jenis mesin fotocopy

Memahami Jenis Jenis Mesin Fotocopy Sebelum Membeli

Sebelum memulai usaha fotocopy, Anda perlu memahami tipe mesin fotocopy sesuai kebutuhan market. Beberapa jenis mesin fotocopy yang bisa Anda pilih diantaranya sebagai berikut.

Jenis Mesin Fotocopy yang Paling Umum Digunakan

Setidaknya ada tiga jenis mesin fotocopy yang sering dipakai yakni mesin fotocopy high speed, medium dan portable. Setiap tipe mesin fotocopy tersebut tentu memiliki kapasitas cetak, ukuran, berat dan kecepatan cetak yang berbeda. Anda harus memilih yang sesuai dengan sasaran market usaha Anda apakah untuk keperluan pribadi, skala kecil, menengah atau besar.

1. Mesin Fotocopy High Speed

Jenis Mesin fotocopy high speed memiliki kecepatan paling tinggi daripada macam mesin fotocopy lainnya. Mesin fotocopy ini umumnya berkecepatan 50 – 75 ppm (page per minute) dengan bobot mesin lebih dari 70 kg. Tipe mesin fotocopy ini sangat cocok dipakai di perusahaan besar atau kantor dengan kapasitas print dan copy lebih dari 10.000 lembar per bulan. Bisa juga dipakai pada usaha fotocopy dengan penggunaan rata-rata mencapai 200.000 sampai 400.000 per bulan. Itu sebabnya mesin fotocopy ini sering dipakai di usaha fotocopy yang terletak di tempat strategis seperti dekat sekolah, kampus atau perkantoran.

2. Mesin Fotocopy Medium

Jenis ini memiliki kemampuan copy antara 50.000 sampai 200.000 per bulan. Mesin fotocopy tipe standar ini memiliki bobot sekitar 70 kg dengan kecepatan salin sekitar 15 – 25 lembar per menit. Mesin fotocopy ini mampu mencapai kecepatan sekitar 28 ppm hingga 45 ppm. Karena kemampuannya yang masih di bawah mesin fotocopy high speed, mesin fotocopy ini sering dipakai di kantor dengan kapasitas print dan copy menengah hingga tinggi atau pemakaian sekitar 5.000 lembar per hari.

Beberapa mesin fotocopy tipe medium sudah dilengkapi dengan fitur copy, scan dan print bahkan fax kit. Hal ini tentu memudahkan pengusaha fotocopy skala menengah yang belum memiliki pangsa pasar cukup besar. Usaha fotocopy menengah yang terletak di pinggir jalan jauh dari sekolah atau kampus bisa menggunakan mesin fotocopy medium ini.

3. Mesin Fotocopy Portable

Mesin fotocopy portable menyerupai dengan printer namun memiliki performa dan basic yang lebih baik dengan kecepatan cetak sekitar 18 – 30 lembar per menit. Macam mesin fotocopy portable terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan fitur layaknya printer multifungsi yakni fitur Copy, Print dan Scan sehingga lebih praktis. Mesin fotocopy jenis ini umumnya dipakai untuk keperluan kantor berskala kecil dengan kapasitas print maksimal 100 lembar per hari. Meski bisa dipakai untuk pelengkap usaha, mesin fotocopy portable sangat tidak disarankan untuk dipakai di usaha fotocopy.

Itulah beberapa jenis mesin fotocopy menurut kecepatan dan kapasitasnya. Mengingat harga mesin fotocopy medium dan high speed yang cukup mahal, sebaiknya Anda membeli mesin fotocopy second yang dijual dengan harga lebih murah. Bahkan perbandingan harganya bisa 1 : 5 dengan spesifikasi mesin yang sama.

WhatsApp chat