print kertas bolak-balik

Ternyata Begini Cara Ngeprint Bolak-Balik yang Tepat

Ngeprint kertas bolak-balik pada printer tentu saja bisa menghemat kertas. Namun cara yang satu ini seolah terlihat mudah. Akan tetapi dalam praktiknya, melakukan hal ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Jika dilakukan tanpa mengetahui karakter printer yang digunakan maka akan berpengaruh pada hasil akhir cetakan. Untuk mencetak kertas bolak-balik atau duplex terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan. Yaitu dengan cara print otomatis dan cara manual.

Cara print bolak-balik secara otomatis memang terlihat lebih mudah dan tidak memakan waktu lama. Akan tetapi bila menggunakan cara manual ada beberapa trik agar hasilnya sempurna. Berikut cara ngeprint bolak-balik yang tepat dan perlu Anda ketahui.

Kenali Fitur yang Ada Pada Printer

Ketika Anda mencetak dokumen secara bolak-balik, ada baiknya untuk memperhatikan fitur yang ada pada printer yang digunakan. Beberapa printer dilengkapi dengan yang mendukung percetakan duplex atau bolak-balik. Terkadang printer untuk jenis tertentu tidak dilengkapi dengan fitur ini sehingga cukup menyusahkan Anda, sehingga harus mencetak dengan cara yang manual.

Sebenarnya ada trik mudah untuk mengetahui ada tidaknya fitur pada printer untuk mencetak dokumen duplex pada mesin yang Anda gunakan. Cara pertama adalah menggunakan Microsoft Word. Kemudian lanjutkan dengan tekan ‘Print’ dan cari kotak yang mengindikasikan percetakan dua sisi atau print on both sides. Contohnya adalah double side, 2-side atau duplex. Atau Anda bisa mencarinya dengan membuka buku panduannya terlebih dahulu.

Cara Ngeprint Bolak-Balik

1. Print Bolak-Balik Dengan Printer Otomatis

Apabila printer yang Anda pakai mendukung fitur pencetakan duplex, maka secara otomatis Anda pun bisa melakukan print bolak-balik atau duplex ini. Cara mengaktifkannya pun mudah, Anda perlu memberi tanda centang pada menu ‘Double Side Printing’ pada bagian bawah pengaturan printer. Lewat cara ini, Anda pun tidak harus melakukan pengaturan secara berulang jika ingin mencetak dokumen yang cukup panjang.

Akan tetapi, bila dalam fitur otomatis ini tidak tersedia. Mau tidak mau Anda pun harus mengaturnya dengan cara manual. Yakni dengan mengubah pengaturan default menjadi duplex printing ketika akan melakukan pencetakan.

2. Print Bolak-balik Dengan Printer Manual

Dalam mencetak dokumen duplex secara manual, Microsoft Word mencetak tiap halaman pada sisi pertama lembar kertas. Lalu, Anda harus membalik kertas supaya pada halaman selanjutnya, hasil cetak akan berada di sisi lain kertas. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebelum menekan tombol print adalah sebagai berikut:

  1. Pertama masuklah ke kotak dialog print di bawah aplikasi printer.
  2. Lalu, pada menu ‘Print on Both Side’ kamu bisa pilih ‘Yes Flip Over
  3. Lanjutkan dengan scroll ke bawah dan pilihlah ‘Manual Duplex’ kemudian simpan pengaturan tersebut
  4. Print dokumen, namun balik kertas ke halaman yang kosong agar halaman selanjtnya bisa dicetak disini.

Baca Juga: Rekomendasi Mesin Fotocopy Canon untuk Usaha Pemula

3. Print Bolak-balik Dokumen Bolak-balik Dengan Cara lain

Mencetak dokumen bolak balik secara manual bisa pula dilakukan dengan teknik lainnya. Berikut trik dan langkah-langkahnya yang bisa Anda praktekkan:

  1. Buka dokumen pada Word dan klik ‘Print’ atau dengan shortcut Ctrl+p
  2. Selanjutnya Anda pilih opsi ‘Print Odd Numbered Pages’ ataupun menu lainnya dengan perintah yang sama. Ini akan membuat printer mencetak halaman ganjil.
  3. Lalu, klik ‘OK’ untuk mencetak halaman yang dipilih
  4. Langkah berikutnya Anda perlu memasukkan kertas ke dalam printer. Namun, perhatikan letak kertas agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Sebab, jika kertas tidak lurus atau presisi hasil cetakan akan buruk dan tidak tertata dengan baik. Untuk itu Anda perlu melakukan percobaan terlebih dahulu.
  5. Kemudian kembali ke Word dan pilih ‘Print Even Numbered Pages’ dan klik ‘OK’ mencetak halaman berikutnya pada sisi kertas yang lain. Halaman genap akan dicetak di sisi lain kertas yang sudah digunakan. Pastikan Anda sudah mencetak setiap halaman dari dokumen.

 

Memang, untuk mencetak kertas atau dokumen secara bolak-balik tidaklah semudah yang dibayangkan. Namun, bila Anda mempraktekkannya berulang kali tentu akan terbiasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

WhatsApp chat