Popular Categories

From Our Blog

cara memperbaiki power supply mesin fotocopy IR 5000

Cara Memperbaiki Power Supply Mesin Fotocopy IR 5000 Dengan Mudah

Salah satu kendala yang sering dialami oleh pemilik mesin fotocopy adalah mesin yang tiba-tiba tidak bisa menyala. Padahal kabel sudah di colokan pada sumber daya. Setelah mengecek berbagai hal, ternyata power supply yang menjadi masalahnya. Kejadian ini tentu akan bisa membuat Anda rugi. Secara waktu dan juga materi. Berikut ini adalah cara memperbaiki power supply mesin fotocopy IR 5000 yang bisa Anda coba sendiri.

 

Cara Memperbaiki Power Supply Mesin Fotocopy IR 5000

Canon IR 5000 adalah mesin fotocopy yang memiliki kemampuan sangat baik untuk usaha fotocopy ataupun perkantoran besar. Anda dapat melakukan fotocopy dan scan hingga ukuran kertas maksimum A3. Didukung juga dengan kecepatan cetak hingga 50 lembar per menit. Mesin ini juga memiliki fitur standar seperti copy, print, dan juga scan yang begitu membantu dalam kegiatan perkantoran. Spesifikasi mesin ini secara lengkap adalah sebagai berikut ini:

 

Model : Canon iR 5000 / Canon iR 6000
Standard Functions : Copy, Print , Scan B/W, Fax (Optional)
Paper Size : Copy B/W, Print B/W, Scan B/W, Fax (Optional)
Copy Speed : Up to 50/60 ppm
Resolution : 2400 (equiv.) x 600 dpi
Device Memory : 192MB
Hard Drive : 10GB
Duplex : Yes
Network Interface : 10/100BaseT, Parallel
Other Interface : NetSpot Version 3.2.2
Power Consumption : –
Warm-Up : iR5000 – 5 minutes max, iR6000 – 6 minutes max

 

Mesin fotocopy yang lebih kecil biasanya akan menggunakan rangkaian standar 120 volt, 15 amp dengan stop kontak yang biasa Anda lihat. Mesin fotocopy yang lebih besar akan membutuhkan lebih banyak daya untuk bekerja dengan benar. Mesin ini biasanya membutuhkan rangkaian 120 volt, 20 amp dengan saluran khusus. Ini berarti bahwa sirkuit ini tidak dapat dibagi dengan elektronik lainnya. Tidak boleh ada soket ekstensi yang digunakan bersama oleh beberapa perangkat di sini.

Baca juga: Cara Memperbaiki HVT Canon IR 5000 yang Mudah

Lakukan Pengecekan Terlebih Dahulu

Sebelum mencoba untuk mengganti atau memperbaiki power supply, pastikan Anda mengecek beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan kabel Power mesin fotocopy terpasang dengan baik, dan listrik anda dalam keadaan hidup. Untuk mesin 110 Volt pastikan trafo sudah terpasang dengan baik dan benar serta tegangan yang dikeluarkan 110 Volt AC sudah ada.
  • Periksa tegangan input pada power supply menggunakan multimeter di skala voltase AC 250 Volt. Apabila input tegangan ini tidak terdapat 110V AC untuk mesin 110 maka dapat dipastikan kerusakan terdapat pada switch On/Off. 
  • Pastikan kabel – kabel elektronik mesin fotocopy tidak ada kerusakan atau putus yang biasanya disebabkan oleh tikus yang masuk kedalam bagian body mesin. 

Jika sudah memeriksa hal ini, dan benar bahwa kerusakan terjadi pada power supply, saran pertama yang kami berikan adalah untuk segera menggantinya. Bagian ini cukup vital jika Anda mencoba untuk memperbaikinya sendiri tanpa keahlian apapun.

Namun, jika Anda berencana untuk memperbaikinya, maka coba periksa bagian resistor bagian trigger yang nilainya 47K  2 buah di dekat trafo dan yang berwarna kuning 100K di dekat elco. Kemungkinan besar 2 bagian inilah yang mengalami masalah. Anda bisa memperbaikinya dengan mengganti komponen ini dengan yang baru.

Itulah dia cara memperbaiki power supply mesin fotocopy IR 5000. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi.

banner sewa mesin fotocopy

cara mengirim file dari mesin fotocopy ke komputer

Inilah Cara Mengirim File dari Mesin Fotocopy ke Komputer dengan Mudah

Banyak mesin fotocopy sekarang menyertakan fitur tambahan seperti pemindaian dan faks. Kenyamanan memiliki mesin fotocopy yang dapat memindai dokumen dan mengirimnya ke komputer akan memudahkan pengiriman dokumen melalui email ke klien atau perusahaan. Memindai dokumen sehingga disimpan ke komputer Anda tidak sulit setelah Anda terbiasa dengan fungsi mesin fotocopy khusus Anda. Dengan menekan satu tombol, sebagian besar mesin fotocopy dengan cepat memindai dokumen Anda untuk disimpan atau dikirim melalui email nanti. Berikut ini adalah cara mengirim file dari mesin fotocopy ke komputer dengan mudah.

 

Cara Mengirim File dari Mesin Fotocopy ke Komputer

Saat ini sudah banyak mesin fotocopy yang dibekali kemampuan untuk bisa menyimpan file hasil fotocopy atau scan. File ini nantinya akan bisa dipindahkan ke perangkat komputer Anda untuk bisa disimpan atau diedit secara lebih lanjut. Kemampuan ini akan bisa membantu Anda untuk berhemat, sehingga tidak perlu lagi membeli mesin scan. Cukup dengan mesin fotocopy, Anda sudah bisa mengerjakan berbagai macam hal. Untuk bisa memindahkan file ini, ada beberapa langkah yang harus bisa Anda ikuti. Di bawah ini adalah panduan yang akan bisa diikuti. Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1

Nyalakan mesin fotocopy dan komputer Anda. Periksa apakah mesin fotocopy Anda terhubung ke komputer sebelum Anda mulai.

Langkah 2

Letakkan dokumen pada mesin fotocopy dengan sisi yang dicetak menghadap ke bawah pada kaca.

Langkah 3

Tekan tombol “Scan” untuk memulai proses pemindaian. Ikuti langkah-langkah di layar pada mesin fotocopy atau di komputer Anda untuk merek mesin fotocopy khusus Anda.

Langkah 4

Pastikan gambar yang dipindai akurat. Jika tidak, setel ulang dokumen pada mesin fotocopy dan scan kembali. Jika tidak, klik “Berikutnya” atau “OK” untuk menyelesaikan proses pemindaian.

Baca juga: Cara Menyimpan Hasil Scan Di Mesin Fotocopy

Fuji Xerox Docucentre S2320, Rekomendasi Mesin Fotocopy yang Bisa Menyimpan File

Mesin yang satu ini memiliki berbagai kemampuan unggul termasuk menyimpan file hasil scan dan mengirimnya ke komputer. Selain itu ada berbagai keunggulan lainnya, seperti:

  • Print merupakan salah satu fitur tambahan untuk mempermudah menggandakan dokumen dalam bentuk file ke hard copy.
  • Two side adalah sebuah fitur dimana Anda bisa menyalin secara bolak-balik otomatis, yang sangat mempermudah pekerjaan.
  • SHORTER dapat memilah hasil cetakan menjadi perset tanpa harus memilah ulang proses pencetakan.
  • Sharpes adalah sebuah kemampuan untuk mempertajam cetakan dari tulisan pensil / carbon supaya hasilnya dapat terbaca.
  • Zoom adalah fitur yang dapat memperbesar ataupun memperkecil dokumen.
  • Image type berguna untuk mempertegas produk cetak mulai dari text biasa sampai gambar.
  • Mirror merupakan fitur yang bisa membuat membuat produk cetakan secara terbalik.

Berbagai keunggulan ini akan bisa membantu kegiatan kantor ataupun usaha fotocopy Anda. Tidak usah ragu lagi, dan dapatkan informasi penting mengenai mesin Fuji Xerox Docucentre S2320 hanya di Pusat Fotokopi.

Itulah dia cara mengirim file dari mesin fotocopy ke komputer. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya, serta berbagai macam info seputar mesin fotocopy. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi.

banner sewa mesin fotocopy

Cara Fotocopy KTP Sejajar dengan Mudah di Mesin Fotocopy Canon IR 2425 DADF

Dalam berbagai urusan dan administrasi, fotocopy KTP masih menjadi syarat wajib yang harus Anda penuhi. Untuk mem-fotocopy KTP dengan benar, Anda bisa mempelajari caranya. Semua jenis mesin fotocopy akan bisa menjalankan tugas yang satu ini. Maka Anda tidak perlu repot belajar, karena rasanya tidak terlalu sulit. Kali ini kami akan mengajarkan cara fotocopy KTP sejajar bagi yang memiliki mesin Canon IR 2425 DADF. Perhatikan informasi yang ada di bawah ini.

 

Cara Fotocopy KTP Sejajar Canon IR 2425 DADF

Mesin fotocopy Canon IR 2425 DADF memiliki banyak keunggulan yang bisa menguntungkan. Baik untuk penggunaan dalam usaha ataupun perkantoran. Beberapa keunggulan dari mesin yang satu ini adalah:

 

1. Penggunaan Yang Mudah

Dapat mencetak dokumen dengan cepat, karena memiliki kecepatan mencetak 25 lembar per menit. Dilengkapi dengan teknologi DADF dan juga Duplex. Tidak ketinggalan layar panel yang berukuran 7 inch dengan teknologi touch screen, dan dilengkapi Stylus Pen. Tentunya akan semakin memudahkan pekerjaan Anda.

 

2. Keamanan Yang Maksimal

Kemampuan remote printing melalui komputer dan kontrol melalui uniFLOW dan juga sistem keamanan yang bisa melindungi Anda dari malware. Dengan itu dapat menghindari kebocoran informasi perusahaan yang penting dengan menghapus berbagai dokumen yang tidak sengaja di print.

 

3. Konektivitas Yang Tidak Terbatas

Komplit dengan wifi dan memiliki kemampuan mobile printing. Ditambah juga dengan teknologi USB dan Network Ready.

Secara lengkap, spesifikasi dari mesin yang satu ini adalah:

Machine Type A3 Monochrome Laser Multifunctional
Core Functions Print, Copy, Scan, Send and Optional Fax
Control Panel 7 inch TFT LCD WVGA color Touch panel
Memory Standard: 2.0GB RAM
Storage Use area: 30GB (eMMC)
Interface Connection NETWORK

Standard: 1000Base-T/100Base-TX/10Base-T, Wireless LAN (IEEE 802.11 b/g/n)

OTHERS

Standard: USB 2.0 (Host) x3, USB 2.0 (Device) x1

Paper Supply Capacity (A4, 80gsm) Standard: 330 sheets

Maximum: 580 sheets (with Cassette Feeding Module-AK1)

Paper Output Capacity (A4, 80 gsm) Standard: 250 sheets

Maximum: 250 sheets

Finishing Capabilities Standard model: Collate, Group
Warm-up Time

(Quick start mode:ON)

4 Seconds or Less*1

From Sleep Mode: 10 seconds or less

12 Seconds or Less*2

Dimensions (W x D x H) With Platen Cover-AA1: 627 x 665 x 516 mm

With DADF-AZ2: 627 x 692 x 616 mm

Installation Space (W x D) 1065 x 1285 mm
Weight With Platen Cover-AA1: Approx. 34.9 kg including toner

With DADF-AZ2: Approx. 39.9 kg including toner

Print Speed (ppm) Up to 25 ppm (A4), Up to 12 ppm (A3), Up to 11 ppm (A4R)
Print Resolution (dpi) 600 x 600
Page Description Languages Standard: UFRII

Optional: PCL6, Adobe®PostScript®3™

Printing from Mobile and Cloud AirPrint, Mopria, Google Cloud Print, Canon Business PRINT and uniFLOW Online
Copy Speed (BW) Up to 25 ppm (A4), up to 12 ppm (A3), up to 11 ppm (A4R)
First-Copy-Out Time (A4) (BW) Approx. 7.4 seconds or less
Copy Resolution (dpi) 600 × 600
Multiple Copies Up to 9,999 copies
Copy Density Automatic or Manual (9 Levels)
Magnification 25% – 400% (1% Increments)

Preset reduction/enlargement: 25%, 50%, 61%, 70%, 81%, 86%, 100%, 115%, 122%, 141%, 200%, 400%

Scan
Type Optional:

Duplexing Automatic Document Feeder [2-sided to 2-sided] (DADF-AZ2) or Platen Cover (Platen Cover-AA1)

Supported Media Sizes Platen: Max. scanning size: 297.0 x 432.0 mm

Document Feeder media size:

A3, A4, A4R, A5, A5R, B4, B5, B5R

Custom size: 139.7 x 148.5 mm to 297.0 x 432.0 mm

Scan Speed (ipm: BW/CL; A4) DADF-AZ2:

1-sided Scanning: 35/25 (300 dpi, send), 25/13 (600 dpi, copy)

2-sided Scanning: 12/8 (300 dpi, send), 8/4 (600 dpi, copy)

Scan Resolution (dpi) Scan for Copy: up to 600 x 600

Scan for Send:

(Push,BW) up to 600 x 600, (Pull,BW) up to 600 x 600

(Push,CL) up to 300 x 300, (Pull,CL) up to 300 x 300

Scan for Fax: up to 600 x 600

Pull Scan Specifications Color Network ScanGear2. For both TWAIN and WIA

Supported OS: Windows® 7/8.1/10

Windows® Server 2008/Server 2008 R2/Server 2012/Server 2012 R2/Server 2016

Scan Method Push scan, Pull scan, Scan to Network, Scan to memory media (USB Memory Key), Scan to Mobile Devices, Scan to cloud-based services (uniFLOW)

Baca juga: Cara Fotocopy KTP Atas Bawah Canon IR 5000 dengan Mudah

Cara fotocopy KTP Sejajar

Anda tinggal mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Tandai kertas Anda yang menunjukan dari hasil yang sejajar
  2. Letakkan KTP yang akan digandakan di atas kaca printer
  3. Tekan tombol print
  4. Tunggu beberapa saat hingga hasil fotocopy keluar
  5. Posisikan KTP Anda pada tempat yang sebelumnya sudah ditandai
  6. Masukan kembali kertas ke dalam tray, dengan posisi yang sama sebelumnya
  7. Klik Start
  8. Proses fotocopy sudah selesai

Seperti itulah cara fotocopy KTP sejajar di mesin Canon IR 2425 DADF. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi.

banner sewa mesin fotocopy

WhatsApp chat