Menghilangkan Hasil Fotocopy Bercak Hitam

Menghilangkan Hasil Fotocopy Bercak Hitam

Menggunakan mesin fotocopy, baik itu untuk keperluan pribadi, kantor, atau usaha, pasti ada saja kendalanya. Salah satu dari kendala-kendala ini adalah saat di mana hasil fotocopy bercak hitam. Bercak-bercak hitam yang muncul pada hasil fotocopy jelas akan sangat mengganggu karena membuat hasil fotocopy tidak sebagus seharusnya.

 

Kalau sudah begini, tentunya muncul pertanyaan bagaimana solusi yang tepat untuk menghindari hasil fotocopy bercak hitam? Anda jelas memerlukan solusi tepat untuk menghilangkan hasil fotocopy bercak hitam. Berikut ada beberapa solusi yang bisa Anda pahami dan coba terapkan agar mesin fotocopy dapat bekerja optimal dengan hasil yang berkualitas pula.

 

Penyebab Hasil Fotocopy Bercak Hitam

Untuk mengetahui solusi yang tepat, Anda jelas harus tahu lebih dulu apa penyebab timbulnya bercak-bercak hitam ini. Munculnya hasil fotocopy bercak hitam ini dikarenakan cairan toner pada mesin fotocopy ikut turun ke permukaan kertas. Alhasil muncul bercak-bercak hitam ini.

 

Mesin-mesin fotocopy yang Anda gunakan umumnya didesain dengan menggunakan toner, yakni tinta dari serbuk-serbuk besi dengan partikel yang sangat halus. Setiap toner memiliki titik lebur, begitu juga mesin fotocopy yang memiliki titik maksimum lebur. Itu sebabnya toner yang bagus adalah toner dengan titik lebur rendah, di bawah batas lebur mesin fotocopy. Jika tidak, toner akan sulit melebur dan menghasilkan bercak hitam.

 

Cara Menghilangkan Bercak Hitam

Toner bisa jadi penyebab utama hasil fotocopy bercak hitam, namun solusi untuk mengatasinya tidak bisa hanya sebatas mengganti toner baru saja. Ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda lakukan juga.

 

  1. Periksa Kaca Mesin Fotocopy

Mulai dari yang paling dekat atau mempengaruhi hasil fotocopy, yakni kaca mesin fotocopy. Bisa saja kaca sedang kotor dan membuat hasil fotocopy bercak hitam. Kalau ternyata benar kaca dalam keadaan kotor, segera bersihkan dengan menggunakan kain basah, lalu lap segera dengan kain kering.

 

Kemudian, coba lakukan fotocopy untuk mengecek apakah bercak hitam masih muncul atau tidak. Jika ternyata masih saja muncul, berarti dapat dipastikan penyebabnya adalah toner mesin fotocopy yang mengotori bagian dalam mesin fotocopy.

 

  1. Memeriksa dan Mengganti Drum Mesin Fotocopy

Pada mesin fotocopy Anda, ada bagian mesin yang disebut drum. Drum ini adalah bagian yang akan dilalui oleh toner selama proses fotocopy berlangsung. Mengingat toner ini berbentuk serbuk, tidak heran kalau dalam prosesnya seringkali ada sisa-sisa toner yang tertinggal di drum. Alhasil, drum pun jadi kotor. 

Baca juga: Menyelidiki Cara Kerja Mesin Fotokopi yang Menarik

Memakai toner dengan kualitas rendah akan membuat drum jadi cepat kotor. Sekalipun dibersihkan, selang beberapa hari biasanya akan kotor kembali. Jadi, sebelum mengganti toner, Anda juga perlu ganti bagian drum mesin fotocopy agar dapat bekerja optimal dengan toner baru nantinya.

 

  1. Memeriksa dan Mengganti Blade Mesin Fotocopy

Ada satu bagian pada mesin fotocopy yang salah satu fungsinya adalah untuk membersihkan sisa-sisa toner, yakni blade. Namun, jika sisa toner terlalu banyak menempel, bahkan blade pun akan mengalami kesulitan untuk membersihkan drum dari sisa-sisa toner. Pada akhirnya, hasil fotocopy bercak hitam akan muncul lagi di permukaan kertas.

 

Sama halnya dengan bagian drum, blade yang sudah dibersihkan tanpa mengganti toner pun akan kembali kotor setelah beberapa hari kemudian. Hasil fotocopy jadi kotor kembali. Selain karena toner-nya yang bermasalah, blade mesin fotocopy juga sudah kewalahan bekerja jadi tidak optimal untuk dipakai terus.

 

  1. Buang Bekas Toner di Bagian Drum Mesin Fotocopy

Bersihkan bagian dalam mesin fotocopy dengan saksama. Buang semua bekas toner dan pastikan tidak ada sisa-sisa toner yang menempel di sana. Siapkan drum dan blade baru untuk dipasangkan nanti. Mulai pakai toner berkualitas dengan titik lebur yang rendah demi hasil fotocopy yang berkualitas pula. 

 

Itu dia beberapa solusi yang bisa Anda coba sendiri saat menghadapi masalah hasil fotocopy yang dipenuhi dengan bercak hitam. Solusi intinya adalah memilih dan menggunakan toner dengan kualitas terbaik. Jangan dengan serta merta tergiur untuk menggunakan toner dengan kualitas rendah hanya karena harganya jauh lebih murah. Karena toner murah rendah kualitas inilah yang akan membuat hasil fotocopy cacat dan mesin fotocopy pun jadi cepat rusak. Pilih hanya sparepart mesin fotocopy yang terbaik untuk hasil yang terbaik pula.

banner sewa mesin fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat