Hasil Fotocopy Kertas Melengkung? Kenapa?

Hasil Fotocopy Kertas Melengkung? Kenapa?

Hasil fotocopy kertas melengkung pastinya merusak kualitas cetak. Bisa jadi, akibat kertas melengkung ini, beberapa bagian tidak tercetak dan Anda pun harus mengulangnya. Namun, bagaimana jika lagi-lagi kertas melengkung dan hasil cetak kembali tidak sempurna? Pastinya bikin frustasi dan memperlambat pekerjaan. Untuk itu, mari cari tahu apa penyebab kertas fotocopy melengkung dan cara mengatasinya. 

 

Penyebab Hasil Fotocopy Kertas Melengkung

Hasil fotocopy kertas melengkung bukan tanpa sebab. Kalau sampai hal ini terjadi, maka dapat dipastikan ada masalah pada mesin atau ketidaksesuaian kertas. Satu hal yang perlu Anda tahu, sebenarnya setiap mesin fotocopy sudah diatur sedemikian rupa agar menghasilkan kualitas cetak terbaik. Namun yang namanya mesin, pastilah ada masalah atau kerusakan. Bahkan, untuk mesin fotocopy sekelas Canon IR 2525w dan Canon IR 2635i DADF saja bisa mengalami hasil cetak melengkung. 

 

Lalu, apa yang menjadi penyebab hasil fotocopy kertas melengkung? 

  • Kurang Pas Saat Menata Kertas

Kertas hasil cetak yang melengkung bisa jadi dikarenakan penempatannya kurang pas. Saat Anda mengisi kertas di mesin fotocopy, pastikan semuanya sudah lurus, rapi, dan terletak sempurna pada tempatnya. Sebab kalau tidak, di akhir proses cetak kertas ini bisa melengkung atau bahkan terlipat dan nyangkut. 

 

  • Suhu Pemanasan Mesin yang Terlalu Tinggi

Saat kertas melewati mesin fotocopy, akan terjadi proses pemanasan demi menempelkan toner warna ke atas permukaan kertas. Biasanya, suhu pemanasan sudah diatur pada angka 180-200 derajat celcius. Tetapi terkadang, suhu ini terlalu tinggi untuk beberapa jenis kertas, atau memang suhunya berubah sehingga menyebabkan kertas melengkung, bahkan terlipat. 

 

  • Kertas Lembap

Alasan berikutnya mengapa kertas hasil fotocopy bisa sampai melengkung adalah tingkat kelembapannya terlalu tinggi. Kalau kertas terlalu lembap dan mengalami pemanasan saat proses fotocopy, maka kertas akan semakin melengkung. Tak jarang pula kertas tersangkut di mesin saat dicetak bolak-balik. 

 

  • Kurang Pelicin atau Grease

Beberapa tipe mesin fotocopy saat ini menggunakan sistem pemanas yang membutuhkan pelicin atau grease. Fungsi pelicin ini adalah untuk melumasi fixing agar jalannya kertas licin. Terkadang mesin fotocopy yang sudah lama dipakai kehabisan grease, sehingga kertas tidak akan lancar melewati fixing. Alhasil, kondisi tersebut menyebabkan kertas melengkung, bahkan macet. 

 

  • Gumpalan Toner pada Roller Fixing

Coba buka mesin fotocopy Anda dan lihat pada bagian roller fixing. Apakah mungkin ada gumpalan toner berwarna hitam yang mengeras di ujung roller fixing? Kalau ya, maka gumpalan tersebutlah yang menjadi alasan mengapa fotocopy kertas melengkung. Untuk mengatasinya, cukup bersihkan bagian roller fixing hingga tidak ada gumpalan toner yang tersisa. Lalu, tes lagi apakah kertas sudah sudah tidak melengkung. 

 

  • Bushing Fixing Hancur

Untuk mencari tahu pada proses mana kertas fotocopy mulai melengkung, Anda bisa membuka mesin dan mengamati setiap pergerakan kertas. Kalau kertas mulai melengkung setelah meninggalkan area fixing, maka permasalahannya ada di area fixing tersebut. Biasanya, masalah ini ditimbulkan oleh bushing fixing yang hancur. Sehingga menyebabkan kemiringan pada roller dan membuat kertas fotocopy melengkung. Kalau begini, lebih baik Anda segera mengganti roller fixing agar tidak menyebabkan masalah di kemudian hari. 

Baca juga: Jangan Asal Pilih, Pilih Kualitas Kertas Fotocopy dengan 3 Cara Ini

Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Kertas Melengkung

Sekilas tadi sudah dijelaskan bahwa untuk mengatasi hasil kertas fotocopy melengkung adalah dengan mengganti bushing fixing yang telah hancur dengan komponen baru. Begitu juga dengan pembersihan gumpalan toner yang mengeras di bagian roller fixing. Tetapi kalau masalahnya adalah kertas fotocopy lembap, maka Anda perlu melakukan penggantian kertas dengan yang lebih kering. Lalu, pastikan pula kelembapan kertas ini tetap terjaga agar tidak terdapat banyak kadar air di serat-serat kertasnya. 

 

Selanjutnya, Anda bisa melakukan perawatan mesin fotocopy secara berkala, termasuk memastikan tersedia cukup pelicin atau grease pada bagian fixing. Dengan  begitu, sudah pasti mesin fotocopy akan lancar dan tidak ada masalah kertas melengkung, terlipat, bahkan tersangkut di dalam. Mudah, kok, cara mengolesi pelumas ini. Anda hanya perlu membuka bagian fixing dan mengolesi fuser dalamnya dengan grease. 

Kini, Anda sudah jauh lebih tahu penyebab fotocopy kertas melengkung. Untuk mencegahnya, Anda bisa menjaga kelembapan kertas serta komponen penunjang di dalam mesin agar kualitas hasil cetakan bisa optimal. Untuk info dan tips perawatan mesin fotocopy lain, bisa Anda baca di Pusatfotokopi.

Dan pusatfotokopi.com hanya menyediakan mesin fotocopy terbaru berkualitas, hanya untuk Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat