membuat copy dokumen dengan mesin fotocopy

Langkah-Langkah Dasar Membuat Copy Dokumen dengan Mesin Fotokopi

Anda baru dalam dunia fotokopi? Jika ya, pastinya anda akan merasa bingung untuk pertama kali menggunakan mesin fotokopi anda. Tapi anda tidak perlu khawatir. Karena sesungguhnya cara membuat copy dokumen dengan mesin fotokopi memiliki dasar yang sama. Lalu bagaimana caranya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Nyalakan mesin fotokopi

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk memulai pekerjaan dengan menggunakan mesin fotokopi adalah dengan menyalakan mesin fotokopi yang anda miliki. Pertama pastikan bahwa kabel yang dimiliki oleh mesin fotokopi menancap pada sumber listrik. Setelah itu, pastikan anda menekan tombol power yang dimiliki oleh mesin fotokopi. Bagi anda yang bingung mencari dimana tombol untuk menyalakan mesin fotokopi anda bisa mencarinya di bagian atas, hal ini disebabkan karena sebagian besar mesin fotokopi memiliki tombol power di bagian atas. Meski begitu, jika anda tidak menemukannya, coba perhatikan sisi dari mesin fotokopi. Karena bisa saja tombol nyala mesin fotokopi ada di bagian samping mesin tersebut.

Input kertas kosong untuk hasil copy

Setelah anda menyalakan mesin fotokopi, hal lain yang harus anda pastikan adalah kertas kosong yang digunakan untuk hasil fotokopi. Pastikan mesin fotokopi anda memiliki kertas kosong untuk hasil copy anda. Tapi untuk memastikan kertas terisi anda perlu memperhatikan dimana letak paper tray yang dimiliki oleh mesin fotokopi anda. Paper tray yang dimiliki oleh mesin fotokopi anda bisa ada pada bagian luar atau bisa juga ada di dalam mesin fotokopi. Oleh karena itu pastikan anda mengetahui bagaimana dimana paper tray anda. Jika di dalam mesin, coba buka buku instruksi anda mengenai memasukkan kertas pada penampungan kertas anda.

Masukkan dokumen yang akan di copy

Setelah anda memastikan mesin anda menyala dan kertas anda ada, maka cara foto copy selanjutnya adalah dengan memasukkan dokumen anda pada mesin fotokopi. Untuk memasukkannya anda bisa membuka tutup mesin fotokopi anda lalu menempATKannya, tapi jika mesin fotokopi merupakan mesin dengan teknologi terbaru anda bisa menempATKan dokumen yang akan anda fotokopi di bagian atas dari mesin yang anda miliki.

Ya, dengan mesin fotocopy yang berteknologi anda bisa mendapATKan banyak keuntungan berupa efektifitas kerja. Akan tetapi jika kertas anda terlalu tipis atau anda ingin mengcopy buku yang besar dan tebal maka anda tidak akan bisa menggunakan dokumen tray yang ada di mesin tersebut.

Pilih pengaturan untuk hasil fotokopi anda

Cara foto copy selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah melakukan pengaturan untuk hasil fotokopi anda. Pengaturan ini antara lain berhubungan dengan :

  • Jumlah halaman hasil yang akan di fotokopi
  • Warna hasil fotokopi
  • Ukuran kertas hasil fotokopi

Jika sudah, cara foto copy terakhir adalah dengan menekan tombol copy yang ada pada mesin fotokopi anda.

 

WhatsApp chat