Seseorang Mencari Cara Mengetahui IP Address Mesin Fotocopy

Cara Mengetahui IP Address Mesin Fotocopy

Tahukah Anda bahwa setiap mesin fotocopy mempunyai sebuah IP address dan ada cara mengetahui IP address mesin fotocopy tersebut. IP address pada mesin fotocopy berfungsi untuk menghubungkan mesin fotocopy dengan koneksi internet agar dapat terhubung dengan komputer. Pada artikel ini, Anda dapat mengetahui informasi tentang cara mengetahui IP address mesin fotocopy sekaligus kami akan memberikan panduan tentang cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer Anda.

 

Di zaman teknologi yang canggih seperti saat ini membawa beberapa perubahan dan pengembangan fitur-fitur pada mesin fotocopy. Dulunya, mesin fotocopy hanya dapat digunakan hanya sebatas untuk menyalin dan mencetak dokumen saja. Namun sekarang, Anda bisa menghubungkan mesin fotocopy dengan mesin fax dan bahkan juga dengan komputer. 

 

Hal ini dapat terjadi karena adanya IP address yang tertanam di dalam mesin fotocopy. Cara untuk mengetahui IP address sangat mudah dan bisa diterapkan pada seluruh mesin fotocopy, hanya saja mungkin ada terdapat perbedaan bahasa yang digunakan. Berikut ini panduan cara mengetahui IP address mesin fotocopy:

 

  • Tekan tombol ‘additional functions’ pada mesin fotocopy
  • Pilih menu ‘system settings’ pada layar sentuh mesin fotocopy
  • Selanjutnya pilih ‘network settings
  • Lalu masuk ke menu ‘TCP/IP settings
  • Pilih opsi ‘IPv4 settings
  • Terakhir pilih ‘IP address settings’ dan Anda dapat menemukan IP address mesin fotocopy Anda

 

Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy dengan Komputer

Pada mesin fotocopy saat ini, terdapat fitur ‘send’ yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan hasil scan dokumen pada komputer. Anda juga bisa melakukan beberapa penyetelan seperti format ukuran dan format warna sebelum akhirnya diubah menjadi file softcopy. Simak informasi selengkapnya mengenai cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer berikut ini:

 

  1. Gunakan Kabel UTP untuk Menghubungkan Mesin Fotocopy dengan Router

Siapkan kabel UTP atau kabel LAN yang sudah tersambung dengan router WiFi Anda dengan ujung colokan RJ45. Setelah itu, sambungkan kabel UTP tersebut pada soket yang sudah tersedia pada mesin fotocopy

 

  1. Lakukan Setting pada Komputer

Untuk dapat menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer, Anda perlu menginstal software khusus keluaran produk mesin fotocopy yang Anda miliki pada komputer agar dapat terhubung. Lalu, Anda perlu mencari tahu IP address komputer dengan cara berikut (khusus untuk pengguna sistem operasi Windows):

  • Tekan tombol windows + R secara bersamaan
  • Ketik ‘cmd’ pada kolom yang disediakan lalu pilih ‘ok’ dan command box akan muncul pada layar komputer Anda
  • Ketik ‘ipconfig’ lalu langsung tekan enter
  • Catat subnet mask, gateway, dan IP address pada kertas untuk selanjutnya kita masukkan ke dalam network settings pada mesin fotocopy

Baca juga: Cara Scan di Printer Mesin Fotocopy Canon IR 4570

  1. Lakukan Setting pada Mesin Fotocopy

    Setelah Anda mendapatkan data yang diperlukan, Anda bisa masuk kembali ke dalam IP settings dengan mengikuti cara mengetahui IP address mesin fotocopy sebelumnya. Lalu Anda dapat mengganti IP address, subnet mask, dan gateway yang sudah didapatkan pada mesin fotocopy tersebut.

     

  2. Lakukan Ping IP AddressLangkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah melakukan tes atau ping IP address agar kita dapat mengetahui apakah mesin fotocopy dan komputer telah terhubung atau belum. Caranya, Anda tinggal masuk ke dalam ping command yang ada di bagian network settings pada mesin fotocopy, lalu masukkan angka gateway dan tekan start

     

    Jika Anda mendapatkan notifikasi bahwa respon telah diterima, berarti mesin fotocopy dan komputer Anda telah terhubung. Namun bila Anda mendapatkan notifikasi bahwa respon gagal diterima, maka Anda harus mengecek kembali apakah IP address yang Anda masukkan sudah tepat atau belum.

     

Nah, itu dia cara mengetahui IP address mesin fotocopy dan juga cara menghubungkannya dengan komputer yang mudah sekali dilakukan.

Jangan lupa untuk mengunjungi website PusatFotokopi untuk melihat produk dan penawaran terbaik dari kami serta apabila Anda membutuhkan jasa servis mesin fotocopy, kami siap datang ke tempatmu, temukan mesin fotocopy sesuai dengan kebutuhan Anda

banner memulai usaha fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat