Solusi Mengatasi Hasil Fotocopy Belang

Solusi Mengatasi Hasil Fotocopy Belang

Saat hendak memperbanyak dokumen penting, terkadang mesin fotocopy mengalami masalah. Salah satu masalah yang paling umum adalah hasil fotocopy belang. Biasanya, terdapat garis hitam melintang atau garis melintang kosong (tanpa tinta) pada hasil fotocopy belang.

Untuk permasalahan yang satu ini, ada banyak penyebabnya. Bagaimana solusi lengkap untuk megatasi hasil fotocopy belang ini? Berikut ini adalah solusinya untuk Anda

 

Ganti Roll Regist Mesin Fotocopy 

Hasil fotocopy belang bisa jadi karena kondisi roll regist pada mesin fotocopy yang sudah tidak rata lagi. Saat roll regist sudah tidak rata, akan muncul belang putih pada hasil fotocopy. Untuk memeriksa kondisi roll regist ini, Anda dapat membuka mesin dan melihat atau meraba roll. Jika roll regist terasa renggang, ini berarti Anda perlu segera menggantinya dengan roll regist yang baru.

 

Bersihkan Bagian Corona

Begitu Anda selesai mengganti roll regist dan mencoba mesin fotocopy ternyata hasilnya masih sama, Anda bisa mencoba solusi kedua ini. Coba periksa bersihkan bagian corona pada mesin fotocopy. Pada bagian corona ini, terdapat kawat wayer. Jika kawat wayer ini kotor, maka hasil fotocopy belang lebih sering terjadi.

Bersihkan bagian kawat wayer ini. Atau jika dirasa perlu, Anda juga bisa menggantinya dengan kawat wayer yang baru demi hasil fotocopy yang lebih bagus pula nantinya.

 

Bersihkan Bagian Drum dengan Benar

Penyebab lainnya yang cukup umum membuat hasil fotocopy belang adalah karena ada masalah pada bagian drum mesin. Hal ini karena bagian drum adalah komponen penting yang mempengaruhi hasil cetak. Tidak heran bila hasil fotocopy jadi tidak maksimal saat bagian ini kotor. Gunakan cairan braso saat akan membersihkan drum. Tunggu sampai benar-benar kering, lalu pasang kembali pada mesin fotocopy.

 

Ganti Magnet Roll yang Aus

Ada banyak bagian pada mesin fotocopy yang jika tidak dalam kondisi baik dapat membuat hasil fotocopy belang. Termasuk satu bagian kecil di dalam mesin, yakni magnet roll pada mesin fotocopy. Seringkali, bagian magnet roll ini sudah aus karena sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama. Periksakan juga bagian magnet roll lainnya. Jika terdapat beberapa magnet roll yang aus, segera ganti dengan yang baru agar mesin fotocopy dapat menghasilkan cetakan yang bagus.

Baca juga: Cara Mengetahui Toner Habis

Pastikan Kertas Tidak Lembap

Pada ruang penyimpanan kertas di mesin fotocopy, seringkali kertas menjadi lembap. Rasanya memang bukan masalah yang terlalu serius, namun faktanya kertas yang lembap akan membuat tinta toner tidak menempel dengan baik pada kertas tersebut. Jadi, pastikan juga Anda menumpuk kertas tidak terlalu padat, beri ruang yang cukup untuk kertas tersebut.

Sebelum menggunakan mesin fotocopy, sebaiknya periksa dulu kondisi kertas di bak penyimpanan. Raba dengan tangan Anda. Jika terasa lembap, keluarkan kertas sebentar. Lalu, masukkan kembali setelah beberapa saat di luar hingga kertas jadi terasa kering dan garing.

 

Periksa dan Kuras Bagian Develop

Jika mesin fotocopy yang Anda gunakan sudah beroperasi cukup lama, maka bisa jadi bagian develop butuh dikuras. Tujuan dari menguras bagian develop ini adalah untuk membersihkan sisa toner dan toner lama. Toner lama dan sisa-sisa toner bisa jadi salah satu penyebab hasil fotocopy belang dan tidak sempurna.

Kuras bagian develop mesin fotocopy Anda, lalu siapkan tinta toner yang baru. Begitu bagian develop selesai dibersihkan, tunggu hingga kering terlebih dulu baru dipasangkan kembali. Gunakan tinta toner yang baru kemudian.

 

Ubah Pengaturan Program Pada Mesin

Solusi terakhir yang bisa menghilangkan hasil fotocopy belang bisa juga Anda coba dengan cara mengubah pengaturan program mesin fotocopy. Caranya dengan masuk ke Save Mode, lalu pilih menu Copier. Berikutnya pilih Adjust, lalu pilih Develop.

Ubah pengaturan Bias di sana. Semakin tinggi angka yang diatur, maka hasil fotocopy akan semakin hitam (gelap). Ubah juga pengaturan HVT-DE. Ini bisa Anda atur di angka -20 untuk menyeimbangkan hasil fotocopy agar lebih bersih. Terakhir, Anda tinggal kembali ke menu awal lalu restart mesin fotocopy Anda.

Untuk mendapatkan mesin fotocopy terbaik, Anda bisa mempercayakannya kepada dealer resmi mesin fotocopy terbaik di Jakarta dan Banka yaitu Pusat Fotokopi

Dapatkan mesin fotocopy terbaik Anda sekarang juga

banner sewa mesin fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat