Penyebab Hasil Fotocopy Kurang Baik

6 Penyebab Hasil Fotocopy Kurang Baik

Anda pasti menginginkan hasil cetak dari mesin fotocopy terlihat bagus dan rapi bukan? Namun, tidak menutup kemungkinan jika hasil fotocopy yang Anda dapat terlihat kurang baik atau tidak sempurna. Jika hal ini terjadi pada Anda, ada baiknya untuk mengenali penyebab hasil fotocopy kurang baik. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai hal yang satu ini kepada Anda, sehingga Anda akan bisa tahu penyebab mengapa hasil fotocopy Anda tidak terlihat bagus.

Berbagai Alasan Hasil Fotocopy Kurang Baik

Berikut beberapa penyebab yang mengakibatkan hasil fotocopy terlihat kotor, kurang hitam, ataupun ada bagian yang hilang. 

  1. Kualitas Tinta yang Kurang Bagus

Tinta yang memiliki kualitas yang buruk akan bisa mempengaruhi mesin atau hasil fotocopy Anda. Tinta yang tidak sesuai untuk mesin Anda juga bisa menjadi faktor lainnya yang membuat hasil fotocopy yang kurang baik.

  1. Lensa Exposure yang Kurang Bersih

Tempat dimana Anda meletakan dokumen yang akan di-fotocopy berbentuk kaca ini juga biasa disebut sebagai pajanan. Apabila ada debu atau kotoran, maka hal ini bisa menjadi penyebab hasil fotocopy kurang baik.

  1. Kondisi Kawat Corona yang Kotor

Pengecekan secara rutin untuk bagian kawat corona ini harus cukup rutin Anda lakukan, karena bagian ini menjadi bagian mesin fotocopy yang vital. Kebersihan kawat corona dan kondisi yang baik akan juga bisa mempengaruhi keawetan drum fotocopy. Jika tampilan kawat corona sudah tidak kuning mengkilat lagi maka usahakan untuk membersihkan atau menggantinya.

  1. Kondisi Cleaning Blade yang Tidak Baik

Cleaning blade akan berfungsi untuk membersihkan permukaan drum ketika proses pencetakan telah selesai. Drum akan meninggalkan sisa-sisa toner hasil pencetakan. Untuk bisa menjaga kebersihan permukaan drum maka harus dipastikan bahwa kondisi cleaning blade selalu terjaga. Jika cleaning blade tidak berfungsi dengan baik, terdapat sisi drum yang tidak bersih secara merata. Ini mengakibatkan hasil hasil fotocopy memiliki garis tipis. 

  1. Kondisi Drum yang Rusak

Apabila hasil pencetakan fotocopy yang Anda dapatkan memiliki gari tipis atau hasil yang buram, maka bisa saja drum pada mesin fotocopy Anda sedang mengalami masalah. Toner kotor atau benda asing akan bisa menggores drum. Inilah yang akan menyebabkan drum menjadi rusak dan mengganggu hasil fotocopy Anda.

  1. Kondisi Kertas yang Lembab

Tinta tidak akan bisa menempel dengan sempurna jika kertas yang Anda gunakan berada dalam kondisi yang lembab. Usahakan kertas yang Anda gunakan berada pada kondisi yang baik, sehingga hasil fotocopy akan menjadi bagus.

Baca Juga: Menghilangkan Hasil Fotocopy Bercak Hitam

Cara Menjaga Mesin Fotocopy

Setelah mengetahui hal apa saja yang bisa mengakibatkan hasil fotocopy menjadi tidak bagus, maka ada baiknya juga jika Anda mengetahui cara menjaga mesin fotocopy tetap berada pada kondisi terbaik. Cara-cara tersebut adalah:

  • Lindungi mesin fotocopy dari debu.
  • Hindari meletakan tempat sampah disekitar mesin fotocopy, karena bisa saja mengundang tikus yang bisa merusak mesin ataupun kabel yang berada di sekitar mesin.
  • Rutin membersihkan kaca scanner
  • Menguras limbah tinta.
  • Selalu cek kondisi toner.
  • Bersihkan registrasi.
  • Jaga kestabilan listrik, gunakan stabilizer jika perlu.
  • Gunakan tinta, toner, dan sparepart berkualitas
  • Perhatikan kondisi kertas Anda

Itulah berbagai penyebab hasil fotocopy pada mesin fotocopy kurang baik. Bila hal ini terjadi pada Anda, segera lakukan berbagai langkah untuk menanganinya.

Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya, serta berbagai macam info seputar mesin fotocopy. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi.

banner sewa mesin fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat