Ini Dia Posisi dan Letak Tinta Warna Canon

Ini Dia Posisi dan Letak Tinta Warna Canon

Jika dulu mesin printer mengharuskan pengguna untuk membeli cartridge baru ketika tinta sudah habis, sekarang Anda tidak perlu direpotkan lagi dengan masalah ini. Beberapa seri printer Canon seperti iP2770. MP150, dan MX308 memiliki cartridge yang bisa diisi ulang. Tentunya harus menggunakan tinta isi ulang resmi dari Canon juga.

 

Namun, bagaimana caranya? Di mana posisi dan letak tinta warna Canon? Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Letak Tinta Warna Canon dalam Cartridge

Berbeda dengan cartridge tinta Canon yang berwarna hitam, cartridge tinta warna Canon memuat 3 warna berbeda sekaligus. Ada magenta, cyan, dan yellow. Nah, tentunya saat Anda ingin mengisi ulang tinta warna Canon, maka Anda juga perlu mengetahui posisi dan letak tinta warna Canon agar tidak salah menyuntikkan warna.

 

Letak tinta Canon ini tersembunyi oleh lapisan stiker. Anda bisa melepas seluruh stiker tersebut atau melubangi bagian yang terdapat cekungan supaya bisa memudahkan proses isi ulang tinta. Akan ada tiga cekungan/lubang, satu di atas dan dua di bawah. 

 

Setelah Anda menemukan tiga cekungan/lubang ini, letak tinta warna Canon dimulai dari warna magenta yang ada di atas, warna cyan di bagian kiri bawah, dan warna yellow di bagian kanan bawah. Supaya memudahkan proses isi ulang di kemudian hari, Anda juga bisa menandakan ketiga lubang ini dengan spidol warna.

 

Alat dan Bahan yang Diperlukan untuk Isi Ulang Tinta

Salah satu keunggulan dari printer Canon adalah bisa diisi ulang tanpa harus boros membeli cartridge baru setiap kali tinta habis. Kini, Anda pun sudah mengetahui posisi dan letak tinta warna Canon dalam cartridge. Saatnya menyiapkan alat dan bahan untuk mengisi ulang tinta warna. Pertama, pastikan Anda sudah membeli tinta isi ulang khusus Canon, ya. 

 

Kemudian, siapkan alat suntik dan tisu. Alat suntik ini untuk memasukkan tinta ke dalam lubang cartridge. Selama Anda sudah menyiapkan alat dan bahan berikut, maka Anda siap untuk mengisi ulang tinta warna Canon. 

 

Cara Mengisi Ulang Tinta Warna Canon

Langkah pertama dalam mengisi ulang tinta warna Canon adalah menyalakan mesin printer. Betul, printer harus dalam keadaan nyala saat Anda akan melepas cartridge. Ketika printer dalam keadaan stand by, buka cover dari mesin printer dan lepas cartridge tinta warna Canon. Hati-hati dalam melepas cartridge, jangan ditarik paksa.

 

Selanjutnya, barulah Anda bisa melepas atau melubangi stiker seperti arahan sebelumnya. Masukkan tinta warna ke dalam alat suntik dengan takaran 5-10 ml. Tutup bagian head cartridge dengan tisu dan suntikkan tinta warna ke dalam lubang. Banyak kasus di mana tinta bocor dan tidak masuk ke dalam cartridge, hal ini bisa Anda hindari dengan memasukkan jarum suntik ke lubang yang terasa seperti dilapisi gabus. 

 

Ulangi proses isi ulang tinta ini untuk warna-warna lainnya. Pastikan juga bahwa Anda tidak memasukkan tinta sampai penuh apalagi luber, karena hal ini dapat membuat hasil printing jadi jelek dan berantakan. Setelahnya, bersihkan head cartridge dengan tisu dan pasangkan kembali ke posisi dan letak tinta warna Canon semula. Tutup cover printer dan Anda pun sudah bisa menggunakan kembali printer tersebut.

 

Tips Dalam Isi Ulang Tinta Warna Canon

Umumnya, printer akan memberikan notifikasi apabila tinta sudah hampir habis. Penting sekali untuk tidak membiarkan cartridge benar-benar dalam keadaan kosong karena ini berpotensi menyebabkan cartridge mengering dan tidak bisa lagi diisi ulang. 

 

Perhatikan takaran tinta yang ingin Anda suntikkan. 10-20 ml setara dengan 5 sampai 8 tetes tinta. Jika Anda sudah terlanjur menyuntikkan tinta sampai penuh atau luber, biarkan saja tinta keluar dengan sendirinya. Tidak perlu mengelapnya dengan tisu karena malah akan membuat cartridge jadi macet.

 

Lantas, bagaimana bila secara tidak sengaja salah menyuntikkan tinta warna Canon? Jangan panik! Segera ambil beberapa tisu dan bungkus cartridge sampai tinta merembes keluar. Biarkan selama beberapa menit untuk memastikan seluruh tinta sudah keluar sepenuhnya. Tes kembali dengan mencoba print beberapa kali. Jika sudah, maka Anda bisa kembali menyuntikkan tinta warna yang sesuai dengan letak tinta warna Canon.

WhatsApp chat