Perbedaan Scan dan Fotocopy

Saat ini sudah banyak mesin fotocopy yang menggabungkan 2 buah fungsi penting, yaitu kemampuan scanning dan kemampuan untuk mencetak dokumen atau biasa dikenal dengan fotocopy. Keduanya akan menyalin dokumen, namun memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Kali ini kita akan belajar mengenai perbedaan scan dan fotocopy. Yuk, mari kita mulai.

Perbedaan Scan dan Fotocopy

Untuk bisa melakukan scan, kita akan membutuhkan sebuah mesin yang memiliki kemampuan tersebut. Mesin ini biasa disebut sebagai scanner. Jika mesin fotocopy maka hasilnya bisa langsung Anda dapatkan berbentuk hasil cetak pada kertas. Sedangkan untuk scanner, hasilnya akan Anda dapatkan jika Anda mengkoneksikannya dengan perangkat komputer. 

Hasil scan akan ditampilkan pada layar monitor komputer yang kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilannya dan hasilnya akan bisa disimpan sebagai file teks, dokumen, dan gambar berbentuk digital.

Alat yang satu ini sangat dibutuhkan di era modern, masa di mana file digital sangat penting karena kemudahan akses serta penyimpanannya. Tidak heran jika perusahaan akan sangat membutuhkan alat scanner ini.

Tidak hanya perusahaan terkadang orang awam juga membutuhkan alat yang bisa melakukan kegiatan scanning ini. Contohnya adalah ketika Anda diharuskan untuk melampirkan suatu file ketika mengisi formulir secara online. Tentu saja Anda akan melakukan kegiatan scan dan menjadikan dokumen tersebut menjadi file digital. 

Mesin fotocopy lebih banyak digunakan sebagai mesin untuk menggandakan dokumen dengan cepat dalam bentuk kertas. Bisa hitam putih ataupun berwarna tergantung dari jenis mesin tersebut.

Sehingga bila kita simpulkan, maka perbedaan dari scan dan fotocopy adalah mesin scan dan fotocopy digunakan untuk menggandakan dokumen, namun memiliki hasil akhir yang berbeda. Scan akan berbentuk file digital sedangkan fotocopy menghasilkan hasil cetak berbentuk kertas.

Baca Juga: Cara Scan Menggunakan Mesin Fotocopy

Rekomendasi Mesin Fotocopy dengan Fitur Scan

Namun saat ini, sudah banyak mesin fotocopy yang sudah memiliki kemampuan scan dokumen. Jadi jika Anda memiliki usaha fotokopi ataupun bekerja di kantor, maka beberapa rekomendasi ini cocok untuk Anda gunakan.

  1. Canon Image Class MF 635cx

Mesin Canon Image Class MF 635cx ini cocok digunakan untuk keperluan copy, print, scan, dan fax. Memiliki kecepatan cetak hingga 18 ppm untuk warna ataupun hitam putih, dan juga resolusi cetak setara 9600 x 600 dpi. Dengan ukuran yang portable 451 x 460 x 400 mm dan berat 22,0 kg maka mesin yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk kantor Anda.

  1. Canon Image Runner 2425 Platen

Canon Image Runner 2425 Platen adalah mesin A3 monochrome yang memiliki kecepatan 25 lembar per menit, dan 7 inch layar panel. Ditambah kemampuan remote melalui komputer dan kontrol melalui Uni-flow. Komplit dengan wifi, mobile printing dan dilengkapi Stylus Pen. Menjadi pilihan bagi Anda yang membutuhkan mesin dengan kemampuan print, copy, scan, dan fax.

  1. Fuji Xerox Docucentre S2520 – 4 Tray

Mesin fotocopy dan scan DocuCentre S2520  dari Fuji Xerox ini adalah perangkat multifungsi yang dilengkapi dengan semua hal penting cocok untuk tugas kantor. Mesin ramah lingkungan dengan performa luar biasa seperti kecepatan cetak hingga 25 ppm serta resolusi scan hingga 600 x 600 dpi ini akan bisa meningkatkan kinerja Anda.

Itulah perbedaan dari scan dan fotocopy serta beberapa rekomendasi mesin fotocopy untuk Anda. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy di atas.

Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi.

Sewa Rental Mesin Fotocopy

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat