tips memilih mesin fotocopy

Agar Awet, Ini 5 Tips Memilih Mesin Fotocopy yang Benar

Mesin fotocopy adalah salah satu alat usaha dan perlengkapan penting dalam kantor. Sebagai alat usaha, mesin fotocopy adalah alat utama yang menentukan operasional usaha. Jika mesin ini rusak sedikit saja, bisa dijamin usaha Anda akan ikut terpengaruh. Begitu juga dengan mesin fotocopy yang digunakan di perkantoran. Ada kerusakan atau error sedikit saja, tentu aktivitas di kantor akan terhambat.

Oleh sebab itu, jika Anda saat ini sedang mencari mesin fotocopy, entah itu untuk usaha ataupun kebutuhan kantor, ikuti tips memilih mesin fotocopy yang benar supaya awet dan minim masalah.

Jangan tertipu cashing depan

Salah satu trik yang digunakan oleh produsen atau distributor dalam memasarkan barangnya adalah mempercantik tampilan luar atau chasing. Tampilan luar suatu barang ini akan dipoles sedemikian rupa untuk menarik perhatian calon pelanggan. Dengan begitu, calon pelanggan akan tergoda untuk membeli dan ‘lupa’ dengan kualitas barang.

Oleh sebab itu, jangan langsung terpikat dengan mesin fotocopy hanya dengan melihat tampilan luar. Meski dari luar mesin tersebut tampak mewah, hebat, dan canggih, kamu perlu cek dulu bagian dalam mesinnya. Apakah komponen yang digunakan sama bagus dengan tampilan luarnya? Jika komponen di dalamnya buruk, percuma saja Anda membeli karena dijamin tidak akan bertahan lama.

Pastikan kualitas drum mesin fotocopy baik

Salah satu komponen dalam mesin fotocopy yang disinggung di atas tadi adalah bagian drum. Bagian ini menjadi sangat vital bagi sebuah mesin fotocopy karena menentukan kualitas cetakan yang dihasilkan. Saat Anda akan membeli sebuah mesin fotocopy, cobalah untuk mencetak atau menggandakan sebuah dokumen tanpa menutup bagian kaca scanner.

Dengan begitu, Anda bisa melihat seberapa bagus kualitas cetakan yang dihasilkan oleh drum mesin fotocopy tersebut. Semakin pekat dan rata hasil cetakan yang dihasilkan, maka semakin baik kualitas drum mesin fotocopy tersebut.

Beli mesin fotocopy dengan garansi resmi distributor terpercaya

Keberadaan garansi pada sebuah mesin fotocopy menentukan kualitas mesin tersebut. Ini adalah sebuah jaminan yang menyatakan mesin fotocopy tersebut memang benar-benar bagus. Pastikan Anda membeli hanya mesin fotocopy bergaransi resmi dari distributor yang terpercaya. Jangan membeli mesin fotocopy tanpa garansi meskipun harganya lebih murah. Jangan pula membeli mesin fotocopy yang berasal dari distributor abal-abal.

Garansi ini juga memudahkan Anda jika ada kendala pada mesin. Jika mesin fotocopy yang Anda beli tidak bergaransi, maka saat ada kerusakan, Anda harus melakukan service dan perbaikan dengan memanggil teknisi. Tapi jika mesin Anda bergaransi, saat ada kerusakan, Anda tinggal membawanya ke distributor atau produsen dan klaim garansi untuk perbaikan. Hal ini pasti lebih mudah dan murah.

Perhatikan merek mesin fotocopy

Merek mesin fotocopy seperti Xerox dan Canon adalah merek yang sudah terpercaya dan terjamin kualitasnya. Merek ini juga selalu direkomendasikan untuk Anda yang butuh mesin fotocopy untuk usaha ataupun kebutuhan kantor. Meski harganya jauh lebih mahal dari merek lain yang kurang dikenal, namun ini adalah investasi jangka panjang. Akan jauh lebih baik jika Anda mengeluarkan uang dalam jumlah besar di awal dan mesin tersebut awet hingga lama, daripada beli dengan harga murah namun mesin sering mengalami kerusakan.

Cek rekomendasi dan review pengguna

Tips memilih mesin fotocopy agar tidak salah dan bisa awet bertahun-tahun adalah cek rekomendasi dan review pengguna sebelumnya. Ada baiknya, sebelum membeli, Anda lihat dulu beberapa mesin fotocopy yang direkomendasikan untuk usaha maupun kebutuhan kantor. Jangan lupa juga lihat review orang-orang yang sudah menggunakan mesin fotocopy tersebut. Apakah kualitasnya benar-benar baik dan sesuai dengan harganya, atau mesin tersebut malah sering bermasalah? Dengan begitu, kamu bisa menentukan mana yang paling baik.

 

Bagaimana, mudah bukan menerapkan tips memilih mesin fotocopy di atas? Kalau Anda sedang mencari mesin fotocopy untuk usaha atau kebutuhan kantor, bisa cek beberapa rekomendasinya di Pusat Fotokopi!

WhatsApp chat