Inilah Sistem yang Dapat Memperkecil Hasil Fotocopy dari Aslinya

Inilah Sistem yang Dapat Memperkecil Hasil Fotocopy dari Aslinya

Mesin fotocopy dilengkapi dengan sistem yang dapat memperkecil hasil fotocopy dari aslinya. Dengan adanya sistem ini, beberapa materi dengan ukuran yang lebih besar bisa diatur agar muat dalam satu halaman kertas ukuran standar. Seperti saat pelanggan hendak memperbanyak peta atau gambar lain yang seukuran poster. 

Sistem yang sangat berguna ini akan sangat membantu memungkinkan Anda memperbanyak gambar berukuran besar tanpa harus takut gambar tersebut akan terpotong. Dengan fungsi memperkecil, gambar atau materi apapun itu bisa disajikan secara utuh tanpa ada informasi yang hilang.

Bagaimana cara atau sistem sistem yang dapat memperkecil hasil fotocopy dari aslinya bekerja? Simak penjelasannya berikut ini

 

Mesin fotocopy yang Memiliki Sistem Memperkecil

Jangan khawatir, semua mesin fotocopy sudah memiliki sistem yang satu ini, termasuk mesin fotocopy yang dibuat menjadi satu dengan printer dan scanner. Selama ada fungsi fotocopy, maka sistem yang dapat memperkecil hasil fotocopy dari aslinya juga pasti diprogramkan di sana. 

Artinya, penting bagi Anda untuk segera mempelajari seluk-beluk fitur yang dimiliki oleh mesin fotocopy yang Anda operasikan. Apapun itu merk dan jenisnya, Anda harus tahu fungsi dari setiap fitur. Berikut cara mengoperasikannya serta bagaimana dampaknya pada hasil fotocopy yang Anda kerjakan. 

 

Fitur Ratio

Sistem yang dapat memperkecil hasil fotocopy dari aslinya yang pertama dapat Anda temukan saat menggunakan fitur Ratio. Fitur ini hampir dapat dipastikan ada di semua jenis atau tipe mesin fotocopy. Cara untuk mengatur ukuran dengan fitur ini pun tidak begitu rumit, Anda dapat memulainya dengan memilih menu Ratio pada mesin fotocopy Anda.

Setelah menu Ratio sudah terbuka, Anda akan menemukan pilihan-pilihan standar ukuran untuk memperbesar juga memperkecil materi yang akan diperbanyak. Ukuran ratio ini biasanya dibuat dalam bentuk ukuran kertas. Jadi semisal ukuran A3 akan diperkecil menjadi ukuran A4 dan seterusnya. Anda kemudian tinggal menyesuaikan dengan ukuran yang hendak Anda gunakan.

Selain pilihan-pilihan ukuran standar, sistem yang dapat memperkecil hasil fotocopy dari aslinya ini juga memberikan opsi bagi Anda untuk mengganti ukuran secara manual, yakni dengan menentukan persentase ukuran materi tersebut. Jika hendak diperkecil pastikan aturan persentase Anda menunjukkan tanda minus (-) sekian persen, karena tanda (+) berarti materi akan diperbesar.

Berikutnya, Anda tinggal memilih OK dan mesin fotocopy akan bekerja sesuai dengan pengaturan yang sudah Anda set. Namun, jangan lupa setelah selesai memperbanyak materi, segera kembalikan pengaturan ratio ke besar semula agar untuk materi-materi yang akan diperbanyak berikutnya tidak terjadi perubahan ukuran yang tidak diinginkan. Ini bisa Anda lakukan dengan memilih opsi Reset di menu Ratio.

Baca juga: Penyebab Hasil Fotocopy Tidak Rata

Fitur Scan

Jika Anda menggunakan mesin fotocopy serbaguna yang juga berfungsi sebagai printer, sistem yang dapat memperkecil hasil fotocopy dari aslinya juga ada di sini, walau memang sedikit berbeda dengan mesin fotocopy tunggal. Pada mesin serbaguna ini, Anda dapat memanfaatkan fitur Scan untuk mengubah ukuran materi yang akan diperkecil.

Fitur Scan ini perlu diatur melalui laptop atau PC yang terhubung dengan mesin serbaguna ini. Berikutnya, Anda tinggal membuka Property Device yang terhubung, lalu pilih menu Page Setup. Pada menu ini, di bagian tengah terdapat sub menu Page Layout. Pada sub menu ini, terdapat berbagai opsi pengaturan layout hasil scan yang nantinya akan dicetak. 

Anda dapat memilih apakah akan tetap memakai opsi ukuran Normal-size, Borderless, Fit-to-page, Scaled, atau yang lain. Selain sub menu Page Layout, Anda juga dapat mengatur ukuran halaman yang akan diterapkan dengan cara mengatur di sub menu Page Size. Di sini Anda juga dapat mengatur orientasi hasil cetak, apakah akan dibuat secara vertikal atau horizontal.

Setelah selesai, Anda tinggal atur berapa banyak materi tersebut akan dicetak dengan mengatur angka di sub menu Copies. Setelah semuanya sudah siap, jangan lupa juga untuk menyiapkan kertas yang sesuai dengan ukuran dan banyak copy yang sudah diatur tadi, lalu tekan OK. Mesin fotocopy serbaguna Anda akan bekerja sesuai dengan pengaturan yang sudah disesuaikan tersebut. 

Untuk mendapatkan mesin fotocopy terbaik, jangan lupa untuk selalu mempercayakan dealer mesin fotocopy terbaik yaitu Pusat Fotokopi

banner sewa mesin fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat