fungsi mesin fotocopy

5 Fungsi Mesin Fotocopy Berdasarkan Komponen Pentingnya

Sebagian besar orang mengetahui cara menggunakan mesin fotocopy sebagai perangkat duplikasi atau pengganda dokumen instan. Seiring perkembangan teknologi, mesin fotocopy mengalami evolusi dari segi komponen maupun kegunaannya.

Dahulu, sebagian besar mesin fotocopy mempunyai bodi bongsor, tetapi kini ada sejumlah produsen yang memproduksi alat duplikasi yang lebih praktis dan terjangkau dari segi harga.

Meski begitu, mesin fotocopy sebenarnya masih mempertahankan teknik-teknik dasar. Mengenali fungsi perangkat ini berdasarkan komponennya pun akan memudahkan Anda saat akan memakainya.

Fungsi 5 Komponen Utama Mesin Fotocopy

Berikut ini merupakan fungsi komponen-komponen utama dari mesin fotocopy:

1. ADF

Merupakan akronim dari Automatic Document Feeder, komponen ini ditempatkan di atas mesin fotocopy yang menyatu dengan tutupnya. ADF memegang peran penting pada mesin fotocopy, yakni menduplikasi dokumen secara praktis dalam waktu cepat tanpa harus membuka penutupnya. Dengan begitu, Anda bisa menyalin dokumen maupun ilustrasi dalam jumlah banyak, baik dengan teknik bolak-balik maupun pada salah satu sisi saja seperti tipe mesin fotocopy Canon IR 2006n DADF, Canon IR 2545 w DADF, dan masih banyak tipe lainnya.

2. Korona bawah

Komponen selanjutnya yang mempunyai peran penting pada mesin fotocopy adalah koroner bawah. Bagian tersebut yang akan mengatur jalannya kertas saat melewati drum pemutar. Anda bisa melihat korona bawah yang ditempatkan pada area pemanas. Selain itu, bagian ini juga yang mempengaruhi kualitas salinan. Supaya fungsinya bertahan lama, pemilik mesin fotocopy disarankan membersihkan korona bersih secara berkala.

3. Korona atas

Bagian berikutnya yang berkontribusi pada fungsi mesin fotocopy adalah korona atas. Sesuai namanya, komponen tersebut masih berhubungan dengan korona bawah. Korona atas umumnya ditempatkan pada unit drum, sehingga dapat menjaga keseimbangan drum saat proses duplikasi sedang dilakukan. Seperti korona bawah pula, bagian pada mesin fotocopy ini harus Anda jaga kebersihannya agar pencetakan dokumen tidak terhambat di tengah jalan.

4. Lampu pemindai

Berlokasi tepat di bawah kaca, lampu scanner atau lampu pemindai umumnya menggunakan sinar UV. Pasalnya, jenis cahaya tersebut dapat bekerja optimal untuk memindai dokumen secara menyeluruh dan nantinya akan ditransfer sebagai duplikasi dokumen ke kertas baru. Ketika proses pemindaian sedang berlangsung, sebaiknya Anda tidak langsung memandang cahaya dari lampu tersebut, karena berpotensi merusak mata.

5. Drum

Berkaitan dengan poin sebelumnya, lampu pemindai akan memproyeksikan dokumen atau ilustrasi yang akan disalin. Kemudian, proyeksi tersebut akan diterima drum pemutar untuk kemudian dicetak pada kertas memakai tinta bubuk atau toner. Dibandingkan bagian lain, drum adalah komponen paling mahal mengingat perannya sangat penting dalam perangkat tersebut. Untuk mengetahui kualitasnya, cetaklah kertas memakai tinta hitam blank. Jika tidak ada bintik putih, bisa dipastikan drum itu masih bagus.

Itulah lima fungsi mesin fotocopy berdasarkan komponennya. Dengan mengetahui setiap peran dari bagian alat pengganda, Anda akan lebih mudah mengoperasikan hingga merawatnya secara berkala.

Untuk Anda yang ingin memulai usaha fotocopy. kini kami menyediakan paket usaha fotocopy untuk Anda, mulai usaha Fotoocpy Anda sekarang!

WhatsApp chat