Popular Categories

From Our Blog

Apa Manfaat Menggunakan Mesin Fotokopi Di Dalam Perusahaan?

Apa Manfaat Menggunakan Mesin Fotokopi Di Dalam Perusahaan?

Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya-tanya apa manfaat menggunakan mesin fotokopi di dalam perusahaan. Aktivitas kantor pada umumnya selalu berhubungan dengan dokumen-dokumen perusahaan dalam bentuk fisik kertas. Maka dari itu, mesin fotocopy dapat menunjang kebutuhan mencetak atau menyalin dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan.

 

Apalagi dengan fitur-fitur pada mesin fotocopy yang terus dikembangkan untuk memudahkan aktivitas di kantor seperti scan dokumen, menyimpan data scan pada fitur mailbox, hingga fitur koneksi jaringan internet yang dapat berfungsi untuk mengirimkan data dari mesin fotocopy ke komputer, tentunya semua fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat untuk kegiatan perkantoran. Mari kita lihat lebih lanjut apa manfaat menggunakan mesin fotokopi di bawah ini.

 

Apa Manfaat Menggunakan Mesin Fotokopi yang Perlu Anda Ketahui

Dari perkembangan fitur-fitur pada mesin fotocopy, dengan memiliki mesin fotocopy sendiri di perusahaan maka Anda dapat merasakan beberapa manfaat seperti:

 


  1. Cost Efficiency

Manfaat pertama yang Anda dapatkan dari memiliki mesin fotocopy adalah cost efficiency. Coba Anda hitung berapa banyak biaya copy dan print dokumen yang dikeluarkan oleh kantor Anda setiap tahunnya dan bandingkan dengan harga sebuah unit mesin fotocopy yang dapat digunakan bertahun-tahun. Sudah pasti biaya operasional yang dikeluarkan bisa lebih ditekan dan tentunya dapat dialokasikan untuk biaya operasional lainnya yang lebih dibutuhkan untuk kegiatan perkantoran Anda. Mesin fotocopy merupakan salah satu inventaris kantor yang sangat menguntungkan dari segi keuangan perusahaan.

 

  1. Menghemat Waktu

Pekerjaan di perusahaan akan lebih efisien dan hemat waktu dengan mesin fotocopy. Hal ini dikarenakan fitur-fitur pada mesin fotocopy yang dapat memudahkan aktivitas perkantoran seperti scan, send, mailbox, hingga fitur untuk mengirimkan dokumen langsung ke mesin fax tanpa harus dicetak atau di-print terlebih dahulu. Selain itu, Anda dapat memindahkan hasil scan pada mesin fotocopy secara langsung dengan menghubungkannya dengan komputer perusahaan melalui koneksi internet. Mesin fotocopy saat ini sudah dikemas secara canggih untuk memenuhi kebutuhan konsumen, khususnya untuk kebutuhan dalam dunia perkantoran.

 

  1. Kerahasiaan Dokumen Terjamin

Memiliki mesin fotocopy sebagai inventaris perusahaan tentunya juga lebih menguntungkan dari segi kerahasiaan dokumen. Apalagi dengan fitur scan pada mesin fotocopy saat ini yang dapat disimpan pada mesin fotocopy tersebut. Bukan tidak mungkin ada human error yang mengakibatkan dokumen penting Anda tersebar di luaran sana. Oleh karena itu, jika Anda memiliki mesin fotocopy sendiri di perusahaan, kerahasian dokumen tentunya akan lebih terjamin.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Fotocopy

Apakah Perawatan Mesin Fotocopy Membutuhkan Treatment Khusus?

Ketika Anda sudah memiliki mesin fotocopy sendiri di dalam perusahaan, pastinya Anda berharap bahwa mesin tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa langkah perawatan pada mesin fotocopy untuk menjaga keawetannya dan juga agar hasil print dan scan dapat lebih jernih. Berikut ini beberapa cara perawatan pada mesin fotocopy yang perlu dilakukan:

  • Membersihkan bagian roll karet yang berfungsi untuk menarik kertas yang ingin dicetak masuk ke dalam mesin fotocopy
  • Membersihkan bagian drum roll dengan menggunakan brasso untuk membersihkan sisa toner yang digunakan untuk mencetak kertas
  • Membuang sisa toner pada bagian sistem pembuangan
  • Mengelap meja kaca atau bagian pada mesin fotocopy yang digunakan untuk scan dokumen dengan kain dan alkohol
  • Membersihkan keseluruhan bodi mesin fotocopy
  • Lakukan seluruh cara di atas secara berkala 

 

Dapatkan Pilihan Mesin Fotokopi Berkualitas Di PusatFotokopi

PusatFotokopi mempunyai beberapa rekomendasi mesin fotocopy berkualitas yang dapat Anda pilih seperti Canon IR Adv 4245i yang memiliki fitur paling canggih untuk mendukung kegiatan perkantoran atau Fuji Xerox DC SC2022 CPS yang merupakan mesin fotocopy warna.

Silakan cek website PusatFotokopi untuk melihat rekomendasi produk lainnya dan dapatkan harga promo sekarang juga!

banner sewa mesin fotocopy

Cara Menyimpan Hasil Scan Di Mesin Fotocopy

Cara Menyimpan Hasil Scan Di Mesin Fotocopy

Tahukah Anda bahwa ada cara menyimpan hasil scan di mesin fotocopy? Jika selama ini Anda hanya mengetahui sistem kerja mesin fotocopy adalah dengan scan lalu langsung dicetak, maka dalam artikel ini kami akan menyediakan informasi penting tentang bagaimana cara menyimpan hasil scan di mesin fotocopy yang dapat memudahkan pekerjaan Anda dan tentunya berguna bila Anda membutuhkan dokumen itu kembali di masa yang akan mendatang.

 

Bagaimana Cara Menyimpan Hasil Scan Di Mesin Fotocopy?

Seiring berkembangnya dunia teknologi, demikian pula fitur-fitur pada mesin fotocopy terus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan pelanggan. Adapun fitur-fitur yang ada pada teknologi mesin fotocopy terkini adalah:

    • Duplex: Scan dua sisi tanpa harus membolak balik halaman depan belakang
    • Fax: Mengirimkan langsung hasil scan dokumen tanpa harus dicetak terlebih dahulu dan dimasukkan ke dalam mesin fax
    • Send: Mengirimkan langsung hasil scan dokumen ke komputer ataupun hardisk atau USB
  • Mailbox: Tempat penyimpanan data hasil scan

 

Setelah Anda mengetahui fitur-fitur mesin fotocopy terkini, sekarang mari kita pelajari cara menggunakan fitur-fitur  untuk scan dokumen di mesin fotocopy untuk menyimpan hasil scan dokumen Anda.

 


  1. Scan Dokumen yang Ingin Disimpan

Langkah pertama untuk menyimpan hasil scan di mesin fotocopy tentunya dengan menyiapkan dokumen yang ingin di-scan terlebih dahulu. Jika dokumen yang akan di-scan berupa kertas dengan halaman bolak balik, Anda bisa menggunakan fitur duplex yang dapat langsung melakukan scan dua sisi. 

 

Pilih fitur scan pada mesin fotocopy lalu Anda tinggal melakukan scan seluruh dokumen, tanpa perlu melakukan scan dan save secara terpisah. Anda juga bisa melakukan penyetelan scan seperti warna dan ukuran sebelum melakukan scan.

Baca juga:

  1. Gunakan Fitur Mailbox untuk Menyimpan Hasil Scan

Setelah semua dokumen di-scan, maka langkah selanjutnya adalah menyimpan hasil scan Anda pada fitur mailbox. Fitur ini mengandalkan hardisk yang terinstal pada mesin fotocopy Anda. Tentunya, Anda harus memperhatikan kapasitas penyimpanan pada mesin fotocopy tersebut. 

 

Anda bisa menyimpan hasil scan ini selama apapun yang Anda inginkan dan bisa dicetak atau di-print kapanpun Anda membutuhkan hasil scan tersebut. Mudah sekali bukan cara menyimpannya?

 

  1. Ubah Ke Dalam Bentuk Softcopy Sesuai Kebutuhan

Tidak hanya bisa disimpan ke dalam mesin fotocopy, Anda juga bisa mengubah hasil scan tersebut menjadi file pdf untuk kemudian disimpan di dalam komputer atau USB. Untuk memindahkan data dari mesin fotocopy ke komputer, Anda perlu menghubungkan internet pada mesin fotocopy dan juga komputer yang Anda tuju. Jangan lupa juga untuk melakukan install software mesin fotocopy yang Anda gunakan agar dapat terbaca pada komputer Anda. 

 

Dapatkan Mesin Fotocopy Berkualitas Di PusatFotokopi

Nah, mudah sekali bukan cara menyimpan hasil scan di mesin fotocopy? Anda hanya perlu untuk memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia untuk memudahkan pekerjaan Anda dan tentunya dengan hasil yang maksimal. Selain itu, teknologi mesin fotocopy terkini juga sudah dilengkapi dengan sistem internet yang dapat langsung terhubung ke komputer Anda sehingga data dokumen yang telah di-scan oleh mesin fotocopy ataupun data softcopy yang ingin Anda print dapat dilakukan secara praktis.

 

Kami mempunyai beberapa pilihan rekomendasi mesin fotocopy yang sudah dilengkapi dengan koneksi WiFi seperti Canon Image Runner 2425 Platen, Fuji Xerox DC S2320, dan terakhir adalah mesin fotocopy untuk menghasilkan cetakan berwarna yaitu Canon IR C3020.

Silakan mengunjungi website PusatFotokopi untuk melihat pilihan mesin fotocopy berkualitas dan dapatkan promo menarik sekarang juga!

Sewa Rental Mesin Fotocopy

Cara Menghitamkan Hasil Fotocopy Canon IR 3045

Cara Menghitamkan Hasil Fotocopy Canon IR 3045

Kegiatan fotocopy adalah sebuah bentuk kegiatan yang sangat umum kita jumpai saat ini. Mulai dari pelajar hingga pekerja pasti sudah tidak asing juga dengan yang namanya fotocopy. Hasil copy yang jelas dan tajam, tentu menjadi keinginan kita, karena informasi yang coba kita sampaikan akan lengkap dan tidak kurang. Namun jika hasil fotocopy buram, kurang jelas, atau kurang hitam, maka informasi kita bisa saja tidak tersampaikan dengan baik. Jika masalah ini terjadi, kamu bisa ikuti cara menghitamkan hasil fotocopy Canon IR 3045 berikut ini. Cara ini akan cocok kamu lakukan jika kamu memiliki mesin Canon ini.

Mengenal Mesin Fotocopy Canon IR 3045

Canon IR 3045 yang merupakan mesin dengan teknologi Monochrome Digital Multifunction Imaging System ini memiliki kecepatan cetak hingga 45 ppm dan resolusi 600 x 600 dpi. Sangat cocok jika Anda menggunakan mesin ini untuk usaha fotocopy Anda. Dengan opsi tambahan fax dan send to email, mesin ini menjadi makin komplit untuk memenuhi segala kebutuhan all in one fotocopy di era teknologi.

Dengan berbagai keunggulan di atas, jika mesin fotocopy Anda mendapatkan hasil yang buram atau tidak jelas, berarti ada sesuatu yang salah pada mesin milik Anda

Penyebab Hasil Fotocopy Kurang Hitam

Berikut ini adalah beberapa penyebab hasil fotocopy yang kurang hitam.

  1. Kondisi Drum yang Rusak

Salah satu alasan dari hasil fotocopy yang buram adalah drum pada mesin fotocopy Anda sedang mengalami masalah. Toner kotor atau benda asing akan bisa menggores drum ataupun drum yang berada dalam keadaan lembab akan membuat hasil yang tidak maksimal. 

  1. Kualitas Tinta yang Kurang Bagus

Kualitas tinta menjadi hal yang patut Anda jadikan perhatian Tinta yang memiliki kualitas yang buruk akan bisa mempengaruhi mesin atau hasil fotocopy Anda. Tinta yang tidak sesuai untuk mesin Anda adalah alasan lain mengapa hasil fotocopy milik Anda kurang maksimal

  1. Kondisi Cleaning Blade yang Tidak Baik

Cleaning blade akan berfungsi untuk membersihkan permukaan drum ketika proses pencetakan telah selesai. sisa-sisa toner hasil pencetakan akan tertinggal pada drum mesin fotocopy Anda. Untuk bisa menjaga kebersihan permukaan drum maka harus dipastikan bahwa kondisi cleaning blade selalu terjaga. 

Ketika bagian ini tidak berfungsi dengan benar, maka ada sisi di drum yang pastinya tidak bersih. Hal ini bisa menjadi penyebab hasil fotocopy kurang baik, buram, ataupun bergaris-garis.

  1. Pengaturan Pada Mesin

Selain masalah teknis di atas, hasil fotocopy yang kurang hitam juga bisa dikarenakan pengaturan yang masih belum tepat. Setiap mesin memiliki pengaturan yang bisa Anda ubah untuk mendapatkan hasil fotocopy yang lebih hitam.

Baca Juga: 6 Penyebab Hasil Fotocopy Kurang Baik

Inilah Cara Menghitamkan Hasil Fotocopy Canon IR 3045

Pada mesin Canon IR 3045, Anda akan bisa mengatur tingkat kehitaman dari hasil fotocopy Anda. Jika Anda belum tahu akan hal ini, maka Anda bisa mengikuti berbagai langkah berikut ini:

  1. Tekan tombol additional function
  2. Masuk service mode dengan menekan angka 2 dan 8 secara bersamaan
  3. Setelah itu kembali tekan tombol additional function
  4. Pilih Copier
  5. Masuk ke menu Adjust
  6. Lalu pilih Dens
  7. Atur Dens-ADJ, semakin besar angka, semakin hitam hasil fotocopy Anda
  8. Klik OK

Setelah itu Anda bisa mencoba seberapa hitam hasil yang Anda inginkan pada mesin Canon IR 3045 milik Anda.

Seperti itulah cara menghitamkan hasil fotocopy Canon IR 3045. Ikuti tips ini jika Anda mengalami hal seperti ini. Kunjungi PusatFotokopi untuk mengetahui berbagai produk mesin fotocopy terbaik dengan pilihan suku cadang terlengkap saat ini.

WhatsApp chat