menyelidiki cara kerja mesin fotokopi

Menyelidiki Cara Kerja Mesin Fotokopi yang Menarik

Bisnis fotokopi merupakan ide bisnis yang cukup menjanjikan terutama jika berada di lingkungan perguruan tinggi, pusat bisnis, dan instansi pelayanan publik. Kendati produk perangkat printer dengan fitur fotokopi juga semakin bervariasi, masih banyak konsumen yang menganggap bahwa menggunakan jasa fotokopi karena dinilai lebih ekonomis serta praktis–terutama bila kuantitas dokumen yang akan digandakan besar.

Tentunya, aset terpenting dalam bisnis ini adalah mesin fotokopi. Ada banyak pilihan mesin fotokopi berkualitas seperti Fuji Xerox DC s2320, Canon IR 2625, Canon IR 2006n DADF, Canon IR 1643i, dan lain-lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan bujet maupun fitur-fitur pendukung.

Namun, mempunyai perangkatnya saja tak cukup, Anda juga perlu mengetahui cara kerja perangkat untuk mempermudah maintenance. Adapun ulasan berikut akan membantu Anda menyelidiki cara kerja mesin fotokopi dengan mudah dan sederhana.

Komponen Utama dalam Mesin Fotokopi

Sebelum menyelidiki cara kerja mesin fotokopi lebih jauh, Anda perlu lebih dulu mengenali komponen utama dalam perangkat ini. Setidaknya, berikut adalah bagian-bagian fundamental mesin fotokopi yang berperan dalam menghasilkan gambar salinan.

Cahaya Reflektor

Fungsi bagian mesin fotokopi ini adalah untuk melakukan scanning gambar yang terdapat pada kertas master untuk digandakan. Adapun sinar yang sinar reflektor mengandung ultraviolet sehingga tidak sebaiknya dilihat dengan mata telanjang.

Drum Pemutar

Drum mesin fotocopy merupakan drum pemutar berfungsi untuk mencetak gambar hasil pantulan proyeksi yang dihasilkan. Seperti namanya, komponen ini akan berputar secara otomatis.

Toner

Toner fotocopy merupakan elemen mesin fotokopi ini berfungsi menumpahkan tinta pada bagian drum pemutar. Warna yang dihasilkan pada kertas pun sesuai dengan hasil proyeksi yang didapatkan dari proses scanning.

Kertas Master

Seperti namanya, kertas master merupakan dokumen yang akan difotokopi.

Kertas Hasil

Komponen ini adalah media hasil scanning dan salinan kertas master.

Baca juga: Petunjuk Singkat Cara Menggunakan Mesin Fotokopi bagi Pemula

Cara Kerja Mesin Fotokopi

Ketika menyelidiki cara kerja mesin fotokopi, Anda akan menemukan bahwa prinsip dasar perangkat ini adalah konsep listrik statis, yakni melibatkan partikel bermuatan positif dan negatif pada bagian-bagian mesin. Selain itu, mesin fotokopi juga memanfaatkan fenomena bahan akan menjadi konduktor yang lebih baik saat terkena cahaya.

Selengkapnya, perhatikan langkah-langkah proses fotokopi berikut.

  1. Kertas master diletakkan di atas kaca dengan posisi menghadap ke bawah.
  2. Mesin dinyalakan, lalu cahaya reflektor akan melakukan scanning gambar pada kertas master.
  3. Gambar hasil scanning dipantulkan melalui lensa menuju tabung drum yang terbuat dari bahan aluminium berlapis selenium.
  4. Bagian gambar yang lebih terang berinteraksi dengan ion positif yang ada pada kawat korona atas (konduktor). Dengan demikian, bagian gambar tersebut tidak bermuatan, sedangkan bagian gambar yang lebih gelap tetap bermuatan positif. Adapun kawat korona atas terletak pada unit tabung drum.
  5. Toner alias serbuk tinta yang memiliki muatan negatif kemudian akan tertarik oleh ion positif pada permukaan drum. 
  6. Ketika kertas hasil melewati bagian bawah drum saat berputar dan menjadi bermuatan positif akibat interaksi dengan kawat korona bawah, maka toner pun akan menempel pada kertas tersebut (daya tarik muatan positif pada kertas lebih besar dibandingkan pada drum).
  7. Kertas hasil diteruskan melewati pemanas sehingga toner menjadi leleh dan semakin menempel kuat pada permukaan kertas hasil.
  8. Dokumen salinan selesai tercetak.
  9. Drum akan terus berputar sampai melalui cleaning blade sehingga akan kembali bermuatan positif dan siap untuk kembali disinari.

Nah, demikianlah cara kerja mesin fotocopy. Menarik, bukan? Dengan memahaminya, Anda pun akan jadi lebih mudah nantinya dalam melakukan identifikasi jika terjadi error

Semoga membantu!

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha fotocopy kini kami menyediakan Paket Usaha Fotocopy untuk Anda, hubungin kami sekarang untuk penawaran specialnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat