Memperbaiki Replace Toner Mesin Fotocopy

Memperbaiki Replace Toner Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy sangat dibutuhkan di dalam mendukung aktivitas pekerjaan perkantoran sehari-hari. Selain itu juga dapat digunakan untuk membuka bisnis usaha fotocopy. Namun bagaimana jika ada masalah replace toner mesin fotocopy?

Masalah ini biasanya muncul melalui layar LCD dengan tulisan “replace waste toner”. Kalau sudah begini, Anda harus mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu baru mulai memperbaikinya. Ingin tahu lebih dalam? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Masalah Replace Toner Mesin Fotocopy

Masalah ini disebabkan oleh limbah mesin fotocopy yang telah penuh dan tidak mampu lagi ditampung. Inilah mengapa muncul peringatan tersebut pada layar mesin fotocopy Anda. Sebenarnya masalah ini sangat mudah diatasi jika Anda tahu bagaimana penyelesaiannya. 

 

Membuang Limbah Toner

Cara mengatasi masalah ini adalah melakukan pembuangan limbah toner. Anda tinggal membuka bagian tersebut lalu membuang isinya. Tidak perlu takut untuk membuka dan mengatasi masalah ini sendiri karena termasuk wajar. Selain itu jangan lupa dibersihkan secara total agar dapat kembali digunakan untuk menampung limbah toner seiring pemakaian mesin fotocopy.

Pembuangan limbah toner seharusnya akan menghilangkan pesan peringatan “replace waste toner” yang muncul di layar mesin fotocopy. Sayangnya, terkadang walau sudah membuang limbah toner, masih tetap saja ada tulisan tersebut. Hal ini membuat Anda harus memahami beberapa cara mengatasi masalah tersebut.

 

Cek Cover

Jika Anda sudah membersihkan tempat penampungan limbah toner, tapi tetap ada pesan peringatan tersebut, coba cek bagian cover waste toner. Biasanya saat Anda sudah selesai membersihkan penampungan limbah toner, malah lupa menutup cover dengan benar. 

Cek kembali apakah cover sudah tertutup dengan benar atau belum. Pastikan bahwa penutupan cover sudah kuat dan rapat. Jika tidak, maka tak aneh kalau pesan peringatan itu masih ada di dalam layar mesin fotocopy Anda.

Baca juga: Mengatasi Hasil Fotocopy Belang

Cek Kuncian

Bagaimana kalau cover sudah tertutup rapat namun masih tetap ada pesan peringatan? Ada beberapa tipe mesin fotocopy dari mesin fotocopy Canon yang memiliki tiga kuncian untuk penutup cover waste toner. Letaknya ada dua di samping dan satu di bawah. Pastikan bahwa ketiga kuncian itu sudah Anda pasang dengan benar. Dengan memasang cover dengan rapat beserta ketiga kuncian tersebut, seharusnya sudah tidak ada lagi pesan peringatan tersebut.

 

Mematikan Mesin

Selain kedua cara di atas, masih ada satu langkah lagi yang dapat Anda lakukan agar pesan peringatan tersebut hilang. Bagaimana caranya? Coba lakukan proses pembersihan limbah waste toner dengan mengikuti pesan ini:

 

*28* — copier — counter — misc — ws toner — clear — ok

 

Kemudian Anda dapat mematikan mesin lalu hidupkan kembali. Proses ini semacam reset mesin agar kembali bekerja mulai dari nol. Semoga dengan mengikuti cara ini, maka Anda dapat kembali menggunakan mesin fotocopy dengan lancar tanpa pesan peringatan “replace waste toner”. 

 

Semoga informasi mengenai cara mengatasi masalah replace toner mesin dapat Anda pahami dan praktikkan. Memiliki mesin fotocopy memang penting untuk kebutuhan perkantoran hingga menjadi salah satu bisnis menguntungkan. Apakah Anda membutuhkan mesin fotocopy berkualitas dengan berbagai fitur menarik, seperti fotocopy warna hingga hitam putih? 

PusatFotokopi telah hadir untuk memberikan Anda solusi terbaik dalam mendapatkan mesin fotocopy berkualitas. Tersedia merek Canon dan Fuji Xerox dengan beragam tipe untuk Anda pilih sesuai kebutuhan.

Penasaran dengan informasi lebih lanjut dari produk pilihan PusatFotokopi? Kunjungi PusatFotokopi sekarang juga!

cara mengganti tinta toner

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat