cara mengganti toner

Ini Panduan Lengkap Cara Mengganti Tinta Mesin Fotocopy

Agar mesin fotocopy bisa menghasilkan salinan dokumen dengan kualitas yang jelas, maka dibutuhkan tinta atau toner yang pas. Namun, jangan membayangkan tinta mesin fotocopy seperti tinta printer yang cair. Pada mesin fotocopy, tinta atau toner memiliki tekstur bubuk atau serbuk halus, yang nantinya membentuk teks atau gambar pada kertas.

Sebagai pemilik mesin fotocopy, tentunya Anda ingin bisa membantu menghasilkan salinan dokumen berkualitas baik, bukan? Itulah kenapa Anda perlu mengetahui cara mengganti tinta meisn fotocopy.

Mengapa Anda perlu mengganti tinta mesin fotocopy?

Beda merek atau jenis tinta mesin fotocopy, maka beda pula jumlah salinan yang bisa dihasilkan. Namun, umumnya satu tinta atau toner mesin fotocopy bisa menghasilkan salinan hingga 12.000. Nah, apabila sudah melewati jumlah tersebut, tinta pun harus diisi ulang atau diganti agar mesin fotocopy tetap bisa menyalin dokumen dengan hasil berkualitas baik. Bayangkan jika Anda justru membiarkannya begitu saja, tentu bisa berisiko menghambat aktivitas dan produktivitas sehari-hari.

Pastikan tinta sudah sesuai tipe mesin fotocopy

Sebagus apa pun kualitas tinta yang Anda punya, tentu hal tersebut akan percuma jika tinta kurang sesuai dengan tipe mesin fotocopy yang Anda punya. Karenanya, sebelum menerapkan cara mengganti toner mesin fotocopy, Anda harus memastikan bahwa tinta sudah sesuai dengan mesin fotocopy. Jangan memaksakan diri untuk membeli toner mesin fotocopy yang  lebih murah jika memang tidak sesuai.

Misalnya, apabila mesin fotocopy Anda bermerek Canon, maka berikan toner dengan merek yang sama pula. Untuk memudahkan Anda dalam memilih tinta sesuai tipe mesin fotocopy, Anda bisa membaca buku panduan mesin fotocopy.

Selain itu, pastikan pula untuk membeli tinta mesin fotocopy di tempat atau toko yang tepercaya dan memiliki reputasi baik. Membeli secara online juga tidak apa-apa selama toko tersebut memang mempunyai track record yang baik. Contohnya seperti www.pusatfotokopi.com yang sudah berpengalaman dalam menyediakan mesin fotocopy dan berbagai komponennya, termasuk tinta atau toner.

Cara mengganti tinta mesin fotocopy

Biasanya cara mengganti tinta mesin fotocopy bergantung dari merek dan tipe mesin itu sendiri. Namun, sebagai gambaran, umumnya berikut ini cara mengganti tinta mesin fotocopy yang bisa Anda pelajari:

  1. Buka cover pintu depan

Pertama, Anda harus membuka cover pintu depan mesin fotocopy terlebih dulu. Caranya adalah dengan menarik kedua sisi ujung cover. Lakukan secara perlahan, jangan sampai membuat mesin fotocopy terguncang terlalu keras.

 

  1. Buka kotak tinta atau toner

Setelah cover pintu depan terbuka, geser kotak tinta atau toner yang berada di bagian pojok kanan atas mesin fotocopy. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pengisian tinta. Lalu, tekan handle yang berada di bagian ujung kotak tinta. Baru setelah itu tarik kotak tinta yang akan diisi.

  1. Isi tinta ke dalam kotak tinta

Dengan posisi kotak tinta yang sudah ditarik, Anda bisa mengisinya dengan tinta yang baru. Sebaiknya jangan mengisi tinta terlalu penuh, cukup 80% dari kapasitas kotak. Tujuannya adalah menciptakan ruang agar per di dalamnya bisa berputar.

  1. Masukkan kembali kotak tinta

Pastikan tinta sudah terisi dengan baik dan tak ada yang tumpah, baru setelah itu masukkan kotak tinta ke tempatnya kembali. Tekan tuas kotak tinta, lalu tutup kembali cover pintu mesin fotocopy.

 

Sekarang Anda sudah tahu cara mengganti tinta mesin fotocopy. Dengan begini, Anda bisa menjaga agar tinta mesin fotocopy selalu tersedia sehingga hasil salinan pun memiliki kualitas yang baik.

WhatsApp chat