From Our Blog

cara memperbaiki power supply mesin fotocopy IR 5000

Cara Memperbaiki Power Supply Mesin Fotocopy IR 5000 Dengan Mudah

Salah satu kendala yang sering dialami oleh pemilik mesin fotocopy adalah mesin yang tiba-tiba tidak bisa menyala. Padahal kabel sudah di colokan pada sumber daya. Setelah mengecek berbagai hal, ternyata power supply yang menjadi masalahnya. Kejadian ini tentu akan bisa membuat Anda rugi. Secara waktu dan juga materi. Berikut ini adalah cara memperbaiki power supply mesin fotocopy IR 5000 yang bisa Anda coba sendiri.  

Cara Memperbaiki Power Supply Mesin Fotocopy IR 5000

Canon IR 5000 adalah mesin fotocopy yang memiliki kemampuan sangat baik untuk usaha fotocopy ataupun perkantoran besar. Anda dapat melakukan fotocopy dan scan hingga ukuran kertas maksimum A3. Didukung juga dengan kecepatan cetak hingga 50 lembar per menit. Mesin ini juga memiliki fitur standar seperti copy, print, dan juga scan yang begitu membantu dalam kegiatan perkantoran. Spesifikasi mesin ini secara lengkap adalah sebagai berikut ini:  
Model : Canon iR 5000 / Canon iR 6000
Standard Functions : Copy, Print , Scan B/W, Fax (Optional)
Paper Size : Copy B/W, Print B/W, Scan B/W, Fax (Optional)
Copy Speed : Up to 50/60 ppm
Resolution : 2400 (equiv.) x 600 dpi
Device Memory : 192MB
Hard Drive : 10GB
Duplex : Yes
Network Interface : 10/100BaseT, Parallel
Other Interface : NetSpot Version 3.2.2
Power Consumption : –
Warm-Up : iR5000 – 5 minutes max, iR6000 – 6 minutes max
  Mesin fotocopy yang lebih kecil biasanya akan menggunakan rangkaian standar 120 volt, 15 amp dengan stop kontak yang biasa Anda lihat. Mesin fotocopy yang lebih besar akan membutuhkan lebih banyak daya untuk bekerja dengan benar. Mesin ini biasanya membutuhkan rangkaian 120 volt, 20 amp dengan saluran khusus. Ini berarti bahwa sirkuit ini tidak dapat dibagi dengan elektronik lainnya. Tidak boleh ada soket ekstensi yang digunakan bersama oleh beberapa perangkat di sini. Baca juga: Cara Memperbaiki HVT Canon IR 5000 yang Mudah

Lakukan Pengecekan Terlebih Dahulu

Sebelum mencoba untuk mengganti atau memperbaiki power supply, pastikan Anda mengecek beberapa hal berikut ini:
  • Pastikan kabel Power mesin fotocopy terpasang dengan baik, dan listrik anda dalam keadaan hidup. Untuk mesin 110 Volt pastikan trafo sudah terpasang dengan baik dan benar serta tegangan yang dikeluarkan 110 Volt AC sudah ada.
  • Periksa tegangan input pada power supply menggunakan multimeter di skala voltase AC 250 Volt. Apabila input tegangan ini tidak terdapat 110V AC untuk mesin 110 maka dapat dipastikan kerusakan terdapat pada switch On/Off. 
  • Pastikan kabel – kabel elektronik mesin fotocopy tidak ada kerusakan atau putus yang biasanya disebabkan oleh tikus yang masuk kedalam bagian body mesin. 
Jika sudah memeriksa hal ini, dan benar bahwa kerusakan terjadi pada power supply, saran pertama yang kami berikan adalah untuk segera menggantinya. Bagian ini cukup vital jika Anda mencoba untuk memperbaikinya sendiri tanpa keahlian apapun. Namun, jika Anda berencana untuk memperbaikinya, maka coba periksa bagian resistor bagian trigger yang nilainya 47K  2 buah di dekat trafo dan yang berwarna kuning 100K di dekat elco. Kemungkinan besar 2 bagian inilah yang mengalami masalah. Anda bisa memperbaikinya dengan mengganti komponen ini dengan yang baru. Itulah dia cara memperbaiki power supply mesin fotocopy IR 5000. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi. banner sewa mesin fotocopy
cara mengirim file dari mesin fotocopy ke komputer

Inilah Cara Mengirim File dari Mesin Fotocopy ke Komputer dengan Mudah

Banyak mesin fotocopy sekarang menyertakan fitur tambahan seperti pemindaian dan faks. Kenyamanan memiliki mesin fotocopy yang dapat memindai dokumen dan mengirimnya ke komputer akan memudahkan pengiriman dokumen melalui email ke klien atau perusahaan. Memindai dokumen sehingga disimpan ke komputer Anda tidak sulit setelah Anda terbiasa dengan fungsi mesin fotocopy khusus Anda. Dengan menekan satu tombol, sebagian besar mesin fotocopy dengan cepat memindai dokumen Anda untuk disimpan atau dikirim melalui email nanti. Berikut ini adalah cara mengirim file dari mesin fotocopy ke komputer dengan mudah.  

Cara Mengirim File dari Mesin Fotocopy ke Komputer

Saat ini sudah banyak mesin fotocopy yang dibekali kemampuan untuk bisa menyimpan file hasil fotocopy atau scan. File ini nantinya akan bisa dipindahkan ke perangkat komputer Anda untuk bisa disimpan atau diedit secara lebih lanjut. Kemampuan ini akan bisa membantu Anda untuk berhemat, sehingga tidak perlu lagi membeli mesin scan. Cukup dengan mesin fotocopy, Anda sudah bisa mengerjakan berbagai macam hal. Untuk bisa memindahkan file ini, ada beberapa langkah yang harus bisa Anda ikuti. Di bawah ini adalah panduan yang akan bisa diikuti. Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1

Nyalakan mesin fotocopy dan komputer Anda. Periksa apakah mesin fotocopy Anda terhubung ke komputer sebelum Anda mulai.

Langkah 2

Letakkan dokumen pada mesin fotocopy dengan sisi yang dicetak menghadap ke bawah pada kaca.

Langkah 3

Tekan tombol “Scan” untuk memulai proses pemindaian. Ikuti langkah-langkah di layar pada mesin fotocopy atau di komputer Anda untuk merek mesin fotocopy khusus Anda.

Langkah 4

Pastikan gambar yang dipindai akurat. Jika tidak, setel ulang dokumen pada mesin fotocopy dan scan kembali. Jika tidak, klik “Berikutnya” atau “OK” untuk menyelesaikan proses pemindaian. Baca juga: Cara Menyimpan Hasil Scan Di Mesin Fotocopy

Fuji Xerox Docucentre S2320, Rekomendasi Mesin Fotocopy yang Bisa Menyimpan File

Mesin yang satu ini memiliki berbagai kemampuan unggul termasuk menyimpan file hasil scan dan mengirimnya ke komputer. Selain itu ada berbagai keunggulan lainnya, seperti:
  • Print merupakan salah satu fitur tambahan untuk mempermudah menggandakan dokumen dalam bentuk file ke hard copy.
  • Two side adalah sebuah fitur dimana Anda bisa menyalin secara bolak-balik otomatis, yang sangat mempermudah pekerjaan.
  • SHORTER dapat memilah hasil cetakan menjadi perset tanpa harus memilah ulang proses pencetakan.
  • Sharpes adalah sebuah kemampuan untuk mempertajam cetakan dari tulisan pensil / carbon supaya hasilnya dapat terbaca.
  • Zoom adalah fitur yang dapat memperbesar ataupun memperkecil dokumen.
  • Image type berguna untuk mempertegas produk cetak mulai dari text biasa sampai gambar.
  • Mirror merupakan fitur yang bisa membuat membuat produk cetakan secara terbalik.
Berbagai keunggulan ini akan bisa membantu kegiatan kantor ataupun usaha fotocopy Anda. Tidak usah ragu lagi, dan dapatkan informasi penting mengenai mesin Fuji Xerox Docucentre S2320 hanya di Pusat Fotokopi. Itulah dia cara mengirim file dari mesin fotocopy ke komputer. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya, serta berbagai macam info seputar mesin fotocopy. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi. banner sewa mesin fotocopy

Cara Fotocopy KTP Sejajar dengan Mudah di Mesin Fotocopy Canon IR 2425 DADF

Dalam berbagai urusan dan administrasi, fotocopy KTP masih menjadi syarat wajib yang harus Anda penuhi. Untuk mem-fotocopy KTP dengan benar, Anda bisa mempelajari caranya. Semua jenis mesin fotocopy akan bisa menjalankan tugas yang satu ini. Maka Anda tidak perlu repot belajar, karena rasanya tidak terlalu sulit. Kali ini kami akan mengajarkan cara fotocopy KTP sejajar bagi yang memiliki mesin Canon IR 2425 DADF. Perhatikan informasi yang ada di bawah ini.  

Cara Fotocopy KTP Sejajar Canon IR 2425 DADF

Mesin fotocopy Canon IR 2425 DADF memiliki banyak keunggulan yang bisa menguntungkan. Baik untuk penggunaan dalam usaha ataupun perkantoran. Beberapa keunggulan dari mesin yang satu ini adalah:  

1. Penggunaan Yang Mudah

Dapat mencetak dokumen dengan cepat, karena memiliki kecepatan mencetak 25 lembar per menit. Dilengkapi dengan teknologi DADF dan juga Duplex. Tidak ketinggalan layar panel yang berukuran 7 inch dengan teknologi touch screen, dan dilengkapi Stylus Pen. Tentunya akan semakin memudahkan pekerjaan Anda.  

2. Keamanan Yang Maksimal

Kemampuan remote printing melalui komputer dan kontrol melalui uniFLOW dan juga sistem keamanan yang bisa melindungi Anda dari malware. Dengan itu dapat menghindari kebocoran informasi perusahaan yang penting dengan menghapus berbagai dokumen yang tidak sengaja di print.  

3. Konektivitas Yang Tidak Terbatas

Komplit dengan wifi dan memiliki kemampuan mobile printing. Ditambah juga dengan teknologi USB dan Network Ready. Secara lengkap, spesifikasi dari mesin yang satu ini adalah:
Machine Type A3 Monochrome Laser Multifunctional
Core Functions Print, Copy, Scan, Send and Optional Fax
Control Panel 7 inch TFT LCD WVGA color Touch panel
Memory Standard: 2.0GB RAM
Storage Use area: 30GB (eMMC)
Interface Connection NETWORK Standard: 1000Base-T/100Base-TX/10Base-T, Wireless LAN (IEEE 802.11 b/g/n) OTHERS Standard: USB 2.0 (Host) x3, USB 2.0 (Device) x1
Paper Supply Capacity (A4, 80gsm) Standard: 330 sheets Maximum: 580 sheets (with Cassette Feeding Module-AK1)
Paper Output Capacity (A4, 80 gsm) Standard: 250 sheets Maximum: 250 sheets
Finishing Capabilities Standard model: Collate, Group
Warm-up Time (Quick start mode:ON) 4 Seconds or Less*1 From Sleep Mode: 10 seconds or less 12 Seconds or Less*2
Dimensions (W x D x H) With Platen Cover-AA1: 627 x 665 x 516 mm With DADF-AZ2: 627 x 692 x 616 mm
Installation Space (W x D) 1065 x 1285 mm
Weight With Platen Cover-AA1: Approx. 34.9 kg including toner With DADF-AZ2: Approx. 39.9 kg including toner
Print Speed (ppm) Up to 25 ppm (A4), Up to 12 ppm (A3), Up to 11 ppm (A4R)
Print Resolution (dpi) 600 x 600
Page Description Languages Standard: UFRII Optional: PCL6, Adobe®PostScript®3™
Printing from Mobile and Cloud AirPrint, Mopria, Google Cloud Print, Canon Business PRINT and uniFLOW Online
Copy Speed (BW) Up to 25 ppm (A4), up to 12 ppm (A3), up to 11 ppm (A4R)
First-Copy-Out Time (A4) (BW) Approx. 7.4 seconds or less
Copy Resolution (dpi) 600 × 600
Multiple Copies Up to 9,999 copies
Copy Density Automatic or Manual (9 Levels)
Magnification 25% – 400% (1% Increments) Preset reduction/enlargement: 25%, 50%, 61%, 70%, 81%, 86%, 100%, 115%, 122%, 141%, 200%, 400%
Scan
Type Optional: Duplexing Automatic Document Feeder [2-sided to 2-sided] (DADF-AZ2) or Platen Cover (Platen Cover-AA1)
Supported Media Sizes Platen: Max. scanning size: 297.0 x 432.0 mm Document Feeder media size: A3, A4, A4R, A5, A5R, B4, B5, B5R Custom size: 139.7 x 148.5 mm to 297.0 x 432.0 mm
Scan Speed (ipm: BW/CL; A4) DADF-AZ2: 1-sided Scanning: 35/25 (300 dpi, send), 25/13 (600 dpi, copy) 2-sided Scanning: 12/8 (300 dpi, send), 8/4 (600 dpi, copy)
Scan Resolution (dpi) Scan for Copy: up to 600 x 600 Scan for Send: (Push,BW) up to 600 x 600, (Pull,BW) up to 600 x 600 (Push,CL) up to 300 x 300, (Pull,CL) up to 300 x 300 Scan for Fax: up to 600 x 600
Pull Scan Specifications Color Network ScanGear2. For both TWAIN and WIA Supported OS: Windows® 7/8.1/10 Windows® Server 2008/Server 2008 R2/Server 2012/Server 2012 R2/Server 2016
Scan Method Push scan, Pull scan, Scan to Network, Scan to memory media (USB Memory Key), Scan to Mobile Devices, Scan to cloud-based services (uniFLOW)
Baca juga: Cara Fotocopy KTP Atas Bawah Canon IR 5000 dengan Mudah

Cara fotocopy KTP Sejajar

Anda tinggal mengikuti langkah di bawah ini:
  1. Tandai kertas Anda yang menunjukan dari hasil yang sejajar
  2. Letakkan KTP yang akan digandakan di atas kaca printer
  3. Tekan tombol print
  4. Tunggu beberapa saat hingga hasil fotocopy keluar
  5. Posisikan KTP Anda pada tempat yang sebelumnya sudah ditandai
  6. Masukan kembali kertas ke dalam tray, dengan posisi yang sama sebelumnya
  7. Klik Start
  8. Proses fotocopy sudah selesai
Seperti itulah cara fotocopy KTP sejajar di mesin Canon IR 2425 DADF. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi. banner sewa mesin fotocopy
Cara Fotocopy F4 di Epson L565

Cara Fotocopy F4 di Epson L565 dengan Mudah

Kertas berukuran legal atau F4 kadang-kadang disebut sebagai Foolscap, mengacu pada merek kertas lama yang menggunakan logo “foolscap” sebagai watermark di atas kertas. Kertas dengan ukuran legal secara tradisional digunakan untuk menulis kontrak, gagasannya adalah bahwa kertas yang lebih panjang dapat digunakan untuk dokumen yang lebih panjang, dan memudahkan untuk menandai catatan dan merekomendasikan perubahan. Jenis kertas F4 yang juga disebut sebagai folio ini juga digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari cara fotocopy F4 di Epson L565. Sehingga Anda akan bisa dengan mudah menggunakan kertas F4 untuk keperluan kantor dan hal lainnya. Mari kita mulai.

Cara Fotocopy F4 di Epson L565

F4 adalah ukuran kertas yang sangat sering digunakan dalam dunia legal ataupun sebagai formulir. Sehingga, pasti akan sering melalui proses penggandaan melalui mesin fotocopy. Untuk bisa lebih memahami ukuran kertas ini, berikut adalah perbandingan ukuran dari kertas yang biasa kita gunakan.
Ukuran Kertas

 MM

 CM

Inci

F4 216 x 330 21,6 x 33,0 8,5 x 13
A4 210 x 297 21,0 x 29,7 8,3 x 11,7
A3 297 x 420 29,7 x 42,0 11,69 x 16,54
Kuarto 216 x 275 21,6 x 27,5 8,5 x 10,8
  Dengan ukurannya yang lebih besar dari pada kertas A4, maka jenis kertas F4 akan bisa lebih banyak memuat informasi dalam selembar kertas. Menjadikannya pilihan yang populer sebagai kertas untuk urusan legal, formulir, ataupun soal pelajaran. Baca juga: Panduan Cara Setting Kertas F4 di Mesin Fotocopy Canon

Epson L565

Printer ini sangat ideal untuk pengguna di kantor dengan ukuran kecil. Memiliki kualitas yang baik, kecepatan cetak yang tinggi, serta dilengkapi kemampuan scanning, menyalin, dan fax dengan Wi-Fi dan Ethernet. Tidak ketinggalan tank tinta berkapasitas tinggi sehingga dapat mencetak halaman lebih banyak dengan biaya yang lebih rendah. Menggunakan teknologi Micro Piezo dan kecepatan cetak ISO hingga 9.2 ppm dan juga konsisten. Anda juga bisa mencetak hingga 13.000 halaman hitam dan 6.500 halaman warna dari set tinta awal. Konektivitas Wi-Fi dengan Epson Connect membuat mencetak dari smartphone dan table menjadi mudah. Dokumen dan foto juga dapat langsung Anda cetak dari perangkat mobile Anda berkat kompatibilitas Apple Air Print dan Google Cloud Print.  

Spesifikasi Epson L565

Spesifikasi lengkap dari mesin ini adalah sebagai berikut:
Print Method On-demand ink jet
Nozzle Configuration 180 nozzles Black, 59 nozzles per colour (Cyan, Magenta, Yellow)
Print Direction Bi-directional printing, Uni-directional printing
Maximum Resolution 5760 x 1440 dpi (with Variable-Sized Droplet Technology)
Minimum Ink Droplet Volume 3 pl
Print Speed*1
Max Black Draft Text – Memo (A4) Approx. 33 ppm / 15 ppm (Black / Colour )
ISO 24734, A4, Simplex Approx. 9.2 ipm / 4.5 ipm (Black / Colour)
Max Photo Draft – 10 x 15cm / 4 x 6″ *2 Approx. 27 sec per photo (W / Border)
Photo Default – 10x15cm/4×6″ *2 Approx. 69 sec per photo (W/Border)
Copy Speed
ISO 29183, A4, Simplex Approx. 7.7 ipm / 3.8 ipm (Black / Colour)
Maximum Copies from Standalone 99 copies
Reduction / Enlargement 25 – 400%, Auto Fit Function
Maximum Copy Size A4, Letter
Scanning
Scanner Type Flatbed colour image scanner
Sensor Type CIS
Optical Resolution 1,200 dpi x 2,400 dpi
Maximum Scan Area 216 x 297mm (8.5 x 11.7″)
Scanner Bit Depth
Colour 48-bit input, 24-bit output
Grayscale 16-bit input, 8-bit output
Black & White 16-bit input, 1-bit output
Scan Speed (Flatbed / ADF)
Monochrome 300 dpi 16 sec / 2.0 ppm
Colour 300 dpi 34 sec / 2.0 ppm
Fax Function
Type of Fax Walk-up black-and-white and colour fax capability
Receive Memory / Page Memory Up to 100 pages (ITU-T No.1 chart)
Error Correction Mode CCITU / ITU Group3 fax with Error Correction Mode
Fax Speed (Data Transfer Rate) Up to 33.6kbps, Approx. 3 sec/page
Fax Resolution
Black & White Standard: 8 pels/mm x 3.85 lines/mm Fine: 8 pels/mm x 7.7 lines/mm Photo: 8 pels/mm x 7.7 lines/mm
Colour Fine: 200 x 200 dpi Photo: 200 x 200 dpi
Transmission Paper Size
Flatbed Letter, A4
ADF Letter, A4, Legal
Receiving Paper Size Letter, A4, Legal
Speed Dial / Group Dial Up to 60 numbers
Fax Features PC Fax (Transmission / Receive), Automatic redial, Address book, Group Dial, Delay Send, Broadcast Fax (Mono Only)
 

Cara Mencetak F4 di Epson L565

Untuk mencetak F4, caranya adalah:
  • Siapkan kertas F4, masukan dalam paper tray
  • Letakkan dokumen yang ingin digandakan
  • Pilih menu paper setup
  • Pilih ukuran legal
  • Tekan tombol print B/W atau color sesuai kebutuhan
  • Tunggu hasilnya keluar
Seperti itulah cara fotocopy F4 di Epson L565. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya, serta berbagai macam info seputar mesin fotocopy. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi. banner sewa mesin fotocopy
cara fotocopy KTP atas bawah Canon IR 5000

Cara Fotocopy KTP Atas Bawah Canon IR 5000 dengan Mudah

KTP masih menjadi salah satu dokumen yang dibutuhkan dalam pengurusan berbagai macam hal. Sehingga tidak heran jika kita selalu menjumpai syarat “fotokopi KTP” ketika ingin mengurus suatu hal. Mengetahui cara fotocopy KTP akan sangat membantu proses ini. Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi mengenai khusus bagi Anda pemilik mesin fotocopy Canon. Sehingga nantinya Anda akan tahu bagaimana cara fotocopy KTP atas bawah Canon IR 5000 dengan mudah serta memperlancar segala urusan nantinya. Mari kita mulai.  

Cara Fotocopy KTP Atas Bawah Canon IR 5000

Menjadi mesin pertama yang masuk dalam pasar Indonesia, Canon IR 5000 memiliki kemampuan yang dinilai cocok untuk usaha fotocopy ataupun perkantoran besar. Dengan ukuran kertas maksimum hingga A3, menjadikannya salah satu mesin fotocopy serbaguna yang mumpuni. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna saat melakukan scan, mesin ini tak perlu untuk di-setting dengan rumit karena Mesin Fotocopy Canon IR 5000 ini bisa menghasilkan data scan cukup besar yaitu maximal kertas berukuran A3. Didukung juga dengan kecepatan cetak hingga 50 lembar per menit. Mesin ini juga memiliki fitur standar seperti copy, print, dan juga scan yang begitu membantu dalam kegiatan perkantoran. Spesifikasi mesin ini secara lengkap adalah sebagai berikut ini:  
Model : Canon iR 5000 / Canon iR 6000
Standard Functions : Copy, Print , Scan B/W, Fax (Optional)
Paper Size : Copy B/W, Print B/W, Scan B/W, Fax (Optional)
Copy Speed : Up to 50/60 ppm
Resolution : 2400 (equiv.) x 600 dpi
Device Memory : 192MB
Hard Drive : 10GB
Duplex : Yes
Network Interface : 10/100BaseT, Parallel
Other Interface : NetSpot Version 3.2.2
Power Consumption : –
Warm-Up : iR5000 – 5 minutes max, iR6000 – 6 minutes max
  Berikut ini adalah cara cara untuk memproses fotocopy yang berbentuk atas dan bawah. Dengan mengikuti tips dan cara di bawah ini, Anda akan bisa menggunakan mesin printer Canon IR 5000 yang bisa mempermudah pekerjaan Anda.  

Satu Dokumen Posisi Vertikal

Cara fotocopy KTP atas bawah bisa dilakukan dengan cara yang mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Tandai kertas Anda yang menunjukan posisi atas dan bawah
  2. Letakkan KTP yang akan digandakan di atas kaca printer
  3. Tekan tombol print
  4. Tunggu hasil fotocopy keluar
  5. Posisikan KTP Anda yang sudah dibalik sedikit di bawah dari posisi hasil fotocopy pertama
  6. Masukan kembali kertas ke dalam tray dengan posisi bagian yang sudah tercetak berada di atas
  7. Klik Start
  8. Proses fotocopy sudah selesai
Baca juga: Cara Fotocopy KTP Bolak Balik dan Jumlah Banyak

Satu Dokumen Posisi Horizontal

Cara kedua, Anda bisa fotocopy bolak balik dengan posisi kertas horizontal. Langkah – langkahnya seperti berikut ini:
  1. Tandai kertas Anda yang menunjukan posisi atas dan bawah
  2. Letakkan KTP secara horizontal di atas kaca printer
  3. Tekan tombol print
  4. Tunggu untuk hasil fotocopy keluar
  5. Posisikan KTP Anda yang sudah dibalik sedikit di bawah dari posisi hasil fotocopy pertama
  6. Masukan kembali kertas ke dalam tray, dengan posisi bagian yang sudah tercetak berada di atas
  7. Klik Start
  8. Proses fotocopy sudah selesai
  Seperti itulah cara fotocopy KTP atas bawah Canon IR 5000. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya, serta berbagai macam info seputar mesin fotocopy. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi. banner sewa mesin fotocopy
Cara Memperbaiki DC Control IR 6570 | Pusat Fotokopi

Cara Memperbaiki DC Control IR 6570

Bagaimana cara memperbaiki DC Control IR 6570? Sebagai produk mesin fotocopy, IR 6570 dari Canon ini memang menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya. Spesifikasi yang dimiliki sangat mumpuni untuk digunakan dalam aktivitas perkantoran ataupun bisnis fotocopy. Namun ketika mengalami kerusakan pada bagian DC Control, maka perlu solusi terbaik dan paling tepat. Beruntung, Pusat Fotokopi memiliki informasi mengenai cara memperbaiki DC Control dari Canon IR 6570. Bagaimana caranya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.  

Solusi Cara Memperbaiki DC Control IR 6570

DC Control di dalam mesin fotocopy memiliki fungsi yang sangat penting. Apa fungsinya? Sesuai namanya, komponen ini berguna sebagai pusat dari pembagian arus listrik ke seluruh bagian dari mesin fotocopy. DC Control akan membagikan arus listrik ke berbagai komponen lainnya agar bisa menyala dan berfungsi. Dengan begitu, mesin fotocopy dapat digunakan dengan mudah dan optimal. Ketika DC Control mengalami kerusakan, maka sudah pasti tidak ada arus listrik yang sesuai ketentuan untuk diberikan ke berbagai komponen di dalam mesin fotocopy Canon IR 6570. Kalau sudah begini, maka mesin fotocopy ini tidak dapat digunakan. Tentunya akan menghambat aktivitas Anda untuk melakukan duplikasi dokumen.  Namun tenang saja, Anda dapat mencoba satu cara ini agar kondisi mesin fotocopy kembali prima dan dapat digunakan. Berikut langkah-langkahnya:
  • Tekan *28* secara bersamaan hingga muncul tulisan User Technical Interface.
  • Kemudian tekan tombol Copier pada layar.
  • Tekan tombol Function.
  • Kemudian tekan tombol Clear.
  • Tekan tombol ERR.
  • Tekan OK dan tunggu beberapa saat. 
  • Setelah itu, matikan mesin fotocopy dengan cara menekan tombol ON/OFF seperti biasa. 
  • Kemudian hidupkan kembali mesin fotocopy dan masalah error ini dapat hilang.
  Bagaimana jika ternyata tetap tidak bisa menyala dengan baik? Maka sudah waktunya Anda mengganti DC Control yang ada di dalam mesin fotocopy Canon IR 6570. Karena bisa saja penyebabnya adalah pada komponen yang rusak. Baca juga: Cara Mengatasi Error Pada Mesin Fotocopy Canon

Masalah Lain yang Dapat Muncul di Canon IR 6570

Selain masalah DC Control yang rusak, masih ada beberapa masalah lain yang dapat muncul di dalam Canon IR 6570 dengan kode E 001:
  1. Tegangan listrik tidak sempurna sehingga mengalami kondisi naik-turun.
  2. Instalasi kabel yang kurang baik dengan kualitas buruk.
  3. Komponen utama pada mesin mengalami kerusakan, kotor, atau aus.
  4. AC Drive dalam mesin fotocopy mengalami kerusakan.
  5. Plat shutter atau kuningan di dalam hot roll sudah berkerak sehingga harus dibersihkan dengan braso.
  6. Upper/hot roll yang ternyata terlalu tebal sehingga menyebabkan penyaluran panas ke bagian thermistor menjadi lebih lama.
  7. Elemen dalam heater ternyata terbakar sehingga bisa melihat cairan keluar atau ada bekas terbakar.
  8. Thermistor dan sub thermistor rusak
Baca juga: Cara Mengatasi Kode Error Mesin Fotocopy iR 6570 Masalah error dengan kode E 001 ini bisa Anda perbaiki dengan cara sama seperti yang telah diberitahukan di atas. Mudah, bukan? Jadi itulah penjelasan tentang cara memperbaiki DC Control IR 6570 yang merupakan mesin fotocopy dari Canon. Sebagai sebuah produk mesin fotocopy, kualitas Canon IR 6570 tidak perlu diragukan lagi. Anda jangan ragu untuk menggunakan mesin fotocopy pilihan ini.  Namun bagaimana cara membelinya? Anda tidak kebingungan karena Canon IR 6570 telah tersedia di Pusat Fotokopi dengan kondisi baru dan harga bersaing. Tertarik untuk memiliki Canon IR 6570? Klik di sini untuk langsung mendapatkan informasi lebih lengkap dari Pusat Fotokopi. banner sewa mesin fotocopy
4 Cara Membuat Pembukuan Usaha Fotocopy yang Mudah

4 Cara Membuat Pembukuan Usaha Fotocopy yang Mudah

Dalam membuat pembukuan usaha fotocopy, Anda hanya memerlukan alur yang simpel. Bagi Anda yang ingin mendirikan usaha fotocopy pastinya akan mengalami kebingungan dalam menyusun pembukuan usaha tersebut. Apakah Anda harus menghitung pemasukan dari setiap lembar yang di-fotocopy? Bagaimana cara mengetahui keuntungan bersih dan keuntungan kotor? Dan banyak lagi hal-hal yang Anda masih belum tahu mengenai pembukuan usaha fotocopy. Oleh karena itu, dalam artikel ini Pusat Fotokopi akan menjelaskan kepada Anda mengenai cara membuat pembukuan usaha fotocopy hanya dalam 4 langkah saja! Simak penjelasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Membuat Pembukuan Usaha Fotocopy?

Dalam membuat pembukuan usaha fotocopy, Anda hanya perlu disiplin dalam memasukkan data pembelian barang dan juga pengumpulan struk. Lalu, untuk membuat pembukuannya, Anda dapat mengikuti cara berikut ini:

1. Belanja Kebutuhan Awal

Cara ini disesuaikan untuk Anda yang baru pertama kali membuka usaha fotocopy. Sebagai modal awal, Anda tentunya membutuhkan sebuah mesin fotocopy yang dapat digunakan selama bertahun-tahun. Selain itu untuk kebutuhan lainnya yang juga tidak perlu dibeli secara repetitif atau pengulangan seperti printer, komputer, dan alat-alat pemotong kertas dan lainnya.  Kebutuhan repetitif yang dibutuhkan dalam sebuah usaha fotocopy sudah jelas yang paling utama adalah kertas. Kemudian selanjutnya isi tinta mesin fotocopy dan printer, lalu yang terakhir adalah biaya listrik yang dikonsumsi selama usaha tersebut berjalan.  Baca juga: 5 Tips Memilih Mesin Fotocopy Terbaik Untuk Usaha Bagi Pemula

2. Catat Seluruh Barang yang Sudah Dibeli

Dari seluruh modal awal yang perlu dibeli pada poin sebelumnya, Anda dapat memasukkan mesin fotocopy, komputer, printer, serta alat-alat yang tidak perlu dibelanjakan secara repetitif ke dalam aset usaha yang memiliki nilai penurunan, khususnya untuk barang elektronik. Sisanya, Anda dapat memasukkan barang lainnya ke dalam list pengeluaran.

3. Catat Seluruh Hasil Pendapatan

Ketika usaha fotocopy telah dijalankan, maka Anda dapat mencatat seluruh hasil pendapatan dari tiap pelanggan yang nantinya akan direkap setelah jam usaha berakhir. Pastikan Anda memasukkan tanggal untuk dapat mengetahui berapa lama periode penggunaan barang repetitif sehingga keuntungan yang didapat akan lebih jelas dan terstruktur rapi. 

4. Buat Margin antara HPP dan Pendapatan

Dalam melihat hasil keuntungan yang didapatkan, tentunya Anda akan menemukan laba kotor dan laba bersih yang dihitung per periode. Buatlah margin antara HPP (Harga Pokok Penjualan) untuk laba kotor dan total pendapatan yang telah dikurangi dengan total pengeluaran. Baca juga: 5 Tips Memulai Usaha Fotocopy dengan Baik

Beberapa Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik

Pusat Fotokopi menyediakan berbagai macam pilihan mesin fotocopy berkualitas yang dapat Anda gunakan dalam membangun bisnis usaha fotocopy. Berbagai macam fitur juga tersedia sesuai dengan tipe-tipe mesin fotocopy mulai dari fitur fotocopy warna, memiliki 2 tray untuk dapat melakukan fotocopy dalam permintaan yang banyak, dan lainnya. Selain itu, kami juga menyediakan mesin fotocopy second dengan kualitas yang tetap terjamin. Berikut ini beberapa rekomendasi dari Pusat Fotokopi khusus untuk Anda:
  • Canon Image Runner 2425 Platen: Mesin fotocopy ini dapat Anda akses melalui komputer dan memiliki kecepatan fotocopy sekitar 25 lembar per menit
  • Fuji Xerox DC S2320: Jika Anda membutuhkan mesin fotocopy dengan 2 tray, silakan gunakan Fuji Xerox DC S2320
  • Epson WorkForce Pro WF-C579R: Selain mesin fotocopy, kami juga menyediakan printer yang dapat mendukung kegiatan usaha fotocopy Anda
Sekian pembahasan dari Pusat Fotokopi mengenai 4 cara membuat pembukuan usaha fotocopy yang mudah dan jika Anda membutuhkan rekomendasi mesin fotocopy lainnya, silakan hubungi Pusat Fotokopi sekarang juga dan kami akan memberikan rekomendasi terbaik khusus untuk Anda. banner sewa mesin fotocopy
Analisa Keuntungan Usaha Fotocopy yang Perlu Anda Tahu

Analisa Keuntungan Usaha Fotocopy yang Perlu Anda Tahu

Bagaimana cara menghitung analisa keuntungan usaha fotocopy? Usaha fotocopy merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Kebutuhan masyarakat untuk menggunakan jasa fotocopy sangatlah tinggi mulai dari anak sekolah, kuliah, hingga karyawan banyak yang membutuhkan jasa fotocopy. Dengan demikian, Anda bisa mencoba peluang bisnis di bidang jasa fotocopy. Namun, seberapa besar keuntungan dari sebuah usaha fotocopy? Berapa modal awal yang harus dikeluarkan? Dalam artikel ini, kami akan mengupas secara tuntas mengenai seluk beluk dunia bisnis fotocopy yang perlu Anda coba.

Analisa Keuntungan Usaha Fotocopy

Untuk dapat menghitung analisa keuntungan usaha fotocopy, maka kami akan membuat rincian mengenai modal awal dan perhitungan hasil penjualan selama sebulan. Simak rinciannya berikut ini:

1 . Modal Awal yang Disiapkan

Berikut ini, kami menyediakan rincian untuk modal awal yang perlu Anda siapkan dengan spesifikasi mesin fotocopy standar dan lokasi yang digunakan untuk membuka usaha fotocopy ini adalah rumah sendiri. Berikut list modal yang perlu Anda keluarkan di awal, yaitu:
  • 1 unit mesin fotocopy Fuji Xerox DC S2320 – 1 Tray: Rp22.500.000
  • 1 unit etalase alumunium: Rp3.000.000
  • 1 buah alat pemotong kertas dan perlengkapan lainnya: Rp2.000.000
  • 10 rim kertas fotocopy HVS (70 gram): Rp500.000 (total)
  • Biaya listrik 1 bulan pertama: Rp300.000
Dengan demikian, total modal awal yang perlu Anda keluarkan adalah sebesar Rp28.300.000 Baca juga: Meraup Keuntungan dari Buka Usaha Fotocopy

2 . Perhitungan Keuntungan

Setelah Anda mengetahui modal awal yang perlu disiapkan untuk membuka sebuah usaha fotocopy di rumah, sekarang mari kita hitung perkiraan keuntungan kotor per bulan yang Anda dapatkan:
  • 10 rim dokumen yang di-fotocopy x 500 lembar x Rp200: Rp1.000.000
  • Jasa laminating dan jilid: Rp300.000 
Dengan demikian, Anda mendapatkan keuntungan sekitar Rp1.300.000 per bulan. Akan tetapi, nominal ini bisa lebih tinggi apabila Anda menerapkan harga yang berbeda untuk harga fotocopy bolak-balik ataupun jasa untuk membesarkan atau mengecilkan hasil fotocopy. Selain itu, Anda bisa melihat beberapa tips di bawah ini untuk meningkatkan keuntungan bisnis fotocopy Anda. Baca juga: Tips dan Cara Bisnis Fotocopy untuk Pemula

Tips Dalam Menjalankan Usaha Fotocopy

Berikut ini ada 4 tips yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan usaha fotocopy Anda, yaitu:

1 . Pilih Lokasi Strategis

Lokasi sangat berperan penting dalam segala jenis usaha, termasuk usaha fotocopy. Anda dapat membuat usaha fotocopy di lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus, dan juga gedung perkantoran untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. 

2 . Gunakan Mesin Fotocopy Berkualitas

Pilihlah mesin fotocopy yang berkualitas karena mesin fotocopy merupakan aset jangka panjang yang dapat digunakan untuk waktu yang lama. Tentu saja, Anda juga harus bisa merawat mesin fotocopy yang dimiliki untuk memperpanjang usia penggunaannya. 

3 . Jual Produk dan Jasa Tambahan

Jika Anda mengunjungi tempat fotocopy, pasti setiap pemilik usaha tersebut mempunyai berbagai jenis produk dan jasa lainnya yang ditawarkan seperti menjual alat tulis, membuka jasa print, dan bahkan ada juga yang menjual minuman dingin atau makanan ringan. Dengan demikian, pemasukan yang didapatkan tidak hanya bersumber dari fotocopy saja tapi juga dari produk dan jasa lainnya yang Anda tawarkan.

4 . Tingkatkan Pelayanan

Pastikan Anda memiliki pelayanan yang baik dan juga cepat karena usaha fotocopy merupakan salah satu usaha yang sering membuat antrian panjang. Anda dapat mencari sebuah karyawan toko untuk membantu Anda dan memperbanyak mesin fotocopy sehingga tentu saja pelanggan akan puas dan pemasukan akan lebih meningkat. Sekian informasi mengenai analisa keuntungan usaha fotocopy yang dapat kami berikan untuk Anda. Jika Anda ingin melihat mesin fotocopy berkualitas lainnya, silakan kunjungi Pusat Fotokopi sekarang juga dan cari apa yang dibutuhkan saat ini! banner sewa mesin fotocopy
WhatsApp chat