Popular Categories

From Our Blog

fotokopi jarak jauh disebut dengan

Fotokopi Jarak Jauh Disebut dengan Faximile, Tapi Bagaimana Caranya?

Revolusi industri 4.0 membuat instansi berlomba-lomba menggalakkan digitalisasi. Kendati begitu, faktanya masih banyak instansi yang tetap memerlukan dokumen asli (fisik berupa kertas) untuk menilai keabsahan dokumen tersebut.

Oleh karena itu, teknologi fotokopi hingga kini masih banyak dipertahankan. Mesin seperti Fuji Xerox DC s2320, Canon IR 2006n DADF, Canon IR 2625, dan Canon IR 1643i yang terkenal akan kualitasnya masih cukup banyak berada dalam daftar pengadaan barang instansi. 

Selain itu, mesin fotocopy jarak jauh pun turut masuk dalam pengadaan inventaris instansi. Adapun dalam bahasa yang lebih familier, fotokopi jarak jauh disebut dengan faximile.

Telegram vs Faximile vs Fotokopi

Faximile atau yang biasa disebut dengan faks berasal dari kata ‘fac simile’ yang berasal dari bahasa Latin dan berarti ‘membuat salinan yang sama dengan aslinya’ (make similar). Teknologi ini merupakan pengembangan dari telegram, yakni mesin untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh dengan menggunakan morse sebagai kode komunikasinya.

Seperti telegraf, faks pun memungkinkan pengiriman dan penerimaan informasi dari jarak jauh. Hanya saja, bentuk informasi pada faks adalah salinan dokumen asli—seperti fotokopi standar pada umumnya.

Cara Kerja Faximile

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fotokopi jarak jauh disebut dengan faximile. Namun, apakah hal tersebut berarti cara kerja mesin fotokopi sama dengan cara kerja mesin faks?

Jawabannya: tidak. Fasilitas faximile baru dapat dilakukan jika pihak penerima dan pengirim sama-sama mempunyai mesin faks dan telepon. Selain itu, proses penyalinan dokumen menggunakan fax menerapkan prinsip konversi sinyal listrik, sedangkan mesin fotokopi menerapkan prinsip listrik statis.

Untuk mempermudah pemahaman cara kerja faks, perhatikan uraian berikut.

  1. Pengirim memasukkan dokumen yang akan dikirim pada bagian feeder.
  2. Pengirim menekan nomor telepon mesin faks yang dituju.
  3. Jika koneksi antara pengirim dan penerima telah terhubung, maka proses scanning akan dimulai dengan tahapan sebagai berikut.
  1. Mesin faks sisi pengirim mengubah hasil scanning ke dalam bentuk sinyal listrik—daerah yang terang akan dikodekan sebagai ‘1’ dan daerah yang gelap akan dikodekan sebagai ‘0’.
  2. Sinyal listrik ditransmisikan melalui saluran telepon menuju penerima.
  3. Mesin faks sisi penerima akan mengubah sinyal listrik (kode 1 dan 0) tersebut ke dalam bentuk aslinya untuk kemudian dicetak.

Mesin faks juga membutuhkan kertas khusus yang disebut thermal paper. Kertas ini sensitif terhadap panas dan dipenuhi oleh bahan kimia yang akan berubah warna saat dipanaskan. 

Kendati demikian, dalam praktiknya di dunia bisnis, thermal paper tidak dapat diakui sebagai sebuah bukti nyata dalam hukum undang-undang—kecuali sudah lebih dulu disalin. Pasalnya, tinta pada thermal paper relatif gampang luntur (terutama jika disimpan dalam waktu lama maupun terkena sinar matahari) dan tergulung.

Baca juga: Ini 4 Tipe Mesin Fotokopi Connect to Android Terbaik

Pilihan Pengiriman Faximile

Faks adalah alternatif untuk pengiriman salinan dokumen langsung dalam bentuk fisik (hardcopy) dalam waktu singkat. Adapun dalam berdasarkan waktu pengirimannya, sebuah mesin faks menawarkan tiga pilihan pengiriman sebagai berikut.

Mode Standard

Mode ini memungkinkan pengiriman terjadi dalam waktu cukup singkat, tetapi kualitas salinannya standar (dalam beberapa kasus bahkan dapat dinilai buruk).

Mode fine

Mode ini memungkinkan pengiriman terjadi dalam waktu sedikit lebih lama, tetapi kualitas salinannya lebih baik dibandingkan mode standard.

Mode Superfine

Mode ini memungkinkan pengiriman terjadi dalam waktu lebih lama lagi, tetapi kualitas salinannya paling baik di antara ketiga mode.

Demikianlah informasi tentang faks, teknologi fotokopi jarak jauh yang masih banyak digunakan di berbagai instansi hingga saat ini. Semoga bermanfaat!

fotokopi ktp

Fotokopi KTP Anti Ribet Dengan Cara Ini

Kendati Indonesia telah menerapkan sistem E-KTP, faktanya masih banyak sistem yang belum terintegrasi dengan data kependudukan. Oleh karena itu, beberapa proses administrasi biasanya masih membutuhkan fotokopi KTP sebagai syarat kelengkapannya.

Namun, ukuran KTP yang relatif kecil terkadang tak sebanding dengan ukuran kertas yang tersedia. Jika hanya melakukan fotokopi KTP sebanyak satu buah, tentu disayangkan, bukan? Di sisi lain, jika harus menggandakan KTP dalam jumlah banyak sekaligus—apalagi bolak-balik—tentu akan ribet, bukan?

Jawabannya: tentu saja…. jika masih menggunakan mesin fotokopi analog. Kini, perangkat dengan fungsi utama menggandakan dokumen dengan praktis sudah dibekali dengan teknologi digital. Contoh yang paling banyak direkomendasikan adalah Canon seri IR (Image Runner), seperti Canon IR 3045, 3245, IRA 4051, IRA 6075, IRA 6275 yang memiliki fungsi image repeater dan cocok untuk fotokopi KTP dalam jumlah yang banyak.

Cara Fotokopi KTP Jumlah Banyak dalam Satu Lembar

Untuk membuat fotokopi KTP dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu lembar menggunakan mesin fotokopi digital pun tidaklah sulit. Sebagai gambaran, berikut adalah cara menggandakan KTP menjadi banyak sekaligus dalam satu lembar kertas menggunakan mesin fotocopy Canon

  1. Letakkan KTP di sisi kiri atas pada permukaan kaca area scanner secara horizontal. Hindari untuk meletakkan KTP terlalu mepet pada pembatas (keluar area scanner).
  2. Pilih Special Features pada layar LCD mesin fotokopi.
  3. Tekan Image Repeat.
  4. Isilah kolom X dan Y sesuai jumlah yang akan dicetak. X merupakan banyaknya fotokopi KTP yang akan dicetak ke samping (baris), sedangkan Y merupakan banyaknya fotokopi KTP yang akan dicetak ke bawah (kolom).
  5. Tekan OK, lanjutkan dengan tekan DONE.
  6. Tekan Two-Sided.
  7. Pilih Paper Select untuk memilih jenis ukuran yang akan digunakan: A4, F4, atau yang lainnya sesuai kebutuhan.
  8. Tekan tombol Start. Mesin fotokopi akan mulai melakukan scanning bagian KTP yang menghadap ke bawah (kaca).
  9. Balik KTP dengan posisi seperti sebelumnya—tetapi beri jarak sekitar 1 cm dari tepi kiri.
  10. Tekan tombol Start. Mesin fotokopi akan mulai melakukan scanning bagian KTP yang satunya.
  11. Klik Done.
  12. Selesai.

Sangat mudah, bukan? Kini hanya dengan langkah-langkah sederhana, Anda bisa lakukan sendiri dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, menawarkan solusi fotokopi KTP sekaligus seperti ini kepada pelanggan juga akan meningkatkan keuntungan. Pun tentu saja, tak ada lagi sisa kertas yang terbuang sia-sia.

Baca juga: Tips Mencari Sebuah Mesin Fotocopy dibeli dengan Harga Murah

Memilih Perangkat yang Tepat

Selain Canon IR, masih banyak mesin fotokopi digital lainnya yang dapat memberi fitur ini. Namun yang mana pun opsinya, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut saat memilih mesin fotokopi digital.

Sesuai Kebutuhan

Di samping ukuran (dimensi), fitur sebuah mesin fotokopi juga berbeda-beda antara satu dan lainnya. Pilihlah yang benar-benar sesuai kebutuhan dengan mempelajari terlebih dahulu spesifikasinya.

Memilih Distributor Berkualitas

Umumnya mesin fotokopi di Indonesia dijual via distributor. Belilah perangkat dari distributor terpercaya yang jual mesin fotocopy dan melihat track record-nya.

Ketersediaan Suku Cadang dan Service Center

Pilih perangkat dengan suku cadang yang mudah ditemui dan mempunyai jaringan service center yang luas. Hindari membeli mesin fotokopi yang tidak memenuhi kondisi ini untuk memudahkan Anda nantinya saat harus memperbaiki mesin yang bermasalah dan membutuhkan perbaikan cepat.

Memastikan Garansi

Distributor berkualitas dan kredibel biasanya akan menyertakan garansi untuk produk yang ditawarkan. Perhatikan syarat dan ketentuan serta jangka waktu garansi yang diberikan.

Demikianlah informasi tentang cara fotokopi KTP dalam jumlah banyak sekaligus tanpa ribet. Semoga bermanfaat!

kertas nyangkut di mesin fotocopy

Cara Mengatasi Kertas Nyangkut di Mesin Fotocopy

Untuk Anda yang baru buka usaha fotocopy mungkin ada salah satu permasalahan yang sering terjadi pada mesin fotokopi adalah paper jam atau kertas nyangkut di mesin fotocopy. Masalah ini umumnya ditandai dengan menyalanya indikator jam paper di panel layar. Pada dasarnya permasalahan ini cukup ringan, namun bisa jadi menjengkelkan jika terus terjadi. Apalagi ketika Anda memiliki seabrek dokumen yang harus segera difotokopi. 

Masalah paper jam bisa diatasi dengan mudah asalkan Anda tahu lokasi kertas tersangkut. Sebenarnya apa penyebab kertas tersangkut dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasan penyebab serta cara mengatasi kertas nyangkut di mesin fotocopy.

Penyebab Kertas Macet di Mesin Fotocopy

Kertas macet atau paper jam yang terjadi terus menerus dapat mengganggu. Apalagi Anda harus mengopi banyak dokumen dalam waktu yang telah ditentukan. Nah, ketika hal ini terjadi, Anda harus tahu penyebabnya. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kertas macet di mesin fotokopi. 

  • Rol karet aus

Salah satu penyebab kertas tersangkut adalah karena rol karet di mesin fotokopi dalam kondisi aus. Rol karet yang aus menyebabkan proses masuk kertas menjadi kurang lancar.

  • Gramatur kertas yang halus

Semakin halus kertas semakin tinggi risiko terjadinya paper jam. Oleh karena itu, penggunaan gramatur kertas 70 gram ke atas sangat disarankan untuk mengopi.

  • Kertas lembab

Penyebab lainnya adalah karena keadaan kertas yang lembap. Kondisi ini bisa membuat kertas mudah kusut sehingga ketika kertas dimasukkan potensi kertas tersangkut menjadi lebih besar. 

Baca juga: Panduan Cara Setting Kertas F4 di Mesin Fotocopy Canon

Cara Mengatasi 

Cara mengatasi kertas tersangkut di mesin fotokopi akan berbeda tergantung di mana lokasi kertas macet. Oleh karena itu, pahami lokasi-lokasinya dan cara mengatasinya. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Tersangkut di pemanas (exit roll)

Jika kertas macet di bagian pemanas, pastikan Anda membuka penutup (cover) samping. Buka pegangan (handle) yang terdapat pada pemanas. Lalu, tarik kertas yang tersangkut. Pastikan setelah kertas ditarik, penutup ditutup kembali.

  • Tersangkut pada tray

Kertas ‘nyangkut’ di bagian tray 2, 3, dan 4 juga sering terjadi. Pada dasarnya penanganan yang dilakukan hampir sama. Buka penutup samping, penutup bypass, dan penutup bagian samping bawah. Setelah semua penutup dibuka, tarik kertas yang macet secara perlahan. Setelah kertas berhasil ditarik, kembalikan semua penutup yang tadi dibuka ke posisi semua.

  • Tersangkut di bagian duplex (bolak-balik)

Cara mengatasi kertas nyangkut di mesin fotocopy di bagian duplex adalah dengan membuka penutup (cover) duplex samping dan penutup samping. Setelah masing-masing penutup dibuka, kertas yang tersangkut ditarik secara pelan. Setelah kertas ditarik, kembalikan semua penutup ke posisi semula.

  • Tersangkut di roll transfer

Penanganan yang harus segera dilakukan ketika kertas macet di area roll transfer adalah dengan membuka bagian penutup (cover) samping. Setelah penutup dibuka, tarik kertas yang macet secara perlahan. Pastikan setelah kertas berhasil ditarik penutup harus ditutup kembali.

  • Tersangkut di bagian ADF 

Masalah kertas yang tersangkut di bagian ADF (Automatic Document Feeder) juga sering terjadi. Jika kertas macet di bagian tersebut, buka penutup atas ADF dan roll. Putar roda yang terdapat pada roll berlawanan arah jarum jam. Setelah itu, tarik kertas yang macet secara perlahan searah putaran roda. Setelah berhasil, tutup kembali penutup tersebut.

Inilah cara penanganan kertas nyangkut di mesin fotocopy. Pahami bagian-bagian lokasi paper jam agar Anda bisa mengatasi permasalahan dengan cepat. Namun, apabila semua cara di atas tidak berhasil, segera hubungi teknisi mesin fotokopi

WhatsApp chat