Cara Print Hitam Putih

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Risograph yang Perlu Diketahui

Mesin risograph atau yang lebih sering disebut dengan mesin RISO adalah mesin fotocopy yang digunakan untuk menyalin dan mencetak dokumen untuk berbagai kebutuhan. Mesin ini tidak hanya digunakan di tempat fotocopy, tetapi juga kantor-kantor urusan bisnis. Mesin ini termasuk yang cukup andal dalam proses mencetak dokumen karena memiliki kecepatan 120 lembar per menit. Bila Anda sedang butuh mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak, ada baiknya menggunakan risograph.

Kecepatannya dalam mencetak dokumen, tak heran bisa menyingkirkan mesin fotocopy lawas yang memiliki kecepatan cetak di bawah risograph. Pengusaha fotocopy pun kini mulai beralih ke mesin ini. Kecepatan dalam mencetak dokumen, diakui bisa meningkatkan pelayanan kepada para konsumen. Simak kelebihan mesin risograph yang perlu Anda tahu!

 

Kelebihan mesin risograph

1. Cepat

Satu yang sangat diunggulkan dari mesin ini adalah kecepatannya. Untuk mencetak dokumen dengan warna hitam putih, mesin ini bahkan mampu menghasilkan 150 lembar per menitnya. Jumlah yang sama juga bisa dihasilkan untuk dokumen full color, dengan menggunakan mesin risograph tipe full color yang dilengkapi dengan 2 drum tempat warna; satu khusus hitam putih dan satunya untuk beragam warna.

 

2. Hemat Waktu

Di samping kecepatan, mesin ini juga tangguh dalam urusan efektivitas waktu. Anda bisa menghemat lebih banyak waktu untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak. Mesin ini juga anti macet. Sehingga akan sangat jarang sekali ditemui maslaah dalam proses percetakan dokumen.

 

3. Mencetak file dari komputer

Menariknya, mesin ini sudah menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Di era yang sudah serba digital dan segala hal dikerjakan dengan menggunakan komputer, mesin ini memiliki kemampuan untuk mencetak dan menggandakan dokumen, langsung dari file yang ada di komputer atau laptop. Untuk hasilnya pun bisa dengan mudah diperbesar, diperkecil, atau digabungkan dengan file lainnya.

 

4. Pilihan kertas yang beragam

Pilihan kertas yang ditawarkan oleh mesin risograph pun cukup beragam, mulai dari tipis (46 gram) hingga tebal (210 gram). Ukuran kertas yang bisa dicetak oleh mesin ini pun mencapai ukuran B4. Cocok untuk memenuhi urusan penggandaan dokumen di kantor, universitas, sekolah, dan lembaga lainnya.

 

5. Teknologi ink saving

Mesin risograph tipe single dan multi bahkan sudah dilengkapi dengan teknologi ink saving yang dapat diatur melalui komputer atau laptop sebelum proses penggandaan dokumen. Fitur ini memudahkan Anda untuk melakukan penghematan tinta hingga 40%.

 

Kekurangan mesin risograph

1. Mahal

Dengan berbagai kelebihannya, tentu saja membuat mesin ini dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Mesin risograph tipe mono color yang bisa mencetak dokumen dengan warna hitam putih, dijual dengan harga kisaran Rp 25 juta. Single risograph untuk warna dokumen hitam putih dan 20 warna lain, memiliki kisaran harga Rp 60 juta. Sedangkan mesin risograph yang tipe multi, dengan pilihan warna yang lebih banyak, dijual Rp 150 jutaan. Semakin canggih risograph, akan semakin mahal pula harganya. Bahkan ada pula yang sampai miliaran.

 

2. Ukuran yang besar dan berat

Kekurangan lainnya dari mesin ini adalah ukurannya yang cukup besar dan berat. Bila Anda ingin mengatur ulang penataan ruang atau melakukan pindahan, akan sedikit sulit untuk mengangkat mesin fotocopy ini. Satu hal lagi, mesin ini hanya efektif untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak.

Mesin risograph tentunya dibuat seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan penggunanya. Maka dari itu, bila Anda sedang mencari mesin fotocopy untuk kebutuhan pribadi, bisnis, maupun kantor, pertimbangkan dan bandingkan terlebih dahulu jenis-jenis mesin fotcopy.

 

WhatsApp chat