ukuran kertas fotokopi

Panduan Ukuran Kertas Fotokopi yang Bisa Memudahkanmu

Sebagai pemilik usaha fotokopi, kamu pasti akan selalu berurusan dengan kertas. Pasalnya, pemilihan kertas yang tepat akan memengaruhi kualitas hasil cetakan yang berujung pada kepuasan konsumen. 

Salah satu hal paling dasar yang perlu kamu pahami adalah ukuran kertas fotokopi mengingat setiap konsumen punya kebutuhan yang berbeda-beda. Seperti contoh, seorang mahasiswa membutuhkan fotokopi buku diktat untuk dibuat dalam ukuran buku tulis, sedangkan seorang ibu rumah tangga membutuhkan fotokopi akta kelahiran anggota keluarganya. Untuk itu, kamu akan memerlukan kertas B5 atau A4 guna memenuhi kebutuhan mahasiswa dan F4 guna memenuhi kebutuhan ibu rumah tangga.

Ukuran Kertas Fotokopi

Ukuran kertas fotokopi secara umum dibedakan menjadi dua, yakni berdasarkan dimensi panjang dan lebar dan dimensi tebal. Berikut adalah rangkumannya untuk memudahkanmu.

Ukuran Kertas Fotokopi Berdasarkan Panjang dan Lebar

Kertas B5

B5 merupakan kertas dengan ukuran terkecil, yakni 18,2 x 25,7 cm. Biasanya kertas B5 dipakai untuk keperluan mencetak buku bacaan seperti novel pada umumnya.

 

Kertas Q4

Kertas Q4 lebih sering disebut sebagai kertas kuarto atau letter dengan ukuran 21,6 x 27,9 cm. Sepintas kuarto tidak berbeda dengan A4, tetapi jika diperhatikan lebih rinci, kertas ini sedikit lebih lebar dibandingkan A4. Kertas kuarto banyak digunakan untuk kepentingan makalah, proposal, laporan, dan sebagainya.

 

Kertas A4

A4 adalah ukuran kertas paling banyak digunakan dengan ukuran 21 x 29,7 cm. Kertas A4 bahkan menjadi standar ukuran kertas internasional yang diaplikasikan di berbagai negara. Adapun penggunaan kertas A4 juga lazim untuk keperluan skripsi, makalah, laporan, dan sebagainya.

 

Kertas F4

Masyarakat lebih sering menyebut kertas F4 yang berukuran 21,6 x 33 cm dengan istilah folio atau legal. Di Inggris dan berbagai negara persemakmurannya, folio disebut sebagai foolscap paper. Adapun penggunaan folio mayoritas untuk dokumen kenegaraan dan pemerintahan.

 

Kertas A3

A3 mempunyai ukuran 29,7 x 42 cm. Kertas ini sering dipakai untuk mencetak atau fotokopi dokumen berukuran besar.

 

Kertas Plano

Kertas Plano merupakan kertas yang belum dipotong dan perlu untuk dimiliki oleh setiap usaha fotokopi maupun percetakan. Nantinya, kertas plano akan dipotong dengan ukuran sesuai kebutuhan. 

 

Baca juga: Petunjuk Singkat Cara Menggunakan Mesin Fotokopi bagi Pemula

 

Ukuran Kertas Fotokopi Berdasarkan Ketebalannya

Kertas 70 gsm

Kertas ukuran 70 gsm banyak digunakan untuk keperluan fotokopi dokumen biasa karena dinilai lebih ekonomis.

 

Kertas 80 gsm

Kertas ukuran 80 gsm menjadi standar kertas untuk keperluan dokumen formal seperti makalah, skripsi, tesis, disertasi, maupun kepentingan instansi.

 

Kertas 100 gsm

Kertas ukuran 100 gsm banyak digunakan untuk keperluan presentasi sebab mampu menghasilkan gambar lebih detail.

 

Selain pemilihan jenis serta ukuran kertas fotokopi yang tepat, kualitas mesin fotocopy yang dipilih juga harus apik seperti Canon IR 1643i, Canon IR 2625, Canon IR 2006n DADF, Fuji Xerox DC s2320, atau yang lainnya. Kamu bisa memilih sesuai budget berikut fitur dan keunggulan dari masing-masing produk yang dianggap penting. 

Tak lupa, produk toner fotocopy yang pas juga akan mempengaruhi kualitas hasil cetakan fotokopi. Ada banyak toner bagus yang mudah ditemukan di pasaran seperti toner Canon, Black Panther, Globe, dan lain-lain. Pilihlah toner fotocopy yang cocok dengan mesin fotocopy yang kamu gunakan.

Nah, demikianlah ulasan tentang jenis ukuran kertas fotokopi. Ingat, kualitas produk merupakan faktor utama dalam menentukan kepuasan konsumen. Karena itu, pastikan kamu selalu menjaga mutu produk bisnis fotokopi dengan memilih perlengkapan teknis yang tepat.

paket usaha fotocopy dengan berbagai perlengkapan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat