mesin fotocopy warna dan hitam putih

Perbedaan Mesin Fotocopy Warna dan Hitam Putih

Dilihat dari sejarahnya, perbedaan mesin fotocopy warna dan hitam putih memiliki selisih yang lumayan jauh jika dibandingkan tahun pembuatannya. Mesin fotocopy pertama muncul pada tahun 1940-an, ketika itu di Amerika Serikat banyak sekali perusahaan yang harus menggandakan kertas. Kemudian untuk mesin fotocopy berwarna ditemukan pada tahun 1970-an. Jadi, selisihnya sekitar tiga puluh tahun.

Dari selisih tersebut sebenarnya bisa terlihat sebenarnya fungsi utama dari mesin fotocopy, yaitu untuk menggandakan kertas secara hitam putih atau monokrom. Baru untuk mesin fotocopy warna, digunakan scanner atau print warna. Di dalam artikel kali ini akan coba dibahas apa sebenarnya perbedaan mendasar antara mesin fotocopy warna dan hitam putih. Ini bisa dijadikan rekomendasi ketika Anda ingin membeli mesin fotocopy sendiri.

 

Perbandingan Mesin Fotocopy Warna dan Hitam Putih

Segi Kegunaan

Hal pertama yang akan dibahas adalah masalah kegunaan. Secara kegunaan, mesin fotocopy hitam putih sebenarnya lebih efektif jika dibandingkan dengan mesin fotocopy berwarna.

Pertama, perusahaan atau kantor bakal lebih sering melakukan fotocopy hitam putih daripada warna. Kedua, adalah kecepatan yang dihasilkan oleh fotocopy hitam putih relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan fotocopy warna.

Mesin yang ada pada fotocopy hitam putih ini lebih sederhana, yaitu hanya memakai satu drum. Dibandingkan dengan fotocopy warna yang memiliki beberapa drum dan pilihan warna, tentu memiliki kualitas kerja yang berbeda. Jadi, saran dari kami adalah jika Anda ingin memiliki mesin fotocopy yang cepat dan tidak terlalu fokus pada urusan warna, mesin fotocopy hitam putih adalah pilihan yang bijak.

 

Segi Ukuran dan Berat

Sekarang banyak sekali jenis mesin fotocopy, mulai dari mesin fotocopy mini, sedang, sampai besar. Khusus untuk fotocopy warna, biasanya ukurannya cukup besar dan cenderung tergolong berat. Mengapa demikian? Karena seperti dijelaskan di poin pertama, mesin fotocopy warna mempunyai drum yang berat dengan empat jenis toner warna.

Coba dibandingkan dengan mesin fotocopy hitam putih yang hanya memiliki satu jenis drum. Jadi, untuk Anda yang memiliki kantor berukuran sedang, mesin fotocopy hitam putih bisa menjadi solusi. Tetapi jika memang kebutuhan kantor mendesak, usahakan mempunyai ruang yang lebih untuk meletakkan mesin fotocopy warna.

 

Segi Harga 

Sekarang masuk ke dalam pilihan yang cukup sensitif, yaitu menyangkut harga. Mesin fotocopy memiliki harga yang cukup bersaing. Mulai dari 6 juta rupiah, hingga yang paling mahal adalah 50 juta rupiah.

Lalu, apakah harga dari mesin fotocopy warna ini lebih mahal atau bahkan lebih murah daripada mesin fotocopy hitam putih?

Harga dari mesin fotocopy warna tentu jauh lebih mahal daripada mesin fotocopy hitam putih. Selisih dari harga yang ditawarkan ini bisa mencapai sekitar 5-10 juta rupiah. Jika harga fotocopy hitam putih paling murah adalah 6 juta rupiah, maka harga fotocopy warna ini bisa sekitar 10 hingga 15 juta rupiah.

Mesin fotocopy adalah investasi yang sangat baik. Walaupun mungkin membutuhkan modal tidak sedikit, Anda bisa menghemat jutaan rupiah jika memang Anda membutuhkan penggandaan kertas yang cukup banyak untuk sehari-hari. Jadi, itulah perbedaan antara kedua mesin tersebut.

Itulah dia beberapa perbedaan mesin fotocopy berwarna dan hitam putih. Di era digital seperti saat ini, Anda mungkin berpikir bahwa mesin fotocopy berwarna selalu unggul dalam berbagai sisi. Kenyataannya, Anda harus memastikan terlebih dahulu kebutuhan Anda sebelum memilih jenis mesin foto copy berwarana atau hitam putih.

banner sewa mesin fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat