cara memperbaiki power supply mesin fotocopy IR 5000

Cara Memperbaiki Power Supply Mesin Fotocopy IR 5000 Dengan Mudah

Salah satu kendala yang sering dialami oleh pemilik mesin fotocopy adalah mesin yang tiba-tiba tidak bisa menyala. Padahal kabel sudah di colokan pada sumber daya. Setelah mengecek berbagai hal, ternyata power supply yang menjadi masalahnya. Kejadian ini tentu akan bisa membuat Anda rugi. Secara waktu dan juga materi. Berikut ini adalah cara memperbaiki power supply mesin fotocopy IR 5000 yang bisa Anda coba sendiri.

 

Cara Memperbaiki Power Supply Mesin Fotocopy IR 5000

Canon IR 5000 adalah mesin fotocopy yang memiliki kemampuan sangat baik untuk usaha fotocopy ataupun perkantoran besar. Anda dapat melakukan fotocopy dan scan hingga ukuran kertas maksimum A3. Didukung juga dengan kecepatan cetak hingga 50 lembar per menit. Mesin ini juga memiliki fitur standar seperti copy, print, dan juga scan yang begitu membantu dalam kegiatan perkantoran. Spesifikasi mesin ini secara lengkap adalah sebagai berikut ini:

 

Model : Canon iR 5000 / Canon iR 6000
Standard Functions : Copy, Print , Scan B/W, Fax (Optional)
Paper Size : Copy B/W, Print B/W, Scan B/W, Fax (Optional)
Copy Speed : Up to 50/60 ppm
Resolution : 2400 (equiv.) x 600 dpi
Device Memory : 192MB
Hard Drive : 10GB
Duplex : Yes
Network Interface : 10/100BaseT, Parallel
Other Interface : NetSpot Version 3.2.2
Power Consumption : –
Warm-Up : iR5000 – 5 minutes max, iR6000 – 6 minutes max

 

Mesin fotocopy yang lebih kecil biasanya akan menggunakan rangkaian standar 120 volt, 15 amp dengan stop kontak yang biasa Anda lihat. Mesin fotocopy yang lebih besar akan membutuhkan lebih banyak daya untuk bekerja dengan benar. Mesin ini biasanya membutuhkan rangkaian 120 volt, 20 amp dengan saluran khusus. Ini berarti bahwa sirkuit ini tidak dapat dibagi dengan elektronik lainnya. Tidak boleh ada soket ekstensi yang digunakan bersama oleh beberapa perangkat di sini.

Baca juga: Cara Memperbaiki HVT Canon IR 5000 yang Mudah

Lakukan Pengecekan Terlebih Dahulu

Sebelum mencoba untuk mengganti atau memperbaiki power supply, pastikan Anda mengecek beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan kabel Power mesin fotocopy terpasang dengan baik, dan listrik anda dalam keadaan hidup. Untuk mesin 110 Volt pastikan trafo sudah terpasang dengan baik dan benar serta tegangan yang dikeluarkan 110 Volt AC sudah ada.
  • Periksa tegangan input pada power supply menggunakan multimeter di skala voltase AC 250 Volt. Apabila input tegangan ini tidak terdapat 110V AC untuk mesin 110 maka dapat dipastikan kerusakan terdapat pada switch On/Off. 
  • Pastikan kabel – kabel elektronik mesin fotocopy tidak ada kerusakan atau putus yang biasanya disebabkan oleh tikus yang masuk kedalam bagian body mesin. 

Jika sudah memeriksa hal ini, dan benar bahwa kerusakan terjadi pada power supply, saran pertama yang kami berikan adalah untuk segera menggantinya. Bagian ini cukup vital jika Anda mencoba untuk memperbaikinya sendiri tanpa keahlian apapun.

Namun, jika Anda berencana untuk memperbaikinya, maka coba periksa bagian resistor bagian trigger yang nilainya 47K  2 buah di dekat trafo dan yang berwarna kuning 100K di dekat elco. Kemungkinan besar 2 bagian inilah yang mengalami masalah. Anda bisa memperbaikinya dengan mengganti komponen ini dengan yang baru.

Itulah dia cara memperbaiki power supply mesin fotocopy IR 5000. Kunjungi PusatFotokopi untuk bisa mengetahui berbagai harga dari mesin fotocopy dan berbagai suku cadangnya. Tunggu apalagi, ayo kunjungi website kami dan dapatkan berbagai promo menarik hanya di PusatFotokopi.

banner sewa mesin fotocopy

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat