cara sukses memulai bisnis fotocopy

Cepat Balik Modal, Ini 4 Cara Sukses Memulai Bisnis Fotocopy

Kebanyakan orang tidak ingin kerja kantoran dan memilih untuk membuka usaha sendiri yang sukses dan menguntungkan. Padahal membuka usaha sendiri tidaklah mudah dan memiliki banyak tantangan sendiri cara sukses memulai bisnis fotocopy. Perlu banyak pembelajaran dan pengorbanan agar sebuah bisnis dapat berjalan lancar.

Dari banyaknya bisnis yang dapat didirikan, ada satu bisnis yang masih dapat bertahan hingga saat ini, yaitu bisnis fotocopy. Kamu dapat menemukan bisnis fotocopy di banyak tempat. Ada bisnis fotocopy yang didirikan di sekolah, perumahan, bahkan di dekat perkantoran.

Bisnis fotocopy memang tidak memerlukan modal yang sebesar bisnis lainnya. Kamu hanya perlu menyediakan alat-alat fotocopy berserta tempat yang strategis. Peluang bisnis fotocopy juga besar, karena semua orang pasti membutuhkan jasa cetak.

Bisnis fotocopy juga bukan merupakan bisnis yang musiman. Bisnis ini akan selalu laku setiap saat karena tidak bergantung pada musim-musim tertentu. Semua kalangan membutuhkan bisnis fotocopy, dari pelajar, pekerja kantoran, mahasiswa, hingga karyawan, dan lain-lain.

Selain itu, barang-barang yang dijual di bisnis fotocopy tidak akan basi dan kadaluwarsa. Berbeda dengan bisnis makanan atau minuman, semua barang yang dijual pasti memiliki tanggal kadaluwarsa. Harga-harga barang yang dijual di bisnis fotocopy juga memiliki harga yang relatif stabil.

Sebenarnya, apa saja yang harus dilakukan agar bisnis fotocopy dapat sukses dan cepat balik modal? Yuk, ikuti 4 cara berikut ini!

Memilih lokasi bisnis yang tepat

Setiap bisnis harus didirikan pada lokasi yang tepat dan strategis. Kamu dapat menyesuaikan lokasi bisnismu dengan target market yang dituju. Apabila kamu membuka bisnis fotocopy, tentunya kamu tidak boleh mendirikannya di tengah-tengah pasar. Di pasar, sangat sedikit kali orang yang membutuhkan jasamu.

Melainkan kamu dapat mendirikan bisnismu di dekat sekolah, kampus, atau kantor. Para pelajar dan pekerja pasti langsung berbondong-bondong pergi ke tempatmu saat membutuhkan jasa cetak. Di tempat-tempat yang strategis, tentunya bisnismu akan lebih berkembang karena mendapatkan banyak pelanggan.

Gunakan strategi pemasaran yang efektif

Selain tempat, kamu juga harus memperhatikan strategi pemasaran yang kamu gunakan. Pastikan strategi pemasaranmu ampuk, efisien, dan tepat sasaran. Apabila bisnis fotocopy-mu terletak di sekolah, maka kamu bisa membagikan brosur ke guru-guru maupun murid.

Guru akan menjadi pelanggan setiamu yang memerlukan jasa cetak untuk soal-soal ulangan. Selain itu, murid juga pasti membutuhkan jasa cetak untuk tugas sehari-hari. Jangan memberikan brosur kepada ibu penjaga kantin sekolah, karena pastinya itu tidak sesuai dengan target market.

Jangan lupa memasang spanduk yang besar di depan bisnismu agar orang-orang mengetahuinya. Selain itu, tentunya strategi pemasaran dapat dilakukan dari mulut ke mulut. Orang-orang akan melakukan promosi tentang bisnismu secara sukarela apabila servis yang mereka puas dengan servis yang didapatkan. Oleh karena itu, pastikan kamu memberikan servis yang terbaik dehingga pelangganmu puas dan kembali lagi menggunakan jasamu.

Sediakan fasilitas lengkap

Jangan lupa untuk pastikan bahwa bisnis fotocopy-mu memiliki tempat yang nyaman. Pelanggan pasti butuh menunggu hasil cetak yang dibutuhkan, sehingga fasilitas lengkap seperti tempat duduk dan kipas angin akan membuat pelanggan lebih nyaman menunggu. Selain itu, kamu dapat menjual barang sampingan seperti alat tulis, buku, dan map-map. Orang yang menunggu hasil cetakan dapat melihat-lihat barang yang dijual dan berujung membelinya.

Pertimbangkan harga fotocopy

Penetapan harga fotocopy harus dilakukan matang-matang. Hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah harga pesaing dan profit yang bisa didapatkan. Pastinya, harga fotocopy harus tetap memberimu untung. Namun harga tidak boleh terlalu tinggi agar pelanggan tidak beralih ke tempat fotocopy lainnya. Harga yang terlalu tinggi bisa membuat orang enggan untuk menjadi pelanggan di bisnis fotocopy-mu.

Demikianlah 4 cara yang dapat kamu ikuti agar sukses memulai bisnis fotocopy. Selain mengikuti beberapa cara di atas, tentunya kamu harus mempersiapkan mentalmu sendiri. Dengan memiliki mental kuat, kamu dapat menghadapi berbagai tantangan yang ada dan tidak mundur saat ada hambatan. Semoga bisnis fotocopy-mu menjadi sukses!

WhatsApp chat