Penyebab Hasil Fotocopy Hitam Semua

Inilah Penyebab Hasil Fotocopy Hitam Semua yang Ingin Anda Hindari

Hasil fotocopy yang terlihat tidak sempurna pasti bukanlah hal yang Anda inginkan. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres pada mesin fotocopy yang Anda miliki. Lebih baik Anda mengenal penyebab hasil fotocopy hitam semua, sehingga bisa mengetahui apa yang harus diperbaiki agar bisa kembali mendapatkan hasil fotocopy yang bagus, terlebih lagi jika Anda adalah pemilik usaha fotocopy.. Tentu saja Anda tidak akan ingin mengecewakan para pelanggan, bukan?

Mengenal Penyebab Hasil Fotocopy Hitam Semua

Bila hasil fotocopy Anda hitam hingga ke seluruh kertas, namun tulisan dari dokumen yang Anda copy masih terlihat, maka Anda harus cepat mengetahui penyebab dari masalah ini. Mungkin beberapa penyebab di bawah ini adalah yang menjadi masalah pada mesin fotocopy Anda.

  1. Cleaning Blade Yang Bocor

Jika bagian cleaning blade pada mesin Anda mengalami kebocoran, mungkin bisa saja hasil fotocopy Anda menjadi hitam semua atau berbentuk garis hitam besar. Satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah membalik cleaning blade tersebut untuk sementara waktu. Akan lebih baik jika Anda langsung menggantinya dengan yang baru. 

  1. Roller Magnet Developing Tidak Bersih

Salah satu penyebab dari hasil fotocopy yang hitam bisa saja karena adanya kotoran pada roller magnet developing. Segera kuras tinta atau toner pada unit developing lalu segera gosok bagian roller magnet menggunakan alkohol hingga bersih dari kotoran.

  1. Unit Drum Yang Kotor atau Lembab

Penyebab hasil fotocopy hitam semua juga bisa karena drum fotocopy yang kotor, segera bersihkan unit drum mesin fotocopy milik Anda dengan menggunakan Brasso sampai benar-benar bersih dari kotoran. Setelah itu jangan lupa Anda juga harus membersihkan lagi dengan menggunakan bedak sampai benar-benar bersih dan kering. 

Drum lembab juga bisa terjadi karena lampu pre exposure yang berguna untuk menghangatkan drum sudah rusak, karenanya toner tidak dapat melekat dengan sempurna. Perhatikan juga umur dari drum yang ada pada mesin fotocopy Anda. Bisa saja drum yang sudah terlalu lama atau sudah terlalu banyak digunakan mengalami kerusakan yang membuat hasil fotocopy menjadi hitam semua. 

  1. Roller Heat / Upper Unit Mengalami Kerusakan

Roller heat adalah sebuah roll pemanas yang terdapat pada mesin fotocopy atau sering disebut dengan unit pemanas. Bagian ini sering mengalami kerusakan dikarenakan suplai minyak dari bagian web kurang atau terlambat. Roller heat harus selalu dilumasi agar suhunya tetap stabil. Jika pelumasan terlambat maka yang terjadi adalah bagian ini menjadi aus menghasilkan hasil fotocopy yang tidak sempurna, seperti menjadi hitam semua.

Baca Juga: 6 Penyebab Hasil Fotocopy Kurang Baik

Cara Menjaga Mesin Fotocopy

Beberapa langkah untuk merawat mesin fotocopy memiliki performa terbaik. Langkah-langkah tersebut adalah:

  • Lindungi mesin fotocopy dari debu.
  • Menguras limbah tinta dengan teratur.
  • Cek kondisi toner secara berkala.
  • Gunakan tinta, toner, dan sparepart berkualitas

Itulah berbagai penyebab hasil fotocopy hitam semua. Bila hal ini terjadi pada Anda, segera lakukan berbagai langkah untuk menanganinya, agar hasil fotocopy Anda kembali seperti semula. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya, serta berbagai macam info seputar mesin fotocopy.

Kunjungi website PusatFotokopi untuk mendapatkan berbagai promo menarik.

banner sewa mesin fotocopy

WhatsApp chat