Perhitungan Modal Usaha

Perhitungan Sederhana Modal Usaha Fotocopy untuk Anda yang Ingin Mulai Bisnis Sendiri

Dari berbagai peluang usaha sendiri yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah usaha fotocopy. Apalagi jika Anda berencana membukanya di area kampus, sekolah, atau perkantoran yang menjamin ada banyaknya pelanggan yang datang.

Karena itu, tidak mengherankan kalau mereka yang sudah lebih dulu terjun di bisnis sudah merasakan betapa manisnya usaha ini. Dan Anda yang sudah tertarik menjalankan bisnis sendiri barangkali juga tergiur dengan potensi labanya. Meski demikian, Anda juga mungkin masih merasa agak ragu karena tidak tahu rincian modal usaha fotocopy yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini.

Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, berikut ini ada rincian sederhana modal usaha fotocopy yang Anda butuhkan untuk bisa segera membuka bisnis fotokopi Anda sendiri. Selamat membaca!

 

Perkiraan Rincian Modal Usaha Fotocopy

Harap diperhatikan bahwa angka yang digunakan adalah perkiraan dan jelas bisa terdapat selisih pada kenyataannya. Namun, Anda tetap bisa gunakan rincian berikut ini sebagai panduan.

 

A. Rincian Investasi Awal

  1. Mesin fotokopi Rp 16.000.000

  2. Mesin laminating Rp 1.500.000

  3. Etalase kaca Rp 1.000.000

  4. Sewa ruang usaha selama 1 tahun Rp 15.000.000 (Tips: jika Anda memiliki sendiri ruang usahanya, hitung biaya perizinan usahanya.)

  5. Printer Rp 600.000

  6. Komputer Rp 5.000.000

  7. Meja dan kursi Rp 500.000

  8. Modal persediaan ATK Rp 3.000.000

  9. Alat pemotong kertas Rp 750.000

Total modal investasi awal = Rp 43.350.000

 

B. Rincian Biaya Operasional Lainnya

  1. Gaji pegawai Rp 1.000.000 (Tips: jika Anda berencana untuk merekrut lebih dari 1 pegawai, maka kalikan biaya pegawai yang diperkirakan dengan jumlah pegawai yang akan dipekerjakan.)

  2. Biaya listrik Rp 500.000

  3. Bahan baku dan ATK Rp 1.500.000

Total biaya operasional lainnya = Rp 3.000.000

Nah, berdasarkan perkiraan rincian modal usaha fotocopy di atas, maka Anda kira-kira akan membutuhkan modal sebesar Rp 47.350.000 untuk memulai bisnis fotokopi. Untuk mesin fotokopi sendiri, tentu komponen ini adalah salah satu komponen yang menyedot lebih banyak uang. Meski demikian, Anda bisa menekan harganya dengan membeli mesin fotokopi bekas namun berkualitas. Alternatif lainnya, Anda bisa memilih untuk menyewa mesin yang tentu juga lebih terjangkau.

Beli Mesin Fotokopi Berkualitas

Sekarang, Anda sudah tidak perlu lagi bingung mencari referensi di mana Anda bisa membeli mesin fotokopi yang berkualitas, namun dengan harga yang ramah di kantong. Sebab, ada pusatfokopi.com yang siap melayani kebutuhan Anda. Mulai dari mesin fotokopi baru, mesin fotokopi rekondisi, sewa mesin fotokopi, sampai paket usaha fotokopi bagi Anda yang ingin memulai bisnis Anda sendiri, semua kebutuhan bisa dipenuhi.

Jadi, apa lagi yang masih membuat Anda menunda keputusan bisnis Anda? Hubungi pusatfotokopi.com sekarang juga untuk tawaran terbaik bagi usaha Anda!

WhatsApp chat