mesin fotocopy tidak bisa menarik kertas

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy yang Tidak Bisa Menarik Kertas

Mesin Fotocopy tidak bisa menarik kertas ?

Saat menggunakan mesin fotocopy apa pun, kondisi mesin fotocopy tidak bisa menarik kertas rasanya sulit untuk dihindari. Karena sebagian besar mesin fotocopy modern memiliki desain yang serupa, beberapa solusi umum di bawah ini bisa Anda terapkan. Penasaran? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini sekarang!

 

Panduan mengatasi mesin fotocopy yang malfungsi

Malfungsi pada mesin fotocopy memang terkadang mengganggu pekerjaan kita ada yang menampilkan pesan kode error ada yang tidak. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi mesin fotocopy yang tidak bisa menarik kertas. Di antaranya adalah:

  1. Ganti roller pick up

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mengganti roller pick up. Roller pick up sendiri merupakan roller yang posisinya berada di paling ujung dari deck paper. Bagian fotocopy ini memiliki fungsi sebagai pengambil atau penarik kertas. Jadi, apabila mesin fotocopy mengalami masalah dalam menarik kertas, mungkin hal tersebut disebabkan oleh roller pick up yang sudah aus dan perlu segera diganti.

  1. Ganti deck paper

Tidak hanya roller pick up, deck paper juga berfungsi sebagai penarik kertas dalam mesin fotocopy. Jadi, bisa masalah mesin tidak bisa menarik kertas belum juga terselesaikan bahkan setelah Anda mengganti roller pick up, Anda mungkin juga harus mengganti bagian satu set yang berada di sebelah samping mesin fotocopy ini.

  1. Ganti motor drive

Bagi semua motor yang ada pada mesin fotocopy, motor drive mempunyai peran yang sangat penting. Motor drive berupa pcb memiliki fungsi sebagai pemberi arus bagi seluruh motor dalam mesin fotocopy. Lokasinya berada di sebelah dalam waste tank. Anda perlu mengganti motor drive untuk mengatasi masalah mesin yang tidak bisa menarik kertas. Ada kemungkinkan penggerak roller pick up mengalami masalah listrik pada pcb motor drive. Sehingga menggantinya merupakan sebuah solusi untuk mengatasi mesin fotocopy yang tidak bisa menarik kertas.

  1. Ganti DC control

Satu lagi bagian dari mesin fotocopy yang mungkin perlu Anda ganti, DC control. Bagian mesin fotocopy yang berfungsi sebagai pusat pembagi arus ke seluruh komponen mesin fotocopy perlu diganti apabila sudah rusak dan perlu diganti.

 

Pencegahan yang bisa dilakukan.

Apabila mesin fotocopy Anda sudah berjalan seperti semula dan masalah mesin fotocopy tidak bisa menarik kertas sudah di atasi, ada beberapa pencegahan yang mungkin perlu Anda ketahui agar masalah ini tidak terulang lagi. Yakni:

  • Gunakan kertas yang bersih. Kertas menyerap kelembaban dan kelembaban bersama dengan kotoran, adalah musuh mesin fotokopi Anda. Jadi, pastikan Anda hanya menggunakan kertas bersih yang bebas debu.
  • Gunakan kertas yang tepat. Kertas memiliki bobot berbeda. Jadi, pastikan untuk menggunakan pengaturan yang tepat pada mesin fotokopi Anda untuk bobot kertas yang berbeda juga.
  • Bersihkan kaca. Pastikan semua permukaan kaca pada mesin fotokopi Anda dibersihkan dengan kain lembut atau handuk kertas dan pembersih kaca biasa.
  • Kondisioner daya (atau paling tidak pelindung lonjakan arus) akan membantu memperpanjang umur peralatan mesin fotocopy Anda.
  • Bersihkan rol pada mesin fotokopi. Untuk memindahkan kertas melalui bagian dalam printer, mesin fotocopy, atau mesin faks rol digunakan untuk menggenggam dan mengumpankan lembaran kertas melalui mesin untuk membuat cetakan baru, menyalin,

atau mengirim faks. Karena terpapar, rol ini menarik debu, kotoran, serat, dll. Sekali sebulanatau lebih, biasakan untuk membersihkan setiap rol menggunakan sedikit air dan sabun. Kemudian gunakan kain untuk mengeringkan setiap rol. Lebih baik lagi, beli beberapa formula pembersih resmi untuk menghilangkan residu sabun.

 

Bingung Memulai Bisnis Anda? Yuk Simak Info Ini!!

WhatsApp chat