Penyebab Mesin Fotocopy Mati Mendadak

Penyebab Mesin Fotocopy Mati Mendadak dan Cara Mencegahnya

Alat elektronik yang mati mendadak tentu tidak baik, karena hal ini bisa memperpendek umur dari alat elektronik Anda. Apalagi jika kejadian ini terjadi pada mesin fotocopy milik Anda. Semakin pendek umur pemakaian sebuah mesin, tentu akan semakin rugi Anda, apalagi jika hal ini menjadi investasi Anda kedepannya, baik untuk kantor ataupun usaha fotocopy. Sehingga ada bagusnya jika Anda bisa mengenal atau mengetahui berbagai penyebab mesin fotocopy mati mendadak serta cara pencegahannya. Agar mesin pengganda dokumen yang Anda miliki bisa tetap awet dan digunakan dengan baik.

Ini Dia Penyebab Mesin Fotocopy Mati Mendadak

Mengenai permasalahan yang satu ini, ada beberapa penyebab  mesin fotocopy mendadak mati. Dari masalah kelistrikan hingga adanya komponen yang rusak di dalamnya.

  1. Aliran Listrik yang Tidak Memadai

Penyebab yang pertama adalah kurangnya aliran listrik untuk menyalakan mesin. Ini menjadi faktor eksternal yang bukan berasal dari mesin fotocopy. Mungkin Anda bisa mengetes apakah listrik yang mengalir cukup atau kuat untuk menyalakan sebuah mesin fotocopy.

  1. Soket listrik bermasalah

Senada dengan hal di atas, bisa saja soket tempat Anda mencolokan kabel power dari mesin fotocopy ternyata mengalami masalah. Ada baiknya jika Anda segera mengganti soket listrik Anda.

  1. Rusaknya Power Supply

Komponen Ini berguna sekali dalam proses menyalakan dan mempertahankan sebuah mesin fotocopy untuk hidup. Power supply merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung ke komponen dalam mesin yang membutuhkan tegangan. Bila bagian ini rusak tentu mesin fotocopy tidak akan memiliki tegangan yang cukup untuk tetap bisa menyala.

  1. DC Control yang bermasalah

DC Control adalah bagian mesin fotocopy yang menjadi pusat dari pembagi arus listrik ke seluruh komponen yang ada pada mesin fotocopy. Bila arus listrik tidak terbagikan dengan baik, tentu sistem akan gagal dalam mempertahankan agar mesin bisa tetap menyala.

  1. Masalah pada Switch on/off atau kabel mesin

Switch on/off adalah tombol yang kita gunakan ketika menghidupkan mesin fotocopy. Bisa saja ada masalah pada tombol yang satu ini, sehingga mesin bisa mati mendadak. Kabel yang rusak bisa menjadi hal lainnya yang menjadi perhatian Anda. Bisa saja ada masalah pada kabel yang membuatnya tidak bisa menyuplai listrik dengan baik.

Baca Juga: Mengatasi Mesin Fotocopy Tidak Mau Ready

Menjaga Mesin Fotocopy Agar Menyala Dengan Baik

Setelah mengetahui berbagai penyebab dari masalah mesin yang sering mati mendadak, kini saatnya Anda memahami berbagai hal agar mesin bisa menyala dengan baik. Perhatikan berbagai macam hal berikut ini:

  1. Pastikan kabel power mesin Anda sudah terpasang dengan baik pada soket listrik 220V AC, perhatikan juga switch on/off pada mesin Anda benar-benar dalam ] keadaan menyala atau on.
  2. Untuk mesin 110 V pastikan stabilizer sudah terpasang dengan benar
  3. Cek tegangan input power supply menggunakan alat multimeter pada skala tegangan AC 250V, perhatikan jika tegangan input kosong, atau tidak ada tegangan. Bisa dipastikan ada bagian yang rusak, salah satunya switch on/off.
  4. Cek kondisi seluruh kabel pada mesin. Perhatikan apakah ada kabel yang rusak atau berada pada kondisi yang tidak baik.

Itulah berbagai penyebab mesin fotocopy mati mendadak, Anda harus bisa mewaspadai berbagai penyebab di atas. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya, serta berbagai macam info seputar mesin fotocopy. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi.

 

banner sewa mesin fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat