran 1.500 watt

Umumnya, mesin fotocopy membutuhkan arus listrik paling minimum berkisar 1.000 hingga 1.500 watt. Seperti contoh, Canon IR 2425 DADF yang mengkonsumsi arus listrik sebanyak 1.500 watt dan Fuji Xerox DC S2520 yang mengkonsumsi arus listrik sebanyak 1.300 watt. Mesin fotocopy dengan ukuran seperti ini cocok untuk digunakan untuk kapasitas arus listrik rumahan dan bisa Anda gunakan untuk bisnis jasa fotocopy yang menguntungkan.
  1. Stabilizer Ukuran 2.000 watt

Canon IR Advance 6275 6265 merupakan mesin fotocopy yang membutuhkan stabilizer ukuran 2.000 watt karena sebuah unit mesin fotocopy ini membutuhkan setidaknya 1.900 watt arus listrik. Mengapa mesin fotocopy ini memakan daya listrik yang besar? Mesin fotocopy Canon IR Advance 6275 6265 mempunyai fitur yang lebih canggih tentunya dari mesin fotocopy yang menggunakan stabilizer ukuran 1.500 watt dan juga dari segi kecepatan cetak, mesin fotocopy ini mampu mencetak hingga 75 lembar per menit. Biasanya rata-rata kemampuan mesin fotocopy dalam mencetak adalah hingga 25 lembar per menit. Jadi tidak heran bila mesin fotocopy satu ini membutuhkan arus listrik yang besar.Baca Juga: Rekomendasi 5 Jenis Mesin Fotocopy untuk Usaha 

Cari Mesin Fotocopy Berkualitas Di PusatFotokopi

Itu dia informasi mengenai cara memasang stabilizer pada mesin fotocopy dan juga rekomendasi mesin fotocopy berdasarkan stabilizer yang dibutuhkan yang dapat kami berikan untuk Anda. Anda dapat melihat produk mesin fotocopy lainnya melalui website PusatFotokopi  dan dapatkan penawaran terbaik sekarang juga!banner sewa mesin fotocopy
Penulisan Fotocopy Yang Benar

Bagaimanakah Cara Penulisan Fotocopy yang Benar Sesuai KBBI?

Mungkin dari Anda masih banyak yang bingung atau bertanya-tanya bagaimanakah cara penulisan fotocopy yang benar sesuai KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Apakah penulisan yang benar fotocopy? Atau fotokopi? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini.

Cara Penulisan Fotocopy yang Benar

Menurut KBBI, ternyata penulisan fotocopy yang benar adalah fotokopi. Arti kata dari fotokopi itu sendiri adalah hasil reproduksi (penggandaan) fotografis terhadap barang cetakan (tulisan). Sedangkan untuk penulisan dalam bahasa Inggris sendiri yang benar adalah photocopy dan bukan fotocopy.  

Kegunaan dari Mesin Fotokopi

Mesin fotokopi merupakan mesin yang digunakan untuk menggandakan isi pada kertas baik tulisan atau gambar pada media cetak yang baru. Pada mesin fotokopi zaman sekarang ini, banyak fitur-fitur yang ditambahkan ke dalamnya. Jadi, mesin fotokopi tidak lagi hanya berfungsi sebagai mesin pengganda, namun bisa juga digunakan untuk mengirimkan hasil scan dokumen melalui mesin fax ataupun komputer. Berikut ini fitur-fitur yang biasa Anda temui dalam mesin fotokopi, yaitu:
  • Scan: Fitur ini dapat Anda gunakan untuk menyalin seluruh dokumen tanpa harus dicetak kembali
  • Mailbox: Dokumen yang sudah Anda scan dapat disimpan di dalam mesin fotokopi dengan fitur ini karena adanya hardisk atau memori penyimpanan data di dalam mesin fotokopi
    • Fax: Hasil scan dokumen bisa langsung Anda kirim menuju mesin fax tanpa memerlukan hasil cetak fisik dengan menghubungkan mesin fotokopi dengan jaringan telepon
  • Send: Anda dapat mengubah dokumen yang sudah di-scan ke dalam bentuk softcopy dengan penyetelan yang sudah Anda lakukan sebelumnya sesuai dengan kebutuhan dan mengirimkannya ke komputer melalui jaringan internet.
Baca Juga: Bagian-bagian Dari Mesin Fotocopy dan Kegunaannya

Manfaat dari Memiliki Mesin Fotokopi

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa memiliki mesin fotokopi dengan harga yang sedemikian rupa merupakan sebuah pemborosan. Namun, siapa yang menyangka bahwa mesin fotokopi bisa menjadi sebuah aset investasi yang memberikan Anda keuntungan berkali-kali lipat. Bagaimana caranya menjadikan mesin fotokopi sebagai sebuah aset investasi? Berikut ini 2 cara yang dapat Anda jadikan sebagai acuan sebelum memutuskan untuk memiliki mesin fotokopi sendiri:
  1. Menjadi Ladang Bisnis

Anda pasti pernah mengunjungi tempat jasa fotokopi untuk keperluan sekolah, kuliah, bahkan untuk keperluan kantor Anda tentunya, kan? Mari kita hitung perkiraan dari pemasukan bisnis jasa fotokopi selama sebulan.Tarif saat ini untuk selembar kertas dengan hasil cetak hitam putih adalah 200 perak. Bisa Anda hitung jika dalam 1 hari, ada 5 pak kertas yang masing-masing paknya berisikan 500 lembar kertas. Maka Anda sudah memperoleh pemasukan sebesar 500.000 sehari. Dan jika Anda kalikan dengan sebulan, Anda sudah mendapatkan 15 juta rupiah sebulan. Sangat menguntungkan sekali tentunya apabila Anda dapat memiliki mesin fotokopi sendiri dan menjadikan mesin fotokopi tersebut sebagai ladang bisnis Anda.
  1. Sebagai Inventaris Perusahaan

Bagi Anda yang memiliki perusahaan sendiri, pastinya kebutuhan untuk memfotokopi dokumen keperluan kantor sangatlah tinggi. Oleh karena itu, dengan memiliki mesin fotokopi sendiri di kantor tentunya akan lebih menguntungkan dan banyak manfaat yang didapat seperti cost efficiency, waktu kerja yang lebih efektif, serta terjaganya kerahasiaan dokumen yang ingin difotokopi. Selain itu, mesin fotokopi bisa dijadikan aset inventaris perusahaan karena mesin fotokopi merupakan barang yang dapat digunakan dalam jangka waktu menahun.

Dapatkan Mesin Fotocopy yang Anda Butuhkan Di PusatFotokopi

Jadi, Anda tertarik untuk memiliki mesin fotokopi sendiri? Silakan kunjungi website PusatFotokopi untuk melihat pilihan produk-produk mesin fotokopi berkualitas dan dapatkan promo menarik sekarang juga!banner sewa mesin fotocopy
WhatsApp chat