Inilah Cara Fotocopy Buku Tabungan Anda Dengan Mudah

Cara Fotocopy Buku Tabungan Anda dengan Mudah

Terkadang kita akan butuh untuk memfotokopi buku tabungan kita untuk keperluan tertentu. Salah satunya adalah ketika ingin mendaftar BPJS kesehatan. Salah satu syarat yang dibutuhkan adalah fotocopy buku tabungan dari bank yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan. Untuk bisa memfotokopi buku tabungan ini, Anda bisa mengikuti berbagai cara berikut ini. Yuk mari kita perhatikan cara-cara di bawah ini untuk bisa memulai kegiatan fotokopi buku tabungan Anda.

Mengenal Buku Tabungan Anda

Buku tabungan menjadi bukti untuk para nasabah suatu bank bahwa mereka telah menjadi penabung di bank tertentu. Setiap tabungan nasabah akan diberikan buku tabungan, yang akan bisa menggambarkan mutasi setoran, penarikan, dan juga saldo atas setiap transaksi yang terjadi.

Bentuk tabungan sendiri bermacam-macam, beberapa yang cukup sering digunakan adalah:

  1. Tabungan Konvensional

Jenis tabungan ini hampir dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tabungan ini paling populer karena sangat mudah sekali mengajukannya. Serta proses pembuatan yang cepat.

  1. Tabungan Berjangka

Tabungan yang satu ini, membuat para nasabah tidak bisa mengambil uang tersebut setiap saat. Proses pengambilan uang hanya bisa dilakukan sesuai jadwal kesepakatan.

  1. Tabungan Giro

Tabungan Giro merupakan tabungan khusus untuk transaksi bisnis. Tabungan giro diutamakan untuk transaksi berbagai perusahaan.

Bagaimana Cara Memfotokopi Buku Tabungan Anda?

Sebelum memulai kegiatan ini, perhatikan berbagai tombol yang ada pada mesin fotocopy yang ingin Anda gunakan. Ada berbagai macam tombol yang terpasang pada mesin dan tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti:

  • Tombol reset akan berfungsi untuk menghapus program dan mengembalikan pengaturan seperti semula.
  • Tekan tombol check counter memiliki fungsi untuk melihat jumlah kertas yang telah berhasil dikopi.
  • Lalu tombol angka akan berguna untuk pengaturan seperti besar,ukuran, dan jumlah kertas yang akan digunakan.
  • Untuk berhenti melakukan proses fotokopi, tekan tombol stop berfungsi untuk menghentikan mesin yang sedang beroperasi.
  • Tombol clear berfungsi untuk menghapus pengaturan yang sudah dibuat agar kembali ke pengaturan sebelumnya.
  • Dan tombol fungsi option berfungsi untuk membuka program pada mesin fotocopy dan mengatur beraham fungsi yang terdapat di mesin.
  • Tombol ON/OFF berfungsi untuk menyalakan atau mematikan mesin.

Setelah mengetahui berbagai fungsi tombol yang ada pada mesin fotocopy,  yang selanjutnya harus adalah cara fotocopy buku tabungan Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini. Mari kita mulai:

  1. Tekan tombol ON untuk menyalakan mesin fotocopy.
  2. Arahkan area buku tabungan yang ingin Anda fotokopi di atas kaca. Letaknya biasanya di bawah scanner. Jangan lupa sesuaikan posisi buku tabungan dengan cermat agar hasil fotokopinya rapi dan memuaskan. Caranya adalah dengan memastikan bahwa tepi kertas bagian atas ada pada garis skala dan posisi kertas pas di tengah.
  3. Tekan tombol paper select, kemudian atur berapa ukuran kertas yang akan digunakan.
  4. Tombol angka untuk mengatur berapa lembar kertas yang akan dikopi.
  5. Mulai fotocopy dengan menekan tombol start, lalu tunggu selama beberapa saat sampai mesin fotocopy selesai mengeluarkan kertas yang merupakan hasil fotocopy.
  6. Jika mesin sudah selesai digunakan, matikan dengan menekan tombol OFF.

Baca Juga: Apa itu Mesin Fotocopy Rekondisi

Bagaimana, mudah bukan? Tentunya, semakin sering Anda menggunakan mesin fotocopy, maka semakin mahir dalam mengoperasikan dan memfotokopi berbagai dokumen penting. Selama Anda memperhatikan langkah-langkah di atas, maka kecil kemungkinan ada masalah sepanjang melakukan proses fotocopy ini.

Dapatkan banyak informasi lainnya mengenai mesin fotocopy di PusatFotokopi

Sewa Rental Mesin Fotocopy

WhatsApp chat