cara memperbaiki drum fotocopy yang tergores

4 Cara Memperbaiki Drum Fotocopy yang Tergores

Ada beberapa cara memperbaiki drum fotocopy yang tergores yang akan Pusat Fotokopi bahas di dalam artikel ini. Oleh karena itu, apabila Anda menemukan goresan pada drum mesin fotocopy yang digunakan saat ini, silakan simak pembahasan dalam artikel ini dengan seksama.

Drum fotocopy yang tergores tentu akan mempengaruhi hasil fotocopy Anda. Jika Anda mendapati kertas hasil fotocopy yang kotor, maka salah satu kemungkinan komponen yang bermasalah adalah drum fotocopy.

Masalah pada drum fotocopy yang menyebabkan hasil fotocopy yang kotor bisa jadi karena drum mesin fotocopy kotor sehingga Anda hanya perlu membersihkan komponen tersebut dengan kain halus dan cairan pembersih. Namun, apabila masalah yang timbul adalah terdapat goresan pada drum fotocopy, maka Anda perlu mengikuti beberapa cara yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Baca Juga: Cara Membersihkan Drum Mesin Fotocopy Dengan Mudah

Bagaimana Cara Memperbaiki Drum Fotocopy yang Tergores?

Untuk memperbaiki drum fotocopy yang tergores, ada 4 cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Bersihkan drum mesin fotocopy menggunakan cairan pembersih khusus seperti sanpoly. Caranya, ambil sedikit sanpoly dengan menggunakan kain halus dan bersih, kemudian usapkan pada bagian drum yang tergores hingga goresan pudar atau bahkan tidak tampak lagi.
  • Selain menggunakan cairan khusus, Anda dapat mencoba untuk melakukan recoating. Namun, Anda memerlukan keahlian khusus dalam melakukan recoating untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada drum fotocopy sehingga alangkah baiknya untuk memanggil tukang servis atau orang yang lebih ahli dalam memperbaiki drum fotocopy.
  • Anda dapat menggunakan karet berkualitas tinggi untuk menghapus goresan pada drum. Pastikan Anda membersihkannya dengan hati-hati untuk mencegah timbulnya goresan baru pada drum fotocopy.
  • Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi drum fotocopy yang tergores adalah menggantinya dengan yang baru. Hal ini dapat Anda lakukan apabila goresan pada drum fotocopy sudah terlalu parah sehingga tidak ada cara apapun yang dapat digunakan untuk menghilangkan goresan tersebut.

Baca Juga: Begini Ciri Drum Fotocopy Rusak yang Harus Segera Diperbaiki

3 Cara Merawat Drum Fotocopy

Untuk menjaga drum fotocopy Anda agar dapat digunakan dalam waktu yang lama, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut ini, ada 3 cara merawat drum fotocopy yang perlu Anda lakukan, yaitu:

1. Membersihkan Mesin Fotocopy Secara Rutin

Cara pertama untuk merawat drum pada mesin fotocopy adalah dengan membersihkannya secara rutin. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Anda dapat menggunakan kain halus dan cairan pembersih untuk membersihkan drum serta komponen mesin fotocopy lainnya.

Baca Juga: 2 Cara Membersihkan Drum Mesin Fotocopy dengan Benar

Perlu Anda tahu, selain drum, ada berbagai komponen lain yang mudah terkena bekas tinta seperti komponen corona. Apabila bekas tinta tersebut terus menempel pada komponen-komponen mesin fotocopy, maka bisa dipastikan hasil fotocopy dokumen Anda akan kotor.

2. Berhati-hati Terhadap Staples dan Benda Tajam Kecil Lainnya

Sering terjadi, banyak orang yang suka membuka staples tepat di atas mesin fotocopy. Hal seperti ini dapat berpotensi menyebabkan goresan pada drum fotocopy apabila staples tersebut masuk ke dalam sela-sela mesin fotocopy.

Selalu berhati-hatilah terhadap staples dan benda tajam kecil lainnya demi menjaga keawetan mesin fotocopy Anda. Hindari juga membuka staples tepat di atas mesin fotocopy untuk menghindari hal-hal seperti jatuhnya staples ke dalam mesin fotocopy.

3. Menggunakan Cleaning Blade Berkualitas

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan untuk merawat drum fotocopy adalah dengan menggunakan cleaning blade berkualitas. Komponen ini merupakan komponen yang dapat mempengaruhi kinerja drum fotocopy sehingga Anda perlu memilih cleaning blade yang berkualitas.

Selain itu, apabila karet pada cleaning blade sudah getas, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Jika dibiarkan begitu saja, maka kemungkinan drum fotocopy menjadi rusak akan lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Mesin Fotocopy Agar Tidak Mudah Rusak

Sekian informasi yang dapat Pusat Fotokopi berikan untuk Anda. Jika Anda membutuhkan sparepart, mesin fotocopy baru, ataupun jasa layanan servis mesin fotocopy, silakan hubungi Pusat Fotokopi sekarang juga dan kami siap memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan.

paket usaha fotocopy dengan berbagai perlengkapan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

WhatsApp chat