kertas nyangkut di mesin fotocopy

Cara Mengatasi Kertas Nyangkut di Mesin Fotocopy

Untuk Anda yang baru buka usaha fotocopy mungkin ada salah satu permasalahan yang sering terjadi pada mesin fotokopi adalah paper jam atau kertas nyangkut di mesin fotocopy. Apalagi kalau yang nyangkut A3 paper yang lumayan besar. Masalah ini umumnya ditandai dengan menyalanya indikator jam paper di panel layar. Pada dasarnya permasalahan ini cukup ringan, namun bisa jadi menjengkelkan jika terus terjadi. Apalagi ketika Anda memiliki seabrek dokumen yang harus segera difotokopi, paper jam emang ngeselin nih.

Masalah paper jam bisa diatasi dengan mudah asalkan Anda tahu lokasi kertas tersangkut. Sebenarnya apa penyebab kertas tersangkut dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasan penyebab serta cara mengatasi kertas nyangkut di mesin fotocopy.

Penyebab Kertas Nyangkut di Mesin Fotocopy

Kertas nyangkut atau paper jam yang terjadi terus menerus sangatlah mengganggu. Apalagi Anda harus mengopi banyak dokumen dalam waktu yang telah ditentukan. Nah, ketika hal ini terjadi, Anda harus tahu penyebabnya. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kertas macet di mesin fotokopi. 

  • Rol karet aus

Salah satu penyebab kertas tersangkut adalah karena rol karet di mesin fotokopi dalam kondisi aus. Rol karet yang aus menyebabkan proses masuk kertas menjadi kurang lancar.

  • Gramatur kertas yang halus

Semakin halus kertas semakin tinggi risiko terjadinya paper jam. Oleh karena itu, penggunaan gramatur kertas 70 gram ke atas sangat disarankan untuk mengopi. Hal sederhanana seperi ini bisa menghindari kamu dari masalah paper jam.

  • Kertas lembab

Penyebab paper jam lainnya adalah karena keadaan kertas yang lembap. Kondisi ini bisa membuat kertas mudah kusut sehingga ketika kertas dimasukkan potensi kertas tersangkut menjadi lebih besar. 

Baca juga: Panduan Cara Setting Kertas F4 di Mesin Fotocopy Canon

Nah, kalau paper jam ini selalu terjadi secara terus menerus, tentu saja mesin fotocopy dan juga bagian-bagian di dalam dapat mengalami kerusakan. Jika ini terjadi ada baiknya jika Anda segera menggantinya. Dapatkan mesin fotocopy berkualitas dan juga sparepartnya di Pusat Fotokopi. Tapi tenang aja, masalah “nyangkut” ini bisa kamu atasi kok dengan cara di bawah ini.

banner sewa mesin fotocopy

Cara Mengatasi 

Cara mengatasi kertas tersangkut atau paper jam di mesin fotokopi akan berbeda tergantung di mana lokasi kertas tersangkut. Oleh karena itu, pahami lokasi-lokasinya dan cara mengatasinya. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Tersangkut di pemanas (exit roll)

Jika kertas macet di bagian pemanas, pastikan Anda membuka penutup (cover) samping. Buka pegangan (handle) yang terdapat pada pemanas. Lalu, tarik kertas yang tersangkut. Pastikan setelah kertas ditarik, penutup di exit roll ditutup kembali.

  • Tersangkut pada tray

Kertas ‘nyangkut’ di bagian tray 2, 3, dan 4 juga sering terjadi. Pada dasarnya penanganan yang dilakukan hampir sama. Buka penutup samping, penutup bypass, dan penutup bagian samping bawah. Setelah semua penutup dibuka, tarik kertas yang macet secara perlahan. Setelah kertas berhasil ditarik, kembalikan semua penutup yang tadi dibuka ke posisi semua.

  • Tersangkut di bagian duplex (bolak-balik)

Cara mengatasi paper jam di mesin fotocopy di bagian duplex adalah dengan membuka penutup (cover) duplex samping dan penutup samping. Setelah masing-masing penutup dibuka, kertas yang tersangkut ditarik secara pelan. Setelah kertas ditarik, kembalikan semua penutup ke posisi semula.

  • Tersangkut di roll transfer

Penanganan yang harus segera dilakukan ketika paper jam di area roll transfer adalah dengan membuka bagian penutup (cover) samping. Setelah penutup dibuka, tarik kertas yang macet secara perlahan. Pastikan setelah kertas berhasil ditarik penutup harus ditutup kembali.

  • Tersangkut di bagian ADF 

Masalah kertas nyangkut di bagian ADF (Automatic Document Feeder) dari mesin fotocopy juga sering terjadi. Jika kertas macet di bagian tersebut, buka penutup atas ADF dan roll. Putar roda yang terdapat pada roll berlawanan arah jarum jam. Setelah itu, tarik kertas yang macet secara perlahan searah putaran roda. Setelah berhasil, tutup kembali penutup tersebut.

Inilah cara penanganan kertas nyangkut atau biasa juga disebut error paper jam di mesin fotocopy canon dan fuji xerox. Pahami bagian-bagian lokasi paper jam agar Anda bisa mengatasi permasalahan nyangkut ini dengan cepat. Namun, apabila semua cara di atas tidak berhasil, segera hubungi teknisi mesin fotokopi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat