cara mengatasi mesin fotocopy loading

Mudah, Ini Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Loading

Mesin fotocopy merupakan salah satu alat yang paling mudah ditemukan di sekitar kita. Bahkan bagi karyawan kantor pastinya mesin fotocopy sangat dibutuhkan untuk menggandakan dokumen atau melakukan scan. Namun, sayangnya mesin fotocopy sangat mudah mengalami error mulai dari tiba-tiba tidak bisa digunakan hingga mengalami loading yang terus-menerus.

Bagi orang yang awam biasanya akan menyepelekannya dan mengira jika dibiarkan saja nantinya loading akan hilang sendiri. Padahal kondisi loading yang terus-menerus ini merupakan salah satu gangguan error yang memang sering terjadi pada setiap jenis fotocopy. Masalah loading yang terus-menerus ini umumnya diawali dengan monitor yang blank dan tidak menyala. Kemudian, hanya terlihat lampu power saja yang menyala dan barulah terlihat monitor yang terus-menerus loading dan tak kunjung selesai.

Sebenarnya apa sih penyebab dan cara mengatasi mesin fotocopy loading yang terus-menerus seperti ini? Simak ulasannya di bawah ini.

Beberapa Penyebab Mesin Fotocopy Loading Terus-menerus

Mesin fotocopy yang loading terus-menerus tentunya bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Umumnya penyebab utama dari kondisi yang satu ini adalah keadaan RAM yang kotor. Saat keadaan RAM kotor maka bisa membuat mesin fotocopy tidak bisa berfungsi dengan baik.

Selain RAM yang kotor, ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat mesin fotocopy mengalami kondisi loading terus-menerus yaitu saat ada kerusakan pada bagian DIIM ROM, harddisk mesin, pemanas dan thermistor serta sub thermistor. Jadi untuk mengetahui penyebab dari kondisi ini, lebih baik cari tahu dulu apakah memang ada yang tidak beres dari bagian-bagian tersebut.

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Loading

Setelah tahu apa saja bagian-bagian yang bisa menjadi penyebab dari mesin fotocopy yang loading terus-menerus, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Coba simak penjelasannya di bawah ini.

  • RAM

Hal pertama yang harus dicek saat kondisi loading yang terus-menerus yaitu pada bagian RAM. Coba ambil bagian RAM dari mesin fotocopy Anda. Kemudian bersihkan bagian berwarna kuning dari RAM menggunakan kain. Usap perlahan-lahan hingga menurut Anda bagian tersebut sudah bersih. Setelah itu, kembalikan lagi bagian RAM ke dalam mesin fotocopy.

  • DIIM ROM

Setelah membersihkan RAM, coba Anda ambil bagian DIIM ROM dari mesin fotocopy. Jika bagian yang satu ini masih terlihat normal dan baik-baik saja, Anda bisa membersihkannya saja. Namun, jika kondisinya terlihat buruk, maka pilihan satu-satunya yaitu mengganti DIIM ROM-nya.

  • Harddisk Mesin

Harddisk menjadi bagian yang paling penting dari mesin fotocopy. Bagian harddisk ini sangat berpengaruh, jadi saat mesin fotocopy mengalami kerusakan maka data yang tersimpan di hard disk bisa hilang. Jadi jika harddisk terlihat sudah rusak, maka harus segera digantikan dengan yang baru agar mesin fotocopy bisa kembali digunakan.

  • Pemanas

Mesin fotocopy juga paling rentan rusak di bagian pemanasnya. Jika terjadi error karena mesin loading terus-menerus, maka coba cek bagian pemanas ini. Jika bagian pemanas mengalami kerusakan maka bisa membuat mesin fotocopy tidak bisa digunakan dan terus menampilkan proses loading.

  • Thermistor dan sub thermistor

Thermistor dan sub thermistor merupakan bagian yang terdapat di pemanas. Saat kedua bagian ini kotor maka bisa membuat mesin fotocopy menjadi error dan tidak bisa digunakan. Anda bisa membersihkannya dengan alkohol atau cairan brasso hingga bersih. Kemudian tunggu hingga kering sebelum dipasang kembali ke dalam mesin fotocopy.

Itulah beberapa cara mengatasi mesin fotocopy loading yang terus-menerus. Sepertinya memang cukup rumit karena terdapat bagian-bagian dari mesin fotocopy yang pastinya asing bagi orang awam. Namun, jika Anda merasa kesulitan jangan ragu mencari bantuan dari professional untuk memperbaiki mesin fotocopy.

WhatsApp chat