langkah langkah pengoperasian mesin fotocopy

Ini Dia Langkah Langkah Pengoperasian Mesin Fotocopy

Mesin foto copy merupakan suatu alat yang berguna untuk menyalin dokumen secara menyeluruh atau dengan kata lain menduplikat isi dokumen dan memindahkannya pada media kertas yang lain. Sebelum mengetahui bagaimana langkah langkah pengoperasian mesin fotocopy beserta gambarnya, perlu Anda ketahui bagaimana sih langkah kerja dari mesin fotocopy itu sendiri. Yuk simak ulasan berikut ini.

Seperti yang kita ketahui, mesin fotocopy pertama kali ditemukan oleh Chester Flood Carlson pada oktober tahun 1942. Ia lahir di Washington, Amerika Serikat. Jika menilik sejarah, awalnya Carlson berusaha untuk mencari cara bagaimana agar pekerjaannya menyalin dokumen dapat terselesaikan dengan cepat, karena ia merasa lelah untuk menyalin dokumen yang memakan waktu yang lama.

Melalui berbagai eksperimen mulai dari menggunakan konsep elektro-fotografi hingga hoto-conductivity, ia pun akhirnya berhasil membuat mesin fotocopy sederhana yang kemudian berkat penemuannya inilah kita dapat menggunakan mesin fotocopy yang canggih.

 

Pengisian

Diawali dari pengisian tegangan dari silinder drum elektrostatis yang dibebankan oleh kawat tegangan tinggi yang disebut dengan korona kawat atau roller. Nah, drum elektro statis ini memiliki lapisan berbahan foto konduktif yang akan menjadi konduktor apabila terkena cahaya.

 

Exposure

Kemudian, Cahaya lampu yang menerangi dokumen asli akan tercermin ke arah drum foto konduktif. Bagian ini merupakan proses awal dari duplikat tulisan pada dokumen asli.

 

Transfer

Lalu, proses selanjutnya, kemudian gambar atau tulisan dari dokumen asli akan ditransfer melalui muatan negatif dari drum ke lembaran kertas yang sudah disediakan

 

Sekering

Pada bagian ini, Toner atau serbuk tinta akan dilebur ke kertas yang sudah disiapkan. Kertas tersebut akan dipanaskan otomatis oleh rol panas dan tekanan. Sehingga, tinta akan menempel secara sempurna.

Kira – kira seperti itulah garis besar dari cara kerja mesin fotocopy. Anda pasti tahu jika ada banyak sekali macam dan varian dari mesin  fotocopy. Tapi, secara umum, cara mengoperasikannya sama saja pada mesin lainnya. Berikut ini adalah cara mengoperasikan mesin fotocopy beserta gambarnya dan tulisannya, dapat Anda lihat pada step berikut ini:

  1. Pertama – tama, hidupkan mesin fotocopy dengan menekan tombol ‘on’ pada mesin.

  2. Kemudian, buka penutup atas fotocopy, lalu letakkan lembaran dokumen asli yang hendak difotocopy. Letakkan tepat di atas kaca dengan bagian tepi atas menempel di garis skala dan posisi dokumen tepat di tengah. Pastikan dokumen tidak miring agar ketika difotocopy tulisannya sejajar dan rapi.

  3. Lalu tekan tombol pengatur hasil copy.

  4. Tentukan berapa banyak yang ingin Anda copy dari dokumen tersebut dengan menekan tombol jumlah penggandaan.

  5. Tekan tombol ‘start’ untuk memulai meng-copy dan dokumen akan langsung diduplikasi.

  6. Tekan tombol ‘off’ jika Anda sudah selesai menggunakan mesin.

Nah, cara mengoperasikan mesin fotocopy beserta gambarnya ini bisa langsung Anda praktikan pada mesin fotocopy baru Anda. Selamat mencoba!

WhatsApp chat