fungsi kertas kalkir

Mengetahui Fungsi Kertas Kalkir beserta Ukurannya

Kertas dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Terbuat dari serat kayu pohon, kertas jadi salah satu elemen penting dalam berbagai pekerjaan dan aktivitas. Kita tahu bahwa penggunaan jenis kertas yang digunakan, tergantung pada kebutuhan dan fungsi dari jenis kertas itu sendiri. Ini karena setiap jenis kertas memiliki tekstur permukaan, ketebalan, ukuran serta fungsi yang berbeda. Kali ini Pusat Fotokopi akan menjelaskan salah satu jenis kertas, yaitu kertas kalkir. Kami akan mengajak Anda mengenali fungsi kertas kalkir, beserta ukuran-ukurannya. 

Apa Fungsi Kertas Kalkir?

Sebelum berlanjut ke fungsi dari kertas kalkir, apakah sebenarnya Anda tahu mengenai kertas kalkir itu sendiri? Kertas kalkir berbeda dari kertas yang biasanya kita gunakan untuk menulis atau mencetak (printing). Karakter yang menjadikan kertas ini unik adalah tekstur kertasnya yang tembus pandang atau transparan, di mana kertas yang biasanya kita gunakan berwarna putih, cokelat atau warna-warna lainnya. Selain itu teksturnya cukup keras, tetapi juga halus dan tipis. 

Baca Juga: Kenali Berbagai Jenis Kertas Fotocopy yang Biasa Digunakan

Namun sebenarnya, karakter kertas kalkir pertama kali tidak sekeras saat ini. Sebelum tahun 1862 ketika kertas ini pertama kali dibuat secara massal, karakteristik dari kertas kalkir sangat tipis dan rapuh. Saat digunakan untuk menggambar atau mendesain, kertas kalkir memerlukan perekat selotip untuk memastikan setiap bagian kertas yang robek tidak hilang. Setelah melewati berbagai percobaan, lahirlah kertas kalkir dengan tekstur cukup keras yang tidak mudah robek. 

Fungsi dari kertas kalkir seperti sudah disinggung yaitu untuk menggambar atau mendesain. Ini karena kertasnya yang transparan memudahkan menggambar secara tepat di meja gambar arsitek. Namun penggunaannya tidak terbatas untuk mendesain dan tetap bisa digunakan untuk berbagai macam pekerjaan Anda. 

Apa Saja Ukuran Kertas Kalkir?

Kertas kalkir pada umumnya memiliki berbagai ukuran seperti kertas HVS dan kertas jenis lainnya. Kertas kalkir dijual di pasaran dengan berbagai ukuran seri A, ukurannya bisa Anda lihat seperti tabel di bawah ini. 

 

Ukuran (dalam seri) Ukuran (dalam cm)  Ukuran (dalam inci) Penggunaan
A0 84,1 x 118,9 33,11 x 46,81 Perlengkapan kantor, mendesain, pelapis alat elektronik, hobi, koleksi, perlengkapan pesta, journaling, crafting, stiker sablon, stiker undangan, stempel warna, dan percetakan.
A1 59,4 x 84,1 23,39 x 33,11
A2 42 x 59,4  16,54 x 23,39 
A3 29,7 x 42 11,69 x 16,54
A4 21 x 29,7 8,27 x 11,69

 

Selain berbagai ukuran dari seri A, kertas kalkir juga dijual dalam bentuk roll. Kertas kalkir dalam bentuk roll akan memudahkan Anda untuk memotong sesuai ukuran yang dibutuhkan. Dengan begitu kertas yang digunakan tidak terbuang percuma. 

Baca Juga: Panduan Ukuran Kertas Fotokopi yang Bisa Memudahkanmu

Beli Mesin Fotokopi di Pusat Fotokopi

Penggunaan kertas kalkir sebenarnya bisa digunakan untuk berbagai keperluan, tidak selalu untuk mendesain atau menggambar seperti pada tabel di atas. Anda bisa membeli dan menyimpannya untuk berbagai keperluan di masa yang akan datang. Anda juga bisa membeli mesin photocopy agar berbagai pekerjaan mencetak bisa Anda selesaikan. Memiliki satu mesin photocopy dengan fitur cetak berwarna, print hitam putih, scan dan fotokopi tentu sangat bermanfaat, bukan? 

Mesin photocopy bahkan bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga untuk mengerjakan tugas mereka atau sekedar mencetak keperluan hobi seperti journaling dan crafting. Anda bisa mencari mesin photocopy dengan semua fitur tersebut di Pusat Fotokopi. Langsung saja kunjungi website Pusat Fotokopi dan dapatkan promo menarik sekarang juga!

WhatsApp chat