tips merawat mesin fotocopy

Penting! Tips Cara Perawatan Mesin Fotokopi Agar Lebih Awet

Berikut Tips Perawatan Mesin fotocopy

Siapa bilang cara perawatan mesin fotokopi sulit dilakukan? Mungkin Anda hanya belum memahaminya dengan baik saja. Melalui cara perawatan yang tepat, maka mesin fotokopi bisa berfungsi optimal dalam jangka panjang. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips cara perawatan mesin fotokopi yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Tapi sebelum itu sebaiknya Anda mengetahui tips memilih mesin fotocopy yang berkualitas.

 

Bersihkan bagian luar mesin

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk merawat mesin fotokopi yaitu rutin membersihkan bagian luarnya. Gunakan kain lap dengan permukaan lembut untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Pastikan Anda menjauhkan mesin fotokopi dari benda-benda kecil seperti klip kertas maupun isi steples yang mudah masuk ke dalam mesin fotokopi dan membuatnya tidak bisa berfungsi dengan normal.

 

Hindari penggunaan kertas berukuran tebal

Cara perawatan mesin fotokopi yang selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan kertas berukuran tebal. Hal ini dikarenakan permukaan drum mesin fotokopi berisiko mengalami kerusakan akibat sisi samping kertas yang terlalu tebal. Oleh karena itu, disarankan agar Anda selalu menggunakan kertas tipis setidaknya berukuran 70 gram untuk fotokopi. Selain itu, untuk dokumen berjumlah besar sebaiknya lakukan fotokopi sedikit demi sedikit.

 

Pastikan drum dan area kaca tetap bersih

Pada dasarnya, cara perawatan mesin fotokopi ini mudah. Anda hanya diminta untuk teliti dalam memastikan kebersihan, termasuk pada bagian drum dan area kaca. Untuk membersihkan permukaan drum, gunakan alkohol dan lap secara hati-hati sehingga tidak menimbulkan goresan. Sementara untuk area kaca, baik platen glass maupun mirror, bisa dibersihkan menggunakan lap basah.

 

Cek kondisi regist roll secara berkala

Satu lagi cara perawatan mesin fotokopi yang penting untuk dilakukan. Cek kondisi regist roll secara berkala atau setidaknya dua kali dalam sehari. Beberapa tipe mesin fotokopi memiliki area regist roll yang mudah terkena debu atau bahkan menghitam seiring berjalannya waktu. Untuk itu, pastikan Anda rutin membersihkannya dengan menggunakan kain kering agar hasil cetak tetap berkualitas baik. Ingat, regist roll yang rusak akan mengakibatkan kertas mudah menyangkut.

 

Jangan biarkan kertas menyangkut!

Mesin fotokopi yang tida bekerja secara normal akan membuat kertas menyangkut atau disebut juga dengan kondisi paper jam. Apabila Anda mengalami masalah ini, jangan dulu panik. Kertas yang menyangkut akan mengakibatkan munculnya indikator pada layar mesin fotokopi. Di sana Anda bisa mengetahui lokasi kertas berhenti. Segera ambil kertas menyangkut tersebut agar tidak merusak kualitas mesin fotokopi Anda.

 

Gunakan tinta berkualitas sesuai tipe mesin

Tidak kalah pentingnya, Anda juga harus menggunakan tinta berkualitas sesuai dengan tipe mesin fotokopi itu sendiri. Pasalnya, penggunaan tinta yang kualitasnya kurang baik akan menghasilkan kualitas cetak yang minim serta mempengaruhi panjang usia mesin fotokopi. Untuk mengetahui jenis tinta berkualitas yang sesuai, Anda bisa berkonsultasi dengan penjual mesin fotokopi maupun penyedia tinta.

 

Dengan mengetahui cara perawatan mesin fotokopi yang tepat, maka Anda bisa menjaga kualitas mesin serta hasil cetaknya dalam jangka panjang. Jangan lupa, untuk mencegah timbulnya kerusakan, sebaiknya gunakan mesin fotokopi secara rutin. Pastikan Anda sudah membersihkan bagian-bagian tertentu pada mesin fotokopi untuk menghindari kerusakan akibat kelalaian dalam penggunaan. Jadi, apakah Anda sudah siap merawat mesin fotokopi secara mandiri? Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

 

Cek spesifikasi mesin fotokopi yang berkualitas disni!!

WhatsApp chat