Canon NPG 84

Penggunaan Toner Dan Tinta Mesin Fotocopy

Toner dan tinta mesin fotocopy

Mesin fotocopy dan printer sebagai alat cetak membutuhkan toner dan tinta sebagai bahan baku untuk membuat hasil, penentuan atau pemilihan toner dan tinta sangat berperan dalam kualitas hasil dan keawetan mesin fotocopy dan printer tersebut. Di samping sebagai alat cetak mesin fotocopy dan printer pada type-type tertentu sudah berfungsi juga sebagai alat pemindai atau scan yang dapat disimpan ke mesin yang sudah mempunyai hardisk, komputer ataupun ke flashdisk. Saat toner dan tinta dalam keadaan hampir habis umumnya mesin tidak dapat berfungsi, dengan ditandai munculnya error.

Toner berupa serbuk halus yang digunakan untuk mesin fotocopy atau printer berjenis laser dan menggunakan drum sedangkan tinta berupa cairan dan menggunakan head, ada mesin fotocopy yang menggunakan teknologi tinta. Tinta juga ada yang berupa gel yang lebih tahan terkena percikan air dibanding yang cairan biasa.

Toner dan tinta berfungsi sebagai penghasil warna hasil cetak dari master yang akan dicopy atau diprint, toner dan tinta memberi peran penting untuk hasil maupun umur pakai atau keawetan mesin. Toner di mesin dalam keadaan mati yang lama umumnya masih dalam keadaan baik untuk digunakan sedangkan tinta sebaliknya, mesin atau printer perlu digunakan untuk menjaga tinta tidak membeku di dalam saluran dan head.

Pada saat terdapat indikator di mesin low toner di panel, menandakan perlu mengganti atau mengisi toner atau tinta, apabila sudah benar-benar habis mesin akan ada indikator error dan tidak dapat dipergunakan, dalam menentukan toner atau tinta disarankan menggunakan toner dan tinta fotocopy yang asli sehingga hasil salinan dokumen berkualitas dan keawetan mesin terjaga.

Pembelian mesin baru perlu menggunakan toner atau tinta original karena adanya garansi yang berlaku, sehingga tidak berisiko batal garansi, garansi yang berlaku dapat ditanyakan ke penjual apakah garansi service dan sparepart atau hanya garansi service saja. Umumnya mesin fotocopy berlaku garansi service tidak termasuk sparepart sedangkan printer berlaku semuanya.

Beda merk dan type mesin fotocopy maka beda pula jenis toner dan tinta yang digunakan, perlu dipastikan sebelum diisi atau diganti, jangan sampai salah jenis karena harus dikuras dan penanganan service yang membutuhkan biaya dan waktu.

Tempat penyimpanan toner dan tinta yang dibeli untuk cadangan sebelum digunakan sebisa mungkin jangan diletakkan di lantai tanpa alas, terkena cahaya matahari langsung maupun terkena hembusan ac pendingin, karena akan mengurangi kualitasnya bahkan tidak dapat digunakan karena sudah rusak.

Pemasangan cartridge atau tabung toner dan tinta

toner, cartridges, powder

Letak cartridge atau tabung toner di tiap mesin fotocopy berbeda, untuk memudahkan cara pemasangan atau penggantian dapat ditanyakan saat instalasi mesin ke teknisi.

Cara lainnya di bagian panel akan terdapat langkah-langkah instruksi gambar atau di bagian cover dalam mesin.

Untuk refill toner apabila berupa tabung lebih mudah, dengan melepas penutup tabung, sedangkan cartridge perlu teknisi yang melakukannya.

Untuk mesin berjenis tinta, umumnya berupa botol yang diisi sesuai ukuran tangki mesin.

Jenis toner dan tinta

Jenis toner yang tepat digunakan adalah toner original atau asli dengan hasil cetak terbaik dan mesin lebih awet dan bersih sehingga umur ekonomis mesin lebih lama, terutama mesin fotocopy warna yang lebih sensitif di hasil, dengan pertimbangan biaya service, dan sparepart apabila ada kerusakan menggunakan toner refill.

Untuk kepastian jenis toner dan tinta, masing-masing mesin dan printer akan terdapat kode, misalnya Canon diawali dengan NPG, Fuji Film dengan CT dan Epson dengan angka.

Temukan berbagai jenis toner yang dibutuhkan di website kami, kontak kami melalui whatsapp, email maupun telepon, tersedia toner dan tinta original Canon, Fuji Film dan Epson serta toner refill yang biasanya untuk mesin fotocopy rekondisi yang kebanyakan digunakan untuk usaha copy centre.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat