spare parts mesin fotocopy

Mempelajari Komponen Utama dan Sparepart Mesin Fotocopy

Berkat adanya mesin fotocopy, kita bisa memperbanyak suatu dokumen dengan cepat dan mudah. Namun, di balik kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan, sebetulnya mesin fotocopy terdiri dari berbagai komponen dan spare parts yang berhubungan satu sama lain. Apabila salah satu spare part mesin fotocopy mengalami gangguan atau kerusakan, tentu akan menghambat performanya.


Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk mengenali berbagai komponen utama dan
spare part mesin fotocopy. Apa saja? Cari tahu daftarnya di bawah ini!

Drum Toner

Salah satu spare parts mesin fotocopy terpenting dalam mesin fotocopy adalah drum toner. Komponen inilah yang berfungsi untuk menghasilkan gambar atau tulisan. Anda tidak diperbolehkan menyentuh drum toner, baik dengan tangan atau benda yang mengandung minyak. Jika dipegang, drum toner berisiko kotor sehingga bisa menyebabkan hasil cetak jadi bergaris. 

Developing/developer

Developing, atau disebut juga dengan developer, merupakan bagian utama dalam spare part mesin fotocopy. Komponen ini berperan untuk menampung bubuk toner yang akan masuk ke bagian drum. 

Cleaning Blade

Jika ada kotoran yang menempel pada drum, komponen cleaning blade inilah yang bertugas untuk membersihkannya. Cleaning blade juga bertanggung jawab untuk mengatur jumlah bubuk toner yang keluar dari drum.

Feeder Tray

Sebelum hasil fotocopy keluar, biasanya akan ditampung di sebuah wadah khusus yang tersambung dengan mesin. Bagian ini dinamakan feeder tray. Terletak di bagian bawah mesin fotocopy, feeder tray berfungsi menampung kertas yang akan di-fotocopy. Namun, selain melalui feeder tray, kertas juga dapat dimasukkan melalui stack bypass.

Korona

Dalam mesin fotocopy, ada komponen yang memiliki tugas dalam mengatur keseimbangan jalan kertas yang akan dilewati drum. Spare part mesin fotocopy ini dinamakan korona. Apabila korona kotor atau mengalami kerusakan, maka hasil fotocopy tidak akan maksimal.

Laser

Bagaimana caranya sebuah dokumen tulisan atau gambar digandakan sedemikian banyaknya? Anda mungkin juga bertanya-tanya bagaimana drum toner dan developer mentransformasi suatu dokumen menjadi banyak? Di sinilah laser berfungsi, yakni untuk memproses tulisan atau gambar dari penyinaran dokumen ke arah drum.

Lampu Scanner

Saat mesin fotocopy sedang bekerja menyalin dokumen atau gambar, biasanya Anda akan melihat semacam sinar yang berkilat di bagian atas. Nah, hal tersebut menandakan bahwa lampu scanner sedang bekerja. Lampu scanner berfungsi memantulkan tulisan atau gambar yang akan digandakan. Nah, karena intensitas cahayanya cukup besar, Anda disarankan untuk selalu menutup bagian atas mesin fotocopy agar tidak merusak mata karena bisa menyebabkan iritasi.

Power Supply

Sama seperti berbagai alat elektronik lain, mesin fotocopy juga membutuhkan listrik agar bisa bekerja. Nah, spare part mesin fotocopy yang bertanggung jawab terhadap hal ini adalah power supply. Listrik yang digunakan seluruh spare part dan komponen mesin fotocopy digerakkan dari power supply, lalu voltase output diatur sedemikian rupa agar bisa dialirkan ke masing-masing komponen mesin.

Termistor

Pernah mendapati mesin fotocopy yang terasa panas atau malah overheat? Bisa jadi komponen termistor Anda mengalami masalah. Termistor adalah spare part mesin fotocopy yang berfungsi untuk mendeteksi suhu kerja sekaligus menjaga mesin agar bisa bekerja dengan suhu optimal. 

Itulah beberapa komponen utama dan spare part mesin fotocopy yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui berbagai komponen tersebut, jika misalnya mesin fotocopy mengalami gangguan, Anda bisa sedikit lebih tahu apa yang harus diperbaiki. Semoga bermanfaat!

 

WhatsApp chat