Cara Print Hitam Putih

Jangan Salah, Ini Cara Print Hitam Putih yang Benar Agar Mesin Tetap Awet

Di dalam menjalankan bisnis, tentunya banyak hal-hal yang harus dipenuhi dan dimiliki agar Anda bisa menjalankan operasional bisnis dengan lancar. Alat-alat pun juga harus dimiliki, khususnya yang berada di kantor dan bisa digunakan oleh seluruh karyawan di sana seperti printer. Ya, printer menjadi satu alat yang harus ada di setiap kantor, termasuk kantor Anda, agar urusan dokumen penting dan lainnya bisa segera di-print dengan cepat saat itu juga. Namun ketika printer itu digunakan oleh banyak orang, bisa saja printer menjadi rusak karena masing-masing orang menggunakannya dengan cara yang berbeda-beda. Kalau caranya bagus, maka printer tetap awet. Tapi kalau tidak bagus, maka printer bisa cepat rusak.

Agar printer Anda tetap awet dalam print hitam putih ataupun berwarna, di bawah ini ada beberapa cara membuat printer Anda tetap awet dalam waktu yang lama.

Cara Print Hitam Putih

Bila Anda menginginkan hasil cetak yang memiliki warna hitam putih, Anda tidak perlu mengubah setting atau pengaturan pada printer Anda. Anda bisa menggunakan file pembuka dokumen, salah satunya adalah Microsoft Word. Berikut ini adalah cara print hitam putih di Microsoft Word Anda.

  1. Pertama, Anda bisa membuka dokumen yang akan dicetak atau print hitam putih di Microsoft Word Anda.
  2. Masuk ke tab File dan pilih opsi Print. Anda juga bisa menggunakan shortcut dengan tekan Ctrl+P secara bersamaan pada keyboard Anda untuk melihat settings printing hitam putih di Microsoft Word.
  3. Di sana terdapat banyak opsi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Seperti ukuran kertas, halaman yang akan di print hitam putih, jumlah dari salinan, atau print bolak-balik.
  4. Untuk beberapa merek printer, ada settings tambahan yang harus Anda lakukan agar bisa mencetak dalam bentuk hitam-putih.
  5. Pilih “Printer Properties”
  6. Lalu pilih tab Main, dan centang opsi Grayscale printing untuk bisa print berwarna hitam putih. Tidak semua printer akan memiliki settings yang sama. Umumnya, opsi yang dipilih akan sama.
  7. Setelah memilih OK, klik Print di Microsoft Word.
  8. Kemudian printer akan mulai mencetak dalam bentuk hitam putih.

Nah itu dia langkah yang bisa Anda ikuti ketika ingin mencetak dokumen hitam putih melalui Microsoft Word. Kini mari kita lihat berbagai cara print hitam putih yang baik untuk merawat mesin printer Anda.

Gunakan printer sesuai kemampuan

Cara pertama membuat mesin printer tetap awet adalah menggunakan printer sesuai kemampuan. Printer yang Anda beli dan digunakan di kantor pastinya akan sering dipakai oleh seluruh karyawan. Namun ketika printer itu terlalu dipaksa bekerja hingga panas dan membuatnya macet di tengah proses print, itu artinya printer tidak digunakan sesuai kemampuan.

Untuk bisa membuat printer tetap nyaman dipakai, Anda sebaiknya menggunakan kertas yang tidak berdebu, istirahatkan printer ketika sudah print sekitar 20-30 halaman dan gunakan kedua slot cartridge ketika mencetak warna hitam putih sehingga hasilnya lebih maksimal dan kinerja printer bisa terbagi.

Baca Juga: Cara Nge-Print Bolak Balik

Jangan menggunakan tinta printer palsu

Cara keuda membuat mesin printer tetap awet adalah jangan menggunakan tinta printer yang palsu. Di pasaran saat ini tentu saja banyak tinta printer yang dijual, sayangnya banyak tinta printer yang palsu dan malah menggunakan tinta yang kualitasnya tidak jelas. Belum lagi cartridge yang digunakan juga bukan cartridge kualitas bagus.

Agar tidak membeli tinta printer palsu, Anda bisa membeli cartridge printer di toko yang terpercaya sehingga mesin printer tetap awet dalam waktu yang lama.

Matikan printer dengan cara yang benar

Cara ketiga membuat mesin printer tetap awet adalah mematikan printer setelah digunakan dengan cara yang benar. Mematikan printer sebenarnya merupakan langkah yang sangat mudah sekali.

Setelah selesai digunakan, Anda tinggal menekan tombol power saja. Sayangnya banyak yang tidak sabar menunggu. Ya, ketika tombol power ditekan untuk mematikan printer, banyak orang yang langsung saja melepas kabel power printer dari colokan. Padahal setelah tombol power ditekan, printer akan membutuhkan waktu beberapa detik untuk melakukan pembersihan head cartridge dan itu merupakan tahapan yang penting. Jadi jangan sembarangan mematikan printer karena jika kondisinya terus seperti itu, printer bisa cepat rusak.

Jangan lupa perhatikan kebersihan printer

Cara keempat membuat mesin printer tetap awet adalah perhatikan kebersihan printer. Ya, printer terkadang dibiarkan saja berdebu walaupun sering digunakan karena menganggap bodi printer sudah cukup untuk melindunginya.

Ada beberapa cara untuk memperhatikan kebersihan printer seperti ditutup cover jika tidak digunakan, rutin bersihkan debu yang menempel di printer dan perhatikan kondisi kertas supaya tidak menggunakan yang berdebu. Dengan cara-cara ini, maka kebersihan printer bisa tetap terjaga dan mesinnya pun tetap awet untuk Anda gunakan.

Itulah cara print hitam putih dan cara membuat printer tetap awet agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

WhatsApp chat