kegunaan mesin fotocopy

Kegunaan Mesin Fotocopy Dalam Menyalin Dan Mencetak Dokumen Dengan Lebih Efisien

Kegunaan mesin fotocopy

kegunaan mesin fotocopy yang menjadi bagian dari fungsi utamanya adalah untuk menyalin atau meng-copy dokumen. Namun kini mesin fotocopy berkembang dengan berbagai kelebihan dan fungsinya. Kini mesin fotocopy memiliki fitur yang membuatnya dapat mencetak dokumen secara langsung dari komputer, menyalin dokumen, scan, email dan fax. Jenis mesin fotocopy yang memiliki banyak fungsi ini disebut mesin fotocopy digital. Sedangkan mesin fotocopy yang hanya bisa digunakan untuk menyalin dokumen disebut mesin fotocopy analog.

Anda dapat menyalin dokumen atau naskah dengan 3 cara. Cara yang pertama adalah fotocopy dari ADF dengan hasil tidak bolak-balik. Masukkan terlebih dahulu master dokumen melalui ADF yang berada pada bagian paling atas mesin fotocopy. Selanjutnya pilih ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak hasil salinan pada layar panel, lalu tekan start.

Cara yang kedua adalah fotocopy dari ADF bolak balik. Sama seperti cara sebelumnya, masukkan terlebih dahulu dokumen yang akan disalin melalui ADF. Tekan two sided (2-2) pada layar panel. Kemudian tekan start. Cara yang terakhir adalah cara fotocopy yang paling banyak digunakan yaitu melalui kaca. Letakkan dokumen yang akan disalin pada kaca mesin dengan posisi terbalik (menghadap ke kaca). Tekan paper select lalu pilih ukuran kertas sesuai dengan ukuran master dokumen dan tekan start.

Hal yang Harus Anda Tahu

Cara mengoperasikan mesin fotocopy terbilang cukup mudah. Anda dapat menyalin 1 master dokumen menjadi 65 salinan hanya dalam waktu 1 menit. Hasil ini berdasarkan dari kemampuan mesin fotocopy yang dapat mencetak hingga 65 lembar salinan dokumen dalam waktu 1 menit. Beberapa tipe mesin fotocopy memiliki kemampuan rata-rata cetak yang lebih rendah yaitu 25 lembar per menit. Selain lebih mudah, menyalin dokumen menggunakan mesin fotocopy lebih efisien dari segi biaya dan tenaga.

kegunaan mesin fotocopy juga dapat dilihat dari kegunaan masing-masing bagian dari mesinnya. Seperti Automatic Document Feeder atau yang sering disingkat ADF memiliki fungsi untuk menduplikasi dokumen dengan lebih praktis tanpa harus membuka mesin fotocopy. Lampu scanner yang sering kita lihat menyala saat mesin fotocopy beroperasi memiliki fungsi sebagai pemindai dokumen melalui sinar UV yang dipancarkan. Master dokumen akan dipindai oleh lampu scanner lalu kemudian ditransfer untuk kemudian diduplikasi. Sebaiknya Anda tidak menatap lampu scanner pada saat mesin fotocopy sedang beroperasi karena memiliki dampak yang kurang baik bagi penglihatan.

Kegunaan dan fungsi yang dimiliki mesin fotocopy sangat membantu mempercepat proses penyalinan dokumen. Anda dapat mencetak beratus-ratus dokumen hanya dalam hitungan menit. Penggunaan mesin fotocopy juga lebih efisien dari segi biaya. Tidak heran jika kini banyak instansi-instansi atau perusahaan yang memiliki mesin fotocopy sendiri untuk memenuhi kebutuhan menyalin dan mencetak dokumen dengan lebih mudah. Jika dikulik secara mendetail ada lebih banyak kegunaan mesin fotocopy.

WhatsApp chat