Toner mesin fotocopy

Tips memilih Toner Fotocopy

Dalam menghasilkan gambar dan teks berkualitas baik pada kertas dalam fotocopy, diperlukan komponen-komponen berkualitas bagus. Salah satu yang paling utama adalah toner mesin fotocopy. Jika toner yang digunakan baik, maka hasilnya pun baik. Begitu juga sebaliknya. Maka dari itulah, penting bagi Anda untuk memilih toner yang bagus tersebut. Berikut beberapa tipsnya yang bisa Anda terapkan.

 

Apa Itu Toner Mesin Fotocopy?

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis fotocopy tentu sudah mengenal toner sebagai komponen utama dalam prinsip kerja mesin fotocopy. Namun, bagi Anda yang awam mungkin saja belum memahaminya. Pada dasarnya, toner ini merupakan bubuk atau serbuk halus dalam fotokopi maupun mesin laser. Fungsinya adalah untuk membentuk sebuah gambar maupun teks yang ada dalam kertas. Penggunaan toner ini dapat dilihat kualitasnya jika menggunakan kertas putih.

Jenis Toner Mesin Fotocopy

Berdasarkan jenisnya, toner dibedakan menjadi dua jenis. Hal ini tergantung pada jenis mesin fotocopy yang digunakan. Secara umum, jenis toner tersebut adalah toner positif dan toner negatif. Berikut penjelasan dan perbedaan dari kedua jenis tersebut.

  • Toner positif merupakan toner yang hanya digunakan pada mesin fotocopy tertentu. Kelemahannya adalah, toner ini tidak bisa digunakan untuk banyak merk. Bahkan hanya tersedia untuk satu merk saja. Contohnya untuk toner positif yang khusus digunakan untuk mesin fotocopy digital di antaranya ialah Canon IR 550, IR600, IR7200, IR8500 dan IR 105.
  • Toner negatif adalah toner yang paling banyak dijual di toko peralatan fotocopy. Berbeda dari toner positif, penggunaannya dapat digunakan untuk berbagai macam merek. Selain itu, memiliki tingkatan kualitas yang berbeda pula.

Tips Memilih Toner Mesin Fotocopy

Untuk memilih toner, ada tips mendasar yang penting untuk diperhatikan. Tips dasar tersebut berlaku bagi Anda yang baru memulai bisnis fotocopy maupun sudah lama menekuni bisnis ini. Langkah awalnya adalah pilihlah toner yang mempunya merk yang jelas. Dalam hal ini ditandai dengan adanya cap pada kemasan toner. Jika tidak ada, dikhawatirkan toner tersebut merupakan produk palsu.

Pastikan pula toner tersebut cocok untuk mesin fotocopy milik Anda. Sebab, beberapa mesin fotocopy memiliki toner yang berbeda-beda. Contohnya jika mesin fotocopy Anda menggunakan merk Canon IR tipe 105, Anda tidak bisa menggunakan toner untuk toner Canon tipe IR 5000/6000/6570. Lalu, Anda harus memperkirakan dan memastikan jika untuk satu kilogram toner tersebut mampu digunakan untuk 20 ribu lembar copy. Inilah ukuran standar terbaik.

Membeli Toner Mesin Fotocopy

Selain tips di atas, dalam memilih toner juga perlu diperhatikan toko penjual toner tersebut. Hal ini sangat penting agar Anda mendapatkan toner dengan kualitas terbaik. Bagi Anda yang masih pertama kali terjun dalam dunia bisnis fotokopi, berikut tips memilih toko terbaik untuk mendapatkan toner mesin fotokopi.

 

 

  • Pastikan Toner yang Anda Pilih Ada

Tips yang pertama adalah pastikan toner yang Anda pilih tersebut tersedia. Toner ini sepeti dijelaskan di atas terdiri dari dua jenis. Yakni toner yang positif dan toner negatif. Untuk jenis toner positif hanya digunakan untuk produk tertentu saja. Beda halnya dengan toner negatif yang digunakan hampir di semua merek. Jadi, pastikan toner tersebut tersedia di toko mesin fotocopy khususnya jika Anda membelinya berupa toner positif.

  • Perhatikan Reputasi Tokonya

Kedua adalah perhatikanlah reputasi toko yang menjual toner fotocopy. Saat ini, selain membelinya langsung Anda bisa mendapatkan toner ini melalui toko online. Apabila membeli di toko online, perhatikan reputasinya dan kualitas produk yang dijual. Caranya Anda bisa melihat testimoninya di internet atau menanyakannya secara langsung kepada orang yang pernah membeli di toko tersebut. Bila testimoninya baik, maka toko tersebut layak dipilih. Namun, sebaliknya jika pelayanannya kurang baik sebaiknya carilah toko online yang menjual toner lainnya.

  • Cek Perbandingan Harga di Pasaran

Hal ketiga dan tidak kalah pentingnya adalah perhatikan harga yang ditawarkan antar toko. Baik itu untuk toko online maupun toko yang menjual peralatan fotocopy langsung. Janganlah terkecoh dengan harga yang murah, sebab bisa saja toner tersebut meski harganya murah bahan yang digunakan tidaklah berkualitas. Sehingga ketika digunakan akan merusak mesin fotocopy milik Anda. Maka, mengantisipasi hal tersebut sebaiknya perbandingkanlah harga toner di berbagai toko dengan kisaran yang wajar. Tidak masalah Anda membeli toner dengan harga cukup mahal, namun kualitasnya sebanding dan dapat membuat mesin fotocopy menjadi awet.

Itulah beberapa tips penting untuk Anda ketika memilih toner mesin fotocopy terbaik agar awet dan mesin fotocopy tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat dan jangan sampai salah pilih toner mesin fotocopy setelah Anda membaca ulasan ini!

WhatsApp chat