fotokopi jarak jauh disebut dengan

Fotokopi Jarak Jauh Disebut dengan Faximile, Tapi Bagaimana Caranya?

Revolusi industri 4.0 membuat instansi berlomba-lomba menggalakkan digitalisasi. Kendati begitu, faktanya masih banyak instansi yang tetap memerlukan dokumen asli (fisik berupa kertas) untuk menilai keabsahan dokumen tersebut.

Oleh karena itu, teknologi fotokopi hingga kini masih banyak dipertahankan. Mesin seperti Fuji Xerox DC s2320, Canon IR 2006n DADF, Canon IR 2625, dan Canon IR 1643i yang terkenal akan kualitasnya masih cukup banyak berada dalam daftar pengadaan barang instansi. 

Selain itu, mesin fotocopy jarak jauh pun turut masuk dalam pengadaan inventaris instansi. Adapun dalam bahasa yang lebih familier, fotokopi jarak jauh disebut dengan faximile.

Telegram vs Faximile vs Fotokopi

Faximile atau yang biasa disebut dengan faks berasal dari kata ‘fac simile’ yang berasal dari bahasa Latin dan berarti ‘membuat salinan yang sama dengan aslinya’ (make similar). Teknologi ini merupakan pengembangan dari telegram, yakni mesin untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh dengan menggunakan morse sebagai kode komunikasinya.

Seperti telegraf, faks pun memungkinkan pengiriman dan penerimaan informasi dari jarak jauh. Hanya saja, bentuk informasi pada faks adalah salinan dokumen asli—seperti fotokopi standar pada umumnya.

Cara Kerja Faximile

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fotokopi jarak jauh disebut dengan faximile. Namun, apakah hal tersebut berarti cara kerja mesin fotokopi sama dengan cara kerja mesin faks?

Jawabannya: tidak. Fasilitas faximile baru dapat dilakukan jika pihak penerima dan pengirim sama-sama mempunyai mesin faks dan telepon. Selain itu, proses penyalinan dokumen menggunakan fax menerapkan prinsip konversi sinyal listrik, sedangkan mesin fotokopi menerapkan prinsip listrik statis.

Untuk mempermudah pemahaman cara kerja faks, perhatikan uraian berikut.

  1. Pengirim memasukkan dokumen yang akan dikirim pada bagian feeder.
  2. Pengirim menekan nomor telepon mesin faks yang dituju.
  3. Jika koneksi antara pengirim dan penerima telah terhubung, maka proses scanning akan dimulai dengan tahapan sebagai berikut.
  1. Mesin faks sisi pengirim mengubah hasil scanning ke dalam bentuk sinyal listrik—daerah yang terang akan dikodekan sebagai ‘1’ dan daerah yang gelap akan dikodekan sebagai ‘0’.
  2. Sinyal listrik ditransmisikan melalui saluran telepon menuju penerima.
  3. Mesin faks sisi penerima akan mengubah sinyal listrik (kode 1 dan 0) tersebut ke dalam bentuk aslinya untuk kemudian dicetak.

Mesin faks juga membutuhkan kertas khusus yang disebut thermal paper. Kertas ini sensitif terhadap panas dan dipenuhi oleh bahan kimia yang akan berubah warna saat dipanaskan. 

Kendati demikian, dalam praktiknya di dunia bisnis, thermal paper tidak dapat diakui sebagai sebuah bukti nyata dalam hukum undang-undang—kecuali sudah lebih dulu disalin. Pasalnya, tinta pada thermal paper relatif gampang luntur (terutama jika disimpan dalam waktu lama maupun terkena sinar matahari) dan tergulung.

Baca juga: Ini 4 Tipe Mesin Fotokopi Connect to Android Terbaik

Pilihan Pengiriman Faximile

Faks adalah alternatif untuk pengiriman salinan dokumen langsung dalam bentuk fisik (hardcopy) dalam waktu singkat. Adapun dalam berdasarkan waktu pengirimannya, sebuah mesin faks menawarkan tiga pilihan pengiriman sebagai berikut.

Mode Standard

Mode ini memungkinkan pengiriman terjadi dalam waktu cukup singkat, tetapi kualitas salinannya standar (dalam beberapa kasus bahkan dapat dinilai buruk).

Mode fine

Mode ini memungkinkan pengiriman terjadi dalam waktu sedikit lebih lama, tetapi kualitas salinannya lebih baik dibandingkan mode standard.

Mode Superfine

Mode ini memungkinkan pengiriman terjadi dalam waktu lebih lama lagi, tetapi kualitas salinannya paling baik di antara ketiga mode.

Demikianlah informasi tentang faks, teknologi fotokopi jarak jauh yang masih banyak digunakan di berbagai instansi hingga saat ini. Semoga bermanfaat!

WhatsApp chat