tips memulai photocopy

5 Tips Memulai Usaha Fotocopy dengan Baik

Usaha fotocopy adalah sejenis usaha yang memerlukan kelihaian memilih peluang. Ini artinya bahwa usaha fotocopy bisa berjalan lancar jika pemilik usaha bisa melihat peluang yang tepat untuk memulai usaha fotocopy. Bagi Anda yang berencana membuka usaha fotocopy, ada beberapa tips memulai usaha fotocopy yang bisa ditiru berikut ini:

 

1. Perencanaan yang Matang

Untuk memulai sebuah usaha, sama halnya dengan memulai usaha fotocopy tentu saja Anda harus merencanakannya dengan matang. Dengan perencanaan yang sudah Anda susun, Anda pun bisa memulai usaha dengan baik. Susun strategi usaha fotocopy yang akan Anda jalankan, secara perlahan Anda pun bisa memulai langkah demi langkah dengan baik untuk mencapai tujuan usaha Anda.

 

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Jika sudah menyusun strategi dan rencana usaha, kini saatnya memilih lokasi usaha yang tepat. Sebab hal mutlak penentu pengembangan usaha dalam jangka panjang adalah lokasi usaha. Dengan tempat yang sesuai untuk memulai bisnis fotocopy ini, Anda pun lebih mudah mengembangkan bisnis tersebut. Pilih lokasi-lokasi di lingkungan kampus, sekolah, instansi pemerintah atau perkantoran, sehingga bisa menunjang perkembangan bisnis fotocopy yang Anda jalankan.

 

3. Modal Bisnis Fotocopy

Modal yang Anda butuhkan untuk bisnis fotocopy sebenarnya cukup mahal. Namun Anda tak akan merugi jika Anda bisa merancang usaha fotokopi dengan baik, mengingat prospek bisnis fotocopy yang sangat menjanjikan.  Untuk menghitung modal usaha fotocopy, pastikan Anda telah mendaftar kebutuhan peralatan produksi terlebih dulu, seperti etalase kaca, laptop/PC, mesin fotocopy, printer foto, meja kursi PC, ATK yang bisa dijual, dan meja kursi. Anda bisa membeli mesin fotocopy di pusatfotokopi.com. Selain itu, perkiraan modal yang diperlukan kurang dari Rp. 50 jutaan.

 

4. Biaya Bulanan yang Ringan

Untuk memulai usaha fotocopy, Anda juga harus mempertimbangkan biaya bulanan. Namun tenang saja, biaya bulanan usaha fotocopy ini sangat ringan sekitar Rp 3 jutaan saja. Terlebih lagi, jika penghasilan karyawan di tempat Anda lebih rendah dari Rp. 1 juta misalnya. Anda tentu hanya memerlukan biaya pembelian kertas 100 RIM sebesar Rp. 2,3 juta, gaji pegawai Rp. 900 ribu, dan biaya listrik, air, dsb untuk 1 bulan sekitar Rp. 150 ribu.  Bisa dikatakan hanya Rp. 3.350.000/bulan.

 

5. Pastikan Kelengkapan Toko

Kelengkapan toko juga menjadi faktor penentu variasi jasa/layanan yang bisa Anda berikan pada konsumen atau pelanggan. Contohnya dengan tersedianya alat jilid spiral, hal ini secara otomatis bisa menjadi media promosi tersendiri. Sebab konsumen atau pelanggan akan mengetahui bahkan Anda juga melayani jilid spiral. Kemudian konsumen yang datang akan menyampaikan lagi ke calon konsumen atau pelanggan lainnya sehingga semakin meningkatkan peluang banyaknya pengunjung yang datang ke toko fotocopy Anda.

 

Jika Anda berniat memulai usaha fotocopy, persiapkan budget terlebih dulu untuk membeli mesin fotocopy berkualitas di https://pusatfotokopi.com/ untuk menunjang usaha Anda!

WhatsApp chat