buka usaha fotocopy

Meraup Keuntungan dari Buka Usaha Fotocopy

Tahukah Anda bila buka usaha fotocopy merupakan peluang bisnis yang menggiurkan? Jika Anda berminat memulai usaha fotocopy di sekitaran kampus atau sekolah, dijamin bisnis Anda akan ramai pelanggan.

Anda tentu setuju bila mesin yang satu ini sangat membantu umat manusia bukan? Terutama bagi Anda para pelajar dan mahasiswa yang mengharuskan Anda meng-copy buku tertentu sebagai bahan belajar.

Jika Anda berencana untuk buka usaha fotocopy, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisnis Anda lancar. Simak dan catat ya!

Pilih Tempat yang Tepat

Hal yang perlu diperhatikan dalam memulai buka usaha fotocopy adalah lokasi bisnisnya. Karena lokasi akan sangat berpengaruh untuk kelangsungan bisnis Anda. Menentukan lokasi yang cocok adalah hal utama dalam mengawali bisnis fotocopy karena Anda harus memilih siapa target pasar Anda.

Usaha fotocopy sebaiknya dilakukan di daerah perkotaan yang ramai penduduk dan mudah diakses siapa saja. Tapi, akan lebih baik lagi jika Anda buka usaha fotocopy di daerah perkantoran, anak sekolahan dan daerah kampus, Karena pasar Anda adalah para pelajar dan mahasiswa yang pasti akan membutuhkan jasa fotocopy.

Ketahui Berapa Modal yang Dibutuhkan

Setelah Anda menentukan dimana lokasi strategis yang cocok untuk bisnis fotocopy Anda, hal lainnya yang harus Anda ketahui adalah terkait modal yang Anda butuhkan untuk membuka usaha ini. Secara umum, biaya atau modal yang diperlukan adalah sebagai berikut:
Mesin Fotocopy : 15 juta
Kertas 100 rim : 3.5 juta (1 rim sekitar 35.000 di grosiran)
Meja dan Kursi : 500 ribu
Total Modal : 19 juta

Hitunglah Biaya Bulanannya

Biaya bulanan yang dikeluarkan untuk operasional fotocopy tidak mahal. Anda bisa menghemat pengeluaran per bulan jika tidak menggunakan pegawai. Lebih jelasnya berikut estimasi bulanan usaha fotocopy pada umumnya:

Gaji pegawai : 1 juta
Kertas 100rim : 3.5 juta (1 rim sekitar 35 ribu di grosiran, 100 rim = 50.000 lembar)

Serbuk Toner : 1kg serbuk biasanya seharga 130 ribu untuk 10 ribu lembar, sehingga total untuk 100 rim sekitar 130 ribu x 5, sekitar 650 ribu.
Listrik : 300 ribu

Total Biaya : 5.450.000

Hitung Keuntungannya

Yuk hitung berapa sih keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari usaha fotocopy ini.

Misalkan dalam sebulan Anda mampu menjual sekitar 100 rim kertas, dengan harga jual sekitar Rp 250 perlembar .Maka keuntungannya adalah sebagai berikut.

Hasil fotocopy 100 rim:

(1 rim = 500 lembar, maka 100 rim ada sekitar 50.000 lembar), Rp 250 x 50.000 = Rp 12.500.000

Penghasilan : 12.500.000
Biaya sebulan : 5.450.000
Nah, jadi keuntungan Anda perbulannya sekitar 7 juta rupiah hanya melalui fotokopi saja. Bagaimana? Tertarik buka usaha fotocopy? Walaupun di awal masih minus karena harus menutupi biaya modal, pada bulan ketiga Anda sudah mulai merasakan manfaatnya.

Jika Anda berminat memulai usaha fotocopy, kini kami menyediakan paket usaha fotocopy untuk Anda, hubungi kami sekarang!

 

WhatsApp chat