perbedaan kertas manila dan karton

Yuk Pahami Perbedaan Kertas Manila dan Karton!

Apa sih perbedaan kertas manila dan karton? Sebelum menjawab pertanyaan itu, mari kita bahas persamaannya terlebih dahulu. Kertas manila dan kertas karton adalah kertas yang sama-sama memiliki ketebalan yang lebih dibandingkan kertas yang biasa kita gunakan sebagai media menulis.

Untuk memahami perbedaan kertas manila dan karton, mari kita pelajari lebih dalam mengenai apa itu kertas manila dan apa itu kertas karton serta fungsinya.

Apa Itu Kertas Manila?

Kertas Manila adalah jenis kertas yang relatif murah, umumnya dibuat melalui proses yang kurang bagus dibandingkan jenis kertas lainnya, dan biasanya dibuat dari serat kayu semi-berwarna.

Baca Juga: Kenali Berbagai Jenis Kertas Fotocopy yang Biasa Digunakan

Kertas manila sama kuatnya dengan kertas karton tetapi memiliki kualitas pencetakan yang lebih baik, seperti retensi pigmen yang lebih kuat. Manila berwarna cerah dan serat kertasnya biasanya dapat terlihat dengan mata telanjang.

Kertas manila paling sering digunakan untuk membuat folder file dan amplop, yang biasanya disebut folder Manila dan amplop Manila. Beberapa sekolah mode dan orang-orang di industri mode menggunakan gulungan besar Manila untuk membuat pola pakaian akhir. Karena kertas ini umumnya tidak mahal, kertas ini juga biasanya diberikan kepada anak-anak untuk membuat karya seni.

Kertas Manila awalnya terbuat dari tali rami Manila tua yang banyak digunakan di kapal, untuk menggantikan rami asli. Tali yang terbuat dari rami Manila (juga disebut abac√°) atau Musa textilis tumbuh di Filipina; maka dari itu kertas jenis ini dinamai Manila, sesuai dengan nama ibu kota Filipina.

Apa Itu Kertas Karton?

Kertas karton adalah kertas yang lebih tebal dan lebih tahan lama daripada kertas tulis dan cetak biasa, tetapi lebih tipis dan lebih fleksibel daripada kertas cardboard bentuk lain.

Baca Juga: Mengenal Jenis Finishing dalam Dunia Percetakan Offset dan Digital

Kertas karton sering digunakan untuk kartu nama (biasanya ketika sedang masa orientasi sekolah) scrapbooking, dan aktivitas lain yang membutuhkan kertas dengan daya tahan lebih dari yang diberikan kertas biasa.

Permukaan kertas karton biasanya mungkin bertekstur, metalik, atau mengilap. Ketika kertas karton diberi label stok sampul, seringkali memiliki lapisan mengilap di satu atau kedua sisi (C1S atau C2S, untuk “dilapisi: satu sisi” atau “dilapisi: dua sisi”); ini digunakan terutama dalam kartu nama dan sampul buku.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Cover Buku?

Apa Saja Perbedaan Kertas Manila dan Karton?

Dari segi pilihan warna, perbedaan antara keduanya adalah kertas manila memiliki pilihan warna yang lebih beragam.

Dibandingkan dengan kertas jenis lain, kertas manila dan kertas karton ini memiliki ketebalan dan ketahanan yang lebih baik. Meskipun begitu, untuk gramasinya sendiri, kertas manila ini memiliki gramasi yang populer digunakan yaitu: 160 gsm, 220 gsm, dan 250 gsm.

Di dalam dunia percetakan sendiri, kertas manila biasa disebut dengan kertas sertifikat. Kertas manila biasa digunakan untuk sertifikat yang masih dikosongkan untuk ditandatangani. Kertas manila juga bisa digunakan untuk kartu undangan dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Untuk kertas karton, kertas ini memiliki gramasi 200 gsm dan biasa digunakan sebagai paper bag ataupun box kemasan. Kertas ini cukup ringan dan kuat sehingga dapat dengan mudah dipotong dan dibentuk sesuai dengan yang kita inginkan.

Kertas manila dan kertas karton memiliki fungsinya masing-masing yang membuat mereka berbeda. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai topik yang ada di dunia percetakan seperti ini, Anda bisa kunjungi Pusat Fotocopy sekarang juga.

Selain itu, Pusat Fotocopy juga menjual mesin fotocopy dari berbagai jenis dan merek dengan harga yang menguntungkan. Semoga artikel tentang perbedaan kertas manila dan karton ini dapat membantu Anda.

banner sewa mesin fotocopy

WhatsApp chat