Penyebab Hardisk Fotocopy Rusak

Penyebab Hardisk Fotocopy Rusak

Hardisk menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah mesin fotocopy. Komponen yang satu ini memerlukan perawatan khusus agar umur pemakaian dari mesin fotocopy bisa lebih awet. Maka Anda harus bisa mengenali berbagai penyebab hardisk fotocopy rusak. Sehingga Anda bisa lebih waspada dan bisa melakukan penanganan yang tepat. Kenali berbagai penyebabnya.

Hardisk dalam mesin fotocopy berfungsi untuk menyimpan data atau sistem pada mesin. Saat ini, sudah banyak mesin fotocopy memiliki hardisk yang digunakan dalam menyimpan data. 

Bagian yang satu ini akan menjadi komponen penting, sehingga Anda harus bisa berhati-hati untuk tidak merusaknya. Beberapa alasan atau penyebab hardisk fotocopy rusak adalah:

  1. Cara menghidupkan atau mematikan mesin fotocopy yang salah

Hardisk bekerja dengan memutar sebuah disk dengan cepat untuk bisa mengolah data. Kecepatannya bisa mencapai 10.000 rpm. Jika hardisk sedang melakukan proses penyimpanan data yang artinya sedang berputar sangat cepat, kemudian dipaksa berhenti dengan tiba-tiba karena dimatikan begitu saja, maka wajar saja hardisk bisa rusak. Sebaiknya pastikan bahwa mesin fotocopy sudah benar-benar berhenti bekerja, barulah memulai proses untuk mematikannya.

  1. Aliran Listrik yang Tidak Stabil

Ketidakstabilan pasokan listrik akan bisa mempengaruhi kemampuan putaran hardisk, karena cakram di dalam drive berputar dengan kecepatan yang tidak stabil. Jika aliran listrik yang Anda miliki memang tidak stabil, disarankan untuk menggunakan alat Stabilizer tegangan (Auto Voltage Regulator) agar putaran hardisk mesin fotocopy tidak berubah.

  1. Kapasitas Mailbox yang berlebihan

Mesin fotocopy digital sudah dilengkapi dengan perangkat hardisk yang dapat menyimpan data-data atau berkas-berkas berupa hasil scan. Sehingga nantinya bisa di cetak kembali. Jika kapasitas dari mailbox ini sudah penuh, maka kinerja dari hardisk akan semakin menurun. Akhirnya akan merusak hardisk ini.

  1. Suhu yang Panas

Penggunaan yang berlebih tentu saja akan bisa membuat komponen dari hardisk menjadi panas. Suhu yang panas dan tinggi ini akan membuat hardisk sulit untuk bekerja, serta memperlambat sistem dari mesin fotocopy Anda. Semakin lama dibiarkan bekerja dalam suhu tinggi, maka akan semakin cepat membuah hardisk rusak.

Baca juga: Cara Format Hardisk Mesin Fotocopy dengan Mudah dan Cepat

Cara Menjaga Hardisk Fotocopy

Bila hardisk dari mesin fotocopy rusak, tentu data-data yang sebelumnya sudah disimpan akan hilang. Jika hal ini terjadi, maka yang bisa Anda lakukan adalah menggantinya dengan yang baru. Oleh karena itu lakukan berbagai langkah berikut ini untuk bisa menjaga agar hardisk tetap dalam kondisi yang bagus.

  • Selalu pastikan listrik tempat Anda selalu dalam keadaan stabil. Gunakan stabilizer jika memang aliran listrik tidak stabil. Listrik yang tidak stabil dan sering mendadak mati bisa membuat hardisk cepat rusak.
  • Selalu menyalakan dan mematikan mesin fotocopy sesuai prosedur. Saat Anda ingin mematikan mesin fotocopy sebaiknya matikan dulu dari panel dan kemudian tunggu sekitar 5 detik. Setelah itu baru mematikan mesin melalui switch utama yang terdapat di bagian kanan mesin fotocopy.
  • Gunakan mailbox secukupnya. Jika mailbox selalu digunakan secara berlebihan maka bisa membuat hardisk bekerja terlalu keras. Pada akhirnya membuatnya menjadi rusak.

Itulah berbagai alasan kenapa atau penyebab hardisk fotocopy rusak. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy  dan berbagai suku cadangnya.

Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi

banner sewa mesin fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat