lcd mesin fotocopy blank

Cara Atasi Layar Mesin Fotocopy yang Blank

Tidak jarang saat mengoperasikan mesin fotocopy, layar LCD mesin fotocopy blank atau gelap. Ini tentu sangat mengganggu proses kerja. Karena fungsi LCD pada mesin fotocopy yang menampilkan informasi serta status kerja mesin tidak dapat ditunjukkan. Kondisi layar LCD mesin fotocopy blank ini bisa saja terjadi, dan tidak perlu panik saat ini terjadi. Ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi layar mesin fotocopy yang tiba-tiba blank padahal mesin sudah menyala dan berfungsi seperti sedia kala.

Periksa sambungan kabel mainboard

Langkah pertama yang dapat dilakukan saat LCD mesin fotocopy blank atau gelap adalah dengan memeriksa sambungan kabel mainboard. Sambungan bisa saja longgar karena suatu dan lain hal. Jika sambungan kabel pada bagian mainboard ternyata kendor, coba cabut lalu pasangkan kembali. Seringkali LCD mesin fotocopy tidak menunjukan tampilan apapun dikarenakan sambungan kabel yang tidak terpasang dengan baik.

Periksa sambungan kabel layar

Jika setelah sambungan kabel pada mainboard sudah dipasangkan kembali dengan tepat tetapi saat mesin dinyalakan layar masih saja blank, coba periksa lagi sambungan kabel layar. Sambungan antara layar LCD dan mesin fotocopy bisa saja kendor seperti sambungan kabel mainboard tadi. Pastikan sambungan ini terpasang dengan posisi yang tepat dan rapat. Saat layar LCD mesin fotocopy blank atau gelap pastikan periksa kondisi kedua sambungan ini terlebih dahulu, yakni sambungan kabel mainboard yang dibahas di atas, dan sambungan kabel layar.

Cek kembali level kontras layar

Setelah sambungan-sambungan kabel pada mesin fotocopy dan layar LCD sudah dipastikan terhubung dengan seharusnya dan dalam posisi rapat, berikutnya cek level kontras layar LCD mesin fotocopy. Pastikan level kontras layar sudah berada di level paling tinggi atau maksimal. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian ram pada mesin fotocopy sembari mengecek level kontras layar. Anda dapat menggunakan penghapus pensil 2B dengan bahan karet halus untuk membersihkan ram.

Cek kabel optik touch screen

Jika layar LCH mesin fotocopy blank setelah sudah dilakukan tiga cara sebelumnya, maka perlu untuk membuka bagian mesin yang mengatur kerja layar LCD. Dengan membuka mesin LCD, Anda perlu memeriksa kondisi kabel optik, terutama pada mesin yang layarnya adalah layar touch screen. Bisa saja layar LCD blank karena kabel optik ini ada yang terputus.

Cara memperbaiki kabel optik layar LCD ini adalah dengan melepaskan dari soket lalu dipotong sedikit di bagian ujungnya untuk membuka jaringan optik yang baru. Setelah tercipta jaringan baru, bersihkan kabel dengan menggunakan cotton bud dan alkohol, dan lalu pastikan kabel sudah dalam kondisi kering saat akan dipasangkan kembali.

Cek komponen layar

Selain memeriksa kabel optik touch screen, periksa juga kondisi komponen lain pada mesin dan perangkat layar LCD. Cek dengan teliti apakah ada indikasi kerusakan pada bagian dalam mesin layar LCD. Contohnya seperti kabel optik tadi, sebelum dipotong dapat diperiksa dulu. Bisa saja sambungannya tidak erat, dan cenderung kendor. Kencangkan sambungannya lalu cek kembali.

Pastikan juga bagian komponen layar di dalam mesin tidak terdapat kotoran, serta sambungan-sambungan lain berada sesuai tempat serta dalam kondisi terpasang erat. Gunakan pencahayaan yang baik saat memeriksa untuk memastikan tidak ada komponen yang terlewat saat diperiksa.

Cara-cara mengatasi layar mesin fotocopy yang disarankan untuk dilakukan ini dapat dilakukan sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan cara-cara mengatasi layar mesin fotocopy yang blank ini tidak berhasil. Ini mengindikasikan adanya kerusakan tahap lanjut pada mesin fotocopy yang digunakan. Untuk itu sangat disarankan untuk membiarkan tenaga ahli mesin fotocopy untuk mengecek permasalahan mesin fotocopy tersebut.

Saat pemeriksaan oleh tenaga ahli berlangsung pastikan Anda mendapatkan informasi valid terkait kondisi mesin Anda. Lebih tepatnya bagian atau komponen mana pada mesin yang menyebabkan layar LCD tidak beroperasi sebagaimana mestinya. Tanyakan penyebab yang membuat komponen tersebut tidak bekerja optimal atau bahkan rusak sebagai bentuk upaya pencegahan agar tidak terjadi pada mesin fotocopy Anda yang lain. Pastikan juga selalu melakukan perawatan berkala pada mesin fotocopy Anda dengan mengecek komponen-komponen vital mesin, serta melakukan pembersihan komponen.

WhatsApp chat