Mesin Laminating yang Bagus

Panduan Lengkap Memilih Mesin Laminating yang Bagus

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan bulanan. Salah satunya dengan membuka usaha laminating. Sebelum itu harus tahu dulu mesin laminating yang bagus untuk usaha. Usaha satu ini bisa dikatakan timeless karena pasti akan ada saja orang yang membutuhkannya, baik itu untuk laminating kartu keluarga, KTP, ijazah, dan berbagai dokumen penting lain agar tidak rusak.

Tentunya Anda membutuhkan mesin laminating yang bagus dan kualitasnya terjamin, Untuk itu, sebelum Anda membeli mesin laminating, pastikan Anda mempelajari beberapa tipsnya berikut ini.

Perhatikan kapasitas lebar dan tebal laminasi

Ada begitu banyak tipe dan jenis mesin laminating yang dijual di pasaran saat ini. Selain berbeda merek, biasanya mesin laminating juga dibedakan berdasarkan ukuran lebar dan tebal laminasi yang bisa dilakukan. Jika memang ingin menjangkau lebih banyak konsumen, mesin laminating dengan ukuran lebih lebar tentu akan lebih baik. Anda bisa memilih mesin dengan ukuran lebar A3+. Namun, ada juga mesin laminating dengan ukuran lebar A3 dan A4.

Selain lebar, Anda juga harus memerhatikan tebal laminasi yang bisa dilakukan oleh mesin laminating. Hal ini berpengaruh pada jenis mesin yang akan dibeli. Misalnya, mesin laminating sheet memiliki ketebalan yang lebih tinggi jika dibandingkan mesin laminating roll. Biasanya, ketebalan mesin laminating yang bagus dibedakan menjadi beberapa kategori, mulai dari kurang dari 70 micron, 70-125 micron, hingga lebih dari 125 micron.

Mesin laminating panas atau dingin?

Jika dibedakan berdasarkan cara kerja, maka ada dua jenis mesin laminating yang bisa Anda pilih, yakni mesin laminating panas dan dingin. Sesuai namanya, mesin laminating panas menerapkan metode laminasi thermal, bisa dengan memakai plastik yang sudah mengandung lem atau plastik yang belum mengandung lem.

Sementara itu, mesin laminating dingin menggunakan bahan adhesive yang dicampur air atau bahan pelarut lain. Adhesive akan dilapiskan pada permukaan plastik, baru setelah itu dilapiskan pada media yang dilaminating. Jika dibandingkan, mesin laminating panas bisa dikatakan lebih kuat dalam menge-press plastik laminasi. Namun, mesin laminating dingin dijual dengan harga lebih terjangkau.

Perbanyak baca review atau testimoni

Jika seandainya Anda sudah menentukan beberapa pilihan mesin laminating yang bagus, jangan langsung membelinya. Aktiflah mencari informasi terkait mesin laminating pilihan Anda. Baca sebanyak mungkin review atau testimoni dari orang-orang yang sudah pernah menggunakan mesin laminating tersebut.

Akan lebih oke lagi jika ada kenalan Anda yang pernah menggunakannya, jadi Anda pun bisa bertanya langsung. Setelah membaca review, coba bandingkan antara mesin laminating satu dengan lainnya, lalu pertimbangkan mana yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikan dengan bujet Anda

Sama seperti jenis usaha lainnya, usaha laminating juga membutuhkan modal. Dalam hal ini, Anda membutuhkan modal untuk membeli mesin laminating yang bagus dan bisa bertahan lama. Walaupun begitu, tetaplah berusaha untuk mematuhi bujet yang sudah Anda tentukan.

Bagaimana pun juga, Anda pasti sudah melakukan penghitungan sematang mungkin agar usaha berjalan lancar, termasuk urusan modal. Jika membeli mesin laminating dengan harga melebihi bujet, bukan tidak mungkin keuangan usaha akan terdampak. Nah, untuk saat ini, umumnya mesin laminating dijual dengan harga sekitar Rp300.000 hingga Rp140 juta.

Berbekal panduan singkat di atas, semoga Anda bisa segera menemukan mesin laminating yang bagus, berkualitas, dan tentunya cocok untuk kebutuhan usaha Anda. Good luck!

 

WhatsApp chat