fotokopi ktp

Fotokopi KTP Anti Ribet Dengan Cara Ini

Kendati Indonesia telah menerapkan sistem E-KTP, faktanya masih banyak sistem yang belum terintegrasi dengan data kependudukan. Oleh karena itu, beberapa proses administrasi biasanya masih membutuhkan fotokopi KTP sebagai syarat kelengkapannya.

Namun, ukuran KTP yang relatif kecil terkadang tak sebanding dengan ukuran kertas yang tersedia. Jika hanya melakukan fotokopi KTP sebanyak satu buah, tentu disayangkan, bukan? Di sisi lain, jika harus menggandakan KTP dalam jumlah banyak sekaligus—apalagi bolak-balik—tentu akan ribet, bukan?

Jawabannya: tentu saja…. jika masih menggunakan mesin fotokopi analog. Kini, perangkat dengan fungsi utama menggandakan dokumen dengan praktis sudah dibekali dengan teknologi digital. Contoh yang paling banyak direkomendasikan adalah Canon seri IR (Image Runner), seperti Canon IR 3045, 3245, IRA 4051, IRA 6075, IRA 6275 yang memiliki fungsi image repeater dan cocok untuk fotokopi KTP dalam jumlah yang banyak.

Cara Fotokopi KTP Jumlah Banyak dalam Satu Lembar

Untuk membuat fotokopi KTP dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu lembar menggunakan mesin fotokopi digital pun tidaklah sulit. Sebagai gambaran, berikut adalah cara menggandakan KTP menjadi banyak sekaligus dalam satu lembar kertas menggunakan mesin fotocopy Canon

  1. Letakkan KTP di sisi kiri atas pada permukaan kaca area scanner secara horizontal. Hindari untuk meletakkan KTP terlalu mepet pada pembatas (keluar area scanner).
  2. Pilih Special Features pada layar LCD mesin fotokopi.
  3. Tekan Image Repeat.
  4. Isilah kolom X dan Y sesuai jumlah yang akan dicetak. X merupakan banyaknya fotokopi KTP yang akan dicetak ke samping (baris), sedangkan Y merupakan banyaknya fotokopi KTP yang akan dicetak ke bawah (kolom).
  5. Tekan OK, lanjutkan dengan tekan DONE.
  6. Tekan Two-Sided.
  7. Pilih Paper Select untuk memilih jenis ukuran yang akan digunakan: A4, F4, atau yang lainnya sesuai kebutuhan.
  8. Tekan tombol Start. Mesin fotokopi akan mulai melakukan scanning bagian KTP yang menghadap ke bawah (kaca).
  9. Balik KTP dengan posisi seperti sebelumnya—tetapi beri jarak sekitar 1 cm dari tepi kiri.
  10. Tekan tombol Start. Mesin fotokopi akan mulai melakukan scanning bagian KTP yang satunya.
  11. Klik Done.
  12. Selesai.

Sangat mudah, bukan? Kini hanya dengan langkah-langkah sederhana, Anda bisa lakukan sendiri dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, menawarkan solusi fotokopi KTP sekaligus seperti ini kepada pelanggan juga akan meningkatkan keuntungan. Pun tentu saja, tak ada lagi sisa kertas yang terbuang sia-sia.

Baca juga: Tips Mencari Sebuah Mesin Fotocopy dibeli dengan Harga Murah

Memilih Perangkat yang Tepat

Selain Canon IR, masih banyak mesin fotokopi digital lainnya yang dapat memberi fitur ini. Namun yang mana pun opsinya, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut saat memilih mesin fotokopi digital.

Sesuai Kebutuhan

Di samping ukuran (dimensi), fitur sebuah mesin fotokopi juga berbeda-beda antara satu dan lainnya. Pilihlah yang benar-benar sesuai kebutuhan dengan mempelajari terlebih dahulu spesifikasinya.

Memilih Distributor Berkualitas

Umumnya mesin fotokopi di Indonesia dijual via distributor. Belilah perangkat dari distributor terpercaya yang jual mesin fotocopy dan melihat track record-nya.

Ketersediaan Suku Cadang dan Service Center

Pilih perangkat dengan suku cadang yang mudah ditemui dan mempunyai jaringan service center yang luas. Hindari membeli mesin fotokopi yang tidak memenuhi kondisi ini untuk memudahkan Anda nantinya saat harus memperbaiki mesin yang bermasalah dan membutuhkan perbaikan cepat.

Memastikan Garansi

Distributor berkualitas dan kredibel biasanya akan menyertakan garansi untuk produk yang ditawarkan. Perhatikan syarat dan ketentuan serta jangka waktu garansi yang diberikan.

Demikianlah informasi tentang cara fotokopi KTP dalam jumlah banyak sekaligus tanpa ribet. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat