Popular Categories

From Our Blog

printer

Langkah-Langkah Sharing Printer

Sharing printer merupakan fungsi yang dapat diterapkan apabila printer hanya memiliki 1 port yaitu kabel usb dan komputer lain dapat print tanpa terkoneksi langsung ke printer.Bagi yang belum menerapkan sharing, biasanya digunakan dengan cabut colok ke komputer yang ingin cetak dan dipindah-pindah sehingga membuat repot dan tidak efektif.

Ada cara dengan sharing sehingga menjadi cara yang paling efektif untuk mempersingkat waktu mencetak ataupun scan apabila printer sudah support. Bagi yang tidak memiliki banyak waktu dan tidak ingin membuangnya dengan percuma, cara sharing printer bisa dipakai. Perangkat ini cukup dibutuhkan terutama di kalangan pekerja di kantor. Oleh karena itu, tak sedikit dari mereka yang penasaran bagaimana caranya agar terkoneksi ke komputer lainnya.

Hal ini juga dapat diterapkan di perangkat lainnya yang sudah multifungsi.
Efektif dan efisien, tidak perlu beli banyak printer. Tentu saja, bagi yang memiliki banyak komputer dan satu printer saja, cara ini bikin hemat biaya.
Hal yang perlu diingat adalah komputer yang terkoneksi ke printer harus selalu on agar komputer yang lain bisa print.

printer

Hal-hal yang perlu disiapkan

Ada hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan sharing, yaitu mengaktifkan pengaturan file and printer sharing.
Selain mengaktifkan pengaturan file and printer sharing, harus tahu settingan password dan protected sharing apabila menggunakan password.

Langkah-langkah membuat printer sharing :

1. Buka menu start, lalu control panel
2. Klik pilihan network and internet
3. Pilih opsi network and sharing center
4. Kemudian klik change advanced sharing setting
5. Pastikan turn on pada file and printer sharing
6. Lalu scroll ke bawah untuk pilihan password protected sharing
7. Klik opsi turn off untuk tulisan password protected sharing
8. Klik tombol save change

Cara sharing printer melalui LAN :

• Akses menu Settings
• Lalu pilih Devices
• Klik menu Printer & scanners
• Pilih printer yang ingin disharing
• Kemudian klik Manage
• Pilih Printer properties dan klik Sharing
• Cek mark kotak pada Share this printer
• Di kolom Share name, isikan nama atau deskripsi baru printer yang akan disharing
• Klik tombol Apply dan klik OK
• Printer sudah akan tersedia di komputer atau laptop lainnya

Sekarang beralih ke komputer atau leptop yang ingin ditambahkan jenis printer dan melakukan hal-hal sebagai berikut :

1. Buka menu Settings
2. Klik Devices dan pilih Printer & scanners
3. Klik tombol Add a printer or scanner
4. Jika belum berhasil, pilih opsi the printer that I want isn’t listed. Pilih select a shared printer by name
5. Mencari printer yang dibagikan secara lebih cepat, dengan memilih opsi browse
6. Setelah menemukan printer yang dibagikan, tekan Next
7. Apabila diminta menginstal driver printer, pilih next untuk menyelesaikan instalasi. Input nama koneksi printer. Di tahap ini, bisa menamakannya dengan network printer.
8. Lanjut klik next lalu pilih finish

Cara Sharing Printer dengan Wifi :

• Pada prinsipnya sama dengan sharing menggunakan jaringan LAN
• Cek koneksi wifi
• Pastikan komputer sudah terhubung ke printer
• Persiapkan printer yang akan digunakan
• Cek driver telah terinstall di komputer
• Pilih open network and sharing center
• Atur sharing pada printer
• Klik next, tunggu sebentar hingga sharing selesai
• Cari device and printers, cek ulang kembali apakah sudah ada tambahan printer baru
• Pada komputer yang lainnya sama dengan proses jaringan LAN dengan add printer yang telah dishare
• Setelah selesai, lakukan uji print
• Klik printer properties, di dokumen yang akan dicetak, pilih printer lalu klik print

 

Cara Sharing Printer dengan Mac OS :

1. Pastikan driver printer sudah ada
2. Aktifkan opsi sharing printer.
3. Buka system preferences di menu sebelah pojok kiri atas, lalu klik internet & network
4. Klik sharing kemudian tandai seluruh kotak cek pada printer sharing di bagian kiri menu sharing
5. Jika printer yang digunakan memiliki scan, centang opsi scanner sharing
6. Masuk ke pilihan print & scan pada system preferences
7. Pilih printer yang ingin dishare akan muncul di daftar sisi kiri jendela. Pilih dan klik share this printer on the network
8. Sharing printer sudah dapat digunakan

Sharing printer ini juga dapat diterapkan di mesin fotocopy dengan merk Canon, Fuji Film, Epson dan Kyocera yang sudah terdapat fitur print, cara instalasi pun sama dengan langkah-langkah di atas, yang membedakan hanya jenis driver saja.

Baca juga : Cara Print di Mesin Fotocopy

Tetapi apabila sudah tersedia port LAN dan wifi, bisa langsung diinstall di komputer atau leptop sehingga tidak bergantung ke komputer yang selalu on terhubung ke printer.

 

Fitur Penting di Mesin Fotokopi

Membongkar Fitur-Fitur Penting pada Mesin Fotokopi: Optimalisasi Produktivitas di Tempat Kerja

Mesin fotokopi, atau sering disebut sebagai fotokopi atau mesin cetak multi-fungsi, merupakan salah satu perangkat yang sangat penting di lingkungan kantor dan bisnis. Dalam evolusi teknologi, mesin fotokopi telah mengalami perkembangan yang signifikan, tidak hanya dalam hal fungsi dasar menyalin dokumen, tetapi juga dengan penambahan berbagai fitur canggih untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi di tempat kerja. Artikel ini akan membahas sejumlah fitur penting yang seharusnya ada pada mesin fotokopi.

Canon IR 2224N

Kecepatan Cetak

Mesin fotokopi yang efisien harus memiliki kecepatan cetak yang sesuai dengan kebutuhan, ada yang rendah dengan kecepatan 20 lembar per menit, sedang atau medium 20-30 lembar per menit dan yang tinggi di atas 40 lembar per menit. Kecepatan cetak yang baik akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyalin dokumen, memungkinkan pekerjaan selesai lebih cepat dan efisien.

Kemampuan Pemindaian

Pemindaian berkualitas tinggi penting untuk menghasilkan salinan atau file digital yang jelas dan tajam. Mesin fotokopi dengan pemindaian resolusi tinggi memastikan bahwa dokumen yang dipindai tetap terlihat profesional dan dapat diandalkan. Semakin tinggi resolusi yang dibutuhkan akan lebih lambat kecepatan mesin fotocopy karena membutuhkan detail yang lebih banyak. Apabila kebutuhan berupa text maka tidak membutuhkan resolusi mesin yang tinggi.

Fungsi Duplex (Pencetakan Dua Sisi):

Kemampuan mencetak dua sisi dari sebuah dokumen (duplex) dapat membantu mengurangi penggunaan kertas dan membawa dampak positif pada lingkungan serta biaya operasional. Fitur ini juga meningkatkan efisiensi penggunaan kertas di tempat kerja. Apabila menggunakan duplex biasanya disertakan juga dengan fitur adf (automatic document feeder) yang berada di atas kaca mesin fotokopi

Kapasitas Kertas

Mesin fotokopi yang handal harus memiliki kapasitas kertas yang memadai untuk menangani volume pekerjaan yang besar tanpa sering-sering harus mengisi kertas ke dalam tray. Ini dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi intervensi pengguna. Apabila volume pemakaian sedikit tidak membutuhkan tray yang besar

Layar Sentuh

Layar sentuh yang intuitif dan mudah digunakan dapat mempermudah pengguna dalam mengakses dan mengelola fungsi. Fitur ini simple karena tombol hanya sedikiti. Beberapa type masih juga menggunakan panel tombol terutama mesin portable

Fungsionalitas Jaringan:

Mesin fotokopi yang terhubung ke jaringan memungkinkan berbagai pengguna untuk menggunakan perangkat dari beberapa komputer atau perangkat seluler. Jaringan ini memfasilitasi berbagi sumber daya dan meningkatkan kolaborasi di tempat kerja. Jaringan yang tersedia bisa berupa kabel, wifi ataupun kedua fungsi ini tersedia. Apabila jaringan melalui kabel atau wifi tidak tersedia dapat alternatif menggunakan sharing ke komputer melalui kabel usb.

Keamanan Dokumen

Fitur keamanan seperti enkripsi data dan penguncian dokumen dapat membantu melindungi informasi rahasia atau dokumen yang sensitif. Keamanan yang baik pada mesin fotokopi menjadi lebih kritis di era di mana kebocoran informasi dapat memiliki dampak serius. Hal sederhana yang terdapat di mesin umumnya berupa pin untuk membuka panel mesin dan security print, hal lainnya yang sedikit kompleks scan to email yang dapat berkoordinasi dengan IT.

Fleksibilitas Media

Mesin fotokopi umumnya digunakan untuk kertas yang biasa standard, sedangkan yang dapat menangani jenis media untuk spesifik seperti kertas tebal, kertas foto terbatas typenya.

Teknologi Pencetakan Mobile:

Integrasi dengan teknologi pencetakan dan scan melalui mobile memungkinkan pengguna untuk mencetak dari perangkat seluler mereka. Ini meningkatkan fleksibilitas dan memungkinkan produktivitas di luar lingkungan kantor tradisional.

Fungsi Pemrosesan Gambar dan Text:

Mesin fotokopi modern harus dapat memproses gambar dan teks dengan baik. Kemampuan ini bermanfaat ketika menyalin dokumen yang mencakup elemen grafis atau mencetak materi promosi perusahaan.

Fungsi Pemrograman Tugas (Job Programming):

Fitur ini memungkinkan pengguna memprogram tugas yang sering diulang untuk eksekusi cepat dan mudah. Ini berguna untuk pekerjaan berulang atau pengaturan pekerjaan khusus yang sering digunakan. Type ini sudah dapat dijumpai di type yang terbaru yang dapat dicustomize di layar monitornya sehingga mempersingkat langkah copy.

Mudah Dalam Perawatan:

Mesin fotokopi yang mudah dirawat dan memerlukan sedikit intervensi pengguna untuk perawatan sehari-hari dapat menghemat waktu dan biaya dalam jangka panjang. Type mesin yang baru sudah menggunakan unit-unit dalam komponen sehingga apabila ada kerusakan dapat langsung mengganti unit komponennya.

Fungsi Warna (Jika Diperlukan):

Jika mesin fotokopi digunakan untuk mencetak materi pemasaran atau dokumen yang memerlukan elemen visual, kemampuan mencetak warna dengan kualitas tinggi menjadi penting.

people, business, meeting

Mesin fotokopi yang dilengkapi dengan fitur-fitur di atas dapat memberikan nilai tambah yang signifikan pada lingkungan bisnis. Dengan teknologi yang terus berkembang, fitur-fitur ini terus diintegrasikan untuk memenuhi tuntutan pengguna dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Pemilihan mesin fotokopi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dapat membantu memastikan bahwa Anda dapat mengoptimalkan potensi teknologi tersebut untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Hubungi kami untuk konsultasi jenis mesin yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau kantor di PusatFotokopi.com

 

WhatsApp chat