print booklet

Pelajari Cara Print Booklet Selengkapnya Di Sini!

Cara Print booklet dengan fasilitas book fold di Microsoft Word

Mencetak booklet yang tampilannya mirip dengan buku, namun dengan ukuran yang berbeda, memang bukanlah sebuah hal mudah bagi setiap orang. Seringnya, Anda menyerahkan hal ini pada orang lain di tempat fotokopi atau tempat print dokumen. Padahal, print booklet tidaklah sesulit yang Anda kira, jika tahu cara dan tipsnya!

Persiapkan file dokumen yang akan diprint, beserta printer-nya

Booklet dapat dicetak dengan menggunakan Microsoft Word, Adobe Photoshop, Corel Draw, Indesign, dan Adobe Illustrator. Tapi, untuk memudahkan Anda, akan dibahas mencetak booklet dari Microsoft Word. Persiapkan terlebih dahulu file Word berisi booklet yang akan dicetak. Pastikan komputer atau laptop Anda sudah terhubung dengan printer. Cek juga bahwa printer berfungsi dengan sempurna.

 

Berikut langkah-langkah print booklet melalui Microsoft Word:

1.Buka dokumen booklet di Word yang akan dicetak. Kemudian tekan Ctrl + P atau buka tab File 🡪 Print

 

2.Ketika muncul jendela baru, pilih dan ubah opsi sesuai dengan hasil cetak yang Anda inginkan. Terutama pada bagian kertas, margin, dan nomor halaman yang akan dicetak.

 

3.Ubah bagian Print One Sided menjadi Print on Both Sides (Flip Pages on Long Edges) atau Print on Both Sides (Flip Pages on Short Edges). Bedanya, Flip Pages on Long Edges akan menghasilkan cetakan bolak-balik dari kiri ke kanan dan sebaliknya. Sedangkan Flip Pages on Short Edges menghasilkan cetakan dari atas ke bawah.

 

4.Anggap saja Anda memilih Flip Pages on Long Edges. Setelah klik pilihan ini, kemudian tekan Print untuk memulai proses percetakan dokumen. Tunggu hingga proses ini selesai. Anda bisa memonitornya lewat jendela proses printing yang muncul di bagian pojok layar komputer atau laptop.

 

5.Perlu diketahui, proses printing akan berlangsung dalam dua sesi. Yang pertama untuk mencetak halaman dengan nomor ganjil (1, 3, 5, 7 dst.), yang kedua akan mencetak halaman genap (2, 4, 6, 8, dst.).

 

6.Bila sesi percetakan yang pertama sudah selesai, ambil hasil cetakan dan balikkan seluruh kertas tersebut dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri, tanpa mengubah urutan nomor halaman. Untuk lebih mudahnya. Anda bisa mengikuti instruksi yang akan muncul di layar komputer atau laptop.

 

7.Jangan membalikkan kertas satu persatu. Balikkan semuanya secara bersamaan dalam satu balikan saja.

 

8.Setelah membalik kertasnya, masukkan kembali ke dalam printer untuk memulai proses percetakan sesi kedua. Klik OK bila sesi kedua bisa dimulai.

 

9.Tunggu hingga proses selesai dan Anda bisa lihat hasil printing booklet.

 

10.Bila Anda menggunakan opsi yang kedua, yaitu Flip Pages on Short Edges, tinggal balikkan saja arah kertas hasil cetakan pertama, dari atas ke bawah atau bawah ke atas.

 

Nah, sangat mudah sekali bukan, mencetak booklet dengan Microsoft Word dan printer sendiri di rumah? Tips untuk Anda yang baru pertama kali mencoba print booklet sendiri, ada baiknya mencoba terlebih dahulu mencetak beberapa lembar file sebagai percobaan. Sediakan empat atau enam lembar file untuk dicetak dengan pilihan booklet melalui Microsoft Word. Latih cara membalikkan kertas dengan benar, menggunakan dua opsi yang disediakan. Dengan cara ini, Anda bisa tahu apa perbedaan keduanya.

 

Baca Juga: Cara Nge-Print Bolak-Balik

 

Jika sudah yakin dan mantap dengan cara membalikkan kertas dari sesi printing satu ke dua, Anda bisa mulai proses percetakan yang sebenarnya. Latihan tadi akan mengurangi risiko salah balik kertas. Semoga membantu, ya!

Untuk mengetahui berbagai tipe mesin fotocopy untuk keperluan sehari-hari atau untuk usaha, silahkan cek disini!

WhatsApp chat